Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi HP Xiaomi Terbaru 2022

HP Xiaomi terbaru 2022 - Bagi Anda yang berencana untuk membeli smartphone baru untuk menggantikan smartphone yang lama maka bisa menyimak rekomendasi HP Xiaomi terbaru 2022 ini. Xiaomi sendiri merupakan salah satu brand smartphone yang cukup rajin merilis beberapa seri smartphone mereka ke pasaran dan menyasar ke beberapa segmen sekaligus. Mulai dari segmen low-end, mid-end hingga kelas flagship dan yang menjadi daya tarik dari smartphone Xiaomi ini apalagi kalau bukan dari segi harga.

 

Rekomendasi HP Xiaomi Terbaru 2022
Rekomendasi HP Xiaomi Terbaru 2022


Memang sudah sejak lama Xiaomi memasarkan beberapa tipe smartphone mereka dengan harga yang cukup bersahabat tetapi dari segi spesifikasi justru terbilang mumpuni. Maka dari itu tidak heran smartphone Xiaomi ini begitu laris di pasaran dan pangsa pasar utama mereka tentu saja orang-orang yang ingin memilik smartphone dengan spesifikasi yang bagus tetapi harganya tidak ‘overprice’. Kebetulan juga di tahun 2022 ini Xiaomi telah meluncurkan beberapa seri smartphone terbarunya ke pasaran dan ini bisa jadi bahan pertimbangan.



Daftar Rekomendasi HP Xiaomi Terbaru di Tahun 2022

Sebelum membeli smartphone tentu saja Anda mesti mencari dulu daftar rekomendasinya dengan mempertimbangkan beberapa aspek. Mulai dari harga, spesifikasi, dan kebutuhannya untuk apa, apakah hanya sekedar digunakan untuk pemakaian casual seperti bermain media sosial, streaming dan menggunakan aplikasi-aplikasi esensial yang ringan. Atau mungkin kebutuhan utama Anda adalah smartphone untuk bermain game-game berat dan kalau kebutuhan utamanya untuk game jelas Anda harus memilih smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni.

Jadi Anda mesti menyiapkan budget yang lebih untuk mendapatkan smartphone yang cukup nyaman dipakai untuk memainkan game-game berat. Agar tidak sampai salah pilih, Anda bisa menyimak daftar rekomendasi HP Xiaomi terbaru 2022 berikut ini dan juga akan diberikan informasi sekilas seputar spesifikasi beserta dengan harganya. Kalau begitu langsung saja simak list daftar smartphonenya yang bisa jadi referensi untuk Anda yang tertarik untuk membeli smartphone keluaran Xiaomi ini.


Range Harga Di Bawah 3 Jutaan

Untuk rekomendasi HP Xiaomi terbaru 2022 yang pertama ini kita mulai dari rentang harga di bawah 3 jutaan. Sebab rentang harga ini merupakan yang paling dicari-cari oleh banyak orang karena smartphone dengan harga di kisaran 1-2 jutaan terbilang masih sangat terjangkau untuk banyak kalangan.


Redmi Note 11

Jika Anda menginginkan smartphone dengan harga terjangkau tetapi tidak minim fitur maka Redmi Note 11 bisa jadi salah satu pilihan. Hadir dalam desain yang cukup trendi, smartphone yang diluncurkan pada Februari 2022 ini memang menyasar pasar anak muda dan ada beberapa varian warna yang tersedia antara lain Star Blue lalu Graphite Gray serta Twilight Blue. Bobot dari HP Xiaomi juga tergolong ringan yaitu memiliki berat 179 gram dengan ketebalannya 8,09 mm.

Selain itu Redmi Note 11 ini juga sudah memakai layar berjenis Super AMOLED berukuran 6,43 inch yang mengusung resolusi FHD+ dengan DotDisplay. Dengan begitu kualitas gambar yang dihasilkan juga sangat baik dan tampilan gambar juga masih terlihat dengan jelas meskipun kondisinya di bawah cahaya matahari. Untuk kecerahan puncaknya sebesar 1000 nits jadi smartphone ini cocok sekali untuk kebutuhan multimedia seperti streaming film.

Yang tidak kalah menarik adalah Redmi Note 11 juga mendukung refresh rate hingga 90Hz jadi untuk scrolling-scrolling layar bakal lancar. Lanjut beralih ke sektor dapur pacunya, Xiaomi membeli seri Note mereka ini dengan chipset Snapdragon 680 (6nm) sehingga cukup awet untuk daya tahan baterainya. Ditambah lagi Redmi Note 11 juga mempunyai baterai jumbo dengan kapasitas 5000 mAh plus mendukung fast charging 33W, untuk chargernya disertakan di dalam box dan memakai USB-C.

Diklaim, smartphone Xiaomi ini sanggup memutar video non stop selama 22 jam dan tahan hingga 43 jam untuk menelepon. Lalu untuk sektor kameranya juga bisa diandalkan untuk kelasnya dengan kombinasi empat kamera. Untuk main kameranya sebesar 50MP dan 8MP untuk kamera ultra-wide, 2MP makro kamera dan 2MP depth sensor sementara itu untuk kamera selfienya sebesar 13MP.

Untuk perekaman video baik itu kamera depan maupun kamera belakangnya support hingga 1080p@30fps.Redmi Note 11 ini juga dibekali RAM berkapasitas 4GB dan 128GB untuk kapasitas ruang penyimpan internal. Jika dirasa penyimpanannya masih kurang, pengguna bisa menambahkan microSD hingga maksimal 1TB.

Fitur-fitur lain yang tersedia mulai dari NFC, stereo speaker lalu masih ada jack headphone 3,5 mm dan tentu saja ada fitur khas dari smartphone keluaran Xiaomi yaitu IR Blaster. Redmi Note 11 juga mendukung dual SIM namun untuk jaringannya masih 4G, Versi Bluetooth yang digunakan adalah versi 5.0 dengan finger print di sisi samping kemudian sistem operasi yang digunakan ialah MIUI 13 yang berbasis dari Android 11.

Xiaomi membanderol Redmi Note 11 dengan harga yang cukup terjangkau yaitu di harga Rp 2.499.000. Jelas dengan harga 2,5 jutaan ini, Note 11 bisa jadi pilihan yang tepat sebab selain layarnya sudah Super AMOLED, untuk fitur-fiturnya sendiri lengkap dengan adanya NFC lalu sudah stereo speaker ditambah lagi baterainya berkapasitas besar plus sudah fast charging 33W juga tidak ketinggalan adanya IP53.

Tetapi kalau Anda mau menambah budget hingga 300 ribu, maka Anda bisa memilih Redmi Note 11 dengan varia 6GB RAM + 128GB ROM. Dari segi spesifikasi memang sama saja jadi yang membedakannya adalah dari kapasitas RAM. Kalau diperuntukkan untuk kebutuhan multitasking maka bisa memilih varian 6/128GB ini.


Redmi Note 10 5G

Dalam rekomendasi HP Xiaomi terbaru 2022 berikutnya di rentang harga di bawah 3 jutaan ini ada Redmi Note 10 versi 5G. Mengusung jargon ‘Jawaranya 5G’, memang smartphone ini cukup menggoda sebab harga terbarunya saat ini sudah turun dari harga sebelumnya yang di atas 3 jutaan. Dari spesifikasinya juga menggoda dan berikut kita bahas untuk spesifikasi singkatnya.

Redmi Note 10 5G ini memiliki ketebalan 8,9 mm dan berbobot 190 gram, jadi lumayan bongsor mengingat layarnya sendiri berukuran 6,5 inch (1080 x 2400 pixels), DotDisplay. Berbeda dengan seri Note 11, pada seri ini layar yang digunakan masih IPS LCD tetapi refresh ratenya sudah 90Hz dan sudah mendukung fitur AdaptiveSync. Pada bagian layar juga ada perlindungan Corning Gorilla Glass 3 sehingga aman dari goresan.

Smartphone mid-end Xiaomi ini juga memiliki beberapa varian warna antara lain Aurora Green, Nighttime Blue lalu Graphite Gray. Prosesor yang digunakan adalah Dimensity 700 (5G) dengan kalibrasi sebesar 7 nm. Defaultnya untuk OS yang digunakan adalah MIUI 12 dengan basis Android 11 lalu yang mesti diperhatikan adalah Redmi Note 10 5G yang beredar di pasaran punya dua opsi penyimpanan.

Yang pertama adalah varian 4GB RAM dan 128GB ROM lalu yang tertinggi adalah varian 8/128 GB dengan penyimpanan eksternal up to 1TB. Redmi Note 10 5G ini menggunakan baterai 5.000 mAh dan untuk pengisian daya cepatnya mendukung hingga 18W. Memang masih kalah dibandingkan seri penerusnya yaitu Redmi Note 11 yang support fast charging sampai 33W.

Dengan kapasitas baterai tersebut, Redmi Note 10 5G ini bisa memainkan video non stop selama 22 jam. Ke sektor fotografi, terdapat tiga buah kamera belakang yaitu 48MP main camera, 2MP macro camera dan 2MP depth sementara itu kamera depannya beresolusi 8MP. Untuk perekaman video di kamera utamanya bisa sampai 1080p@30 fps sedangkan untuk kamera depan juga support rekaman video 1080p@30fps. 

Beberapa fitur lainnya yang ada smartphone ini seperti NFC, Bluetooth v5.1, side-mounted fingerprint, lalu IR Blaster dan tentu saja Dual SIM Standby 5G+5G. Untuk harganya sendiri pada varian 4GB + 128GB dibanderol dengan harga Rp 2.699.000. Sedangkan untuk varian tertinggi yakni 8GB + 128GB saat ini dilepas diharga Rp 2.999.000.


Poco M4 Pro

Untuk rekomendasi HP Xiaomi terbaru 2022 selanjutnya datang dari sub-brand Xiaomi yaitu Poco series tepatnya Poco M4 Pro yang merupakan seri terbaru dari keluarga Poco. Dengan harga dua jutaan, Poco M4 Pro patut untuk dipertimbangkan sebab spesifikasinya cukup lumayan untuk rentang harganya. Seri ini dirilis pada bulan Maret 2022 kemarin jadi terhitung masih cukup baru dan untuk spesifikasinya adalah sebagai berikut.

Poco M4 Pro memiliki ketebalan 8,09 mm dengan berat 179,5 gram jadi masih cukup nyaman untuk digenggam. Kemudian layarnya yang berukuran 6,43 inch ini memakai panel Super AMOLED dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3. Selain memiliki resolusi layar yang sudah FHD+, untuk refresh ratenya 90Hz dengan touch sampling rate sebesar 180Hz.

Yang menarik, layar Poco M4 Pro memiliki fitur Eye Care Display jadi bisa mengurangi dampak dari sinar biru terhadap mata. Untuk tambahan, Poco M4 Pro ini juga memiliki Sertifikasi dari SGS Eye Care Display jadi buat Anda yang gemar menghabiskan waktu berlama-lama di depan layar smartphone bisa melirik smartphone ini karena perlindungan sinar birunya telah teruji.

Kali ini Poco M4 Pro datang dengan menggunakan chipset besutan Mediatek yaitu G96 (12 nm). Untuk sistem operasi yang digunakan adalah Android 11 dan menggunakan MIUI 13 for Poco. Smartphone ini juga menyasar pada segmen gaming dan dibuktikan dengan penggunaan LiquidCool Technology 1.0.

Selain itu smartphone terbaru Poco ini juga dibekali RAM 6GB dan ROM 128GB juga disediakan slot memori eksternal. Poco M4 Pro juga menghadirkan fitur fast charging 33W Pro dan baterainya punya kapasitas 5000 mAh. Untuk pengisian baterai sampai 100%, kurang lebih hanya membutuhkan waktu selama 58 menit.

Untuk kebutuhan fotografi, Poco M4 Pro dibekali triple kamera dengan konfigurasi 64MP main camera, 8MP lensa ultra-wide dan lensa makro 2MP. Sementara itu kamera selfienya beresolusi 16MP dan untuk perekaman video maksimal 1080p@30fps. Jadi untuk mengambil foto maupun video bisa diandalkan ditambah lagi ada banyak fitur kamera yang bisa digunakan.

Sama halnya seperti seri Redmi Note, Poco M4 Pro juga suport NFC, speaker ganda, Bluetooth versi 5.0 dan tidak ketinggalan IR Blaster juga ada. Audi Jack 3,5 mm juga masih disematkan dan untuk pilihan warna yang tersedia ada tiga pilihan. Yang pertama Power Black kemudian Cool Blue dan terakhir Poco Yellow yang cukup trendy khas anak muda.

Dengan sederet fitur yang lengkap serta desain yang khas, Poco M4 Pro dilepas di pasaran dengan harga Rp 2.899.000. Sebenarnya masih ada varian tertinggi dengan penyimpanan 256GB dan 8GB RAM tetapi dibanderol di harga Rp 3.399.000. Seri ini layak untuk masuk sebagai rekomendasi karena fiturnya yang lengkap dan cocok untuk para gamer karena adanya LiquidCooling. 


Poco M3 Pro 5G

Lanjut kalau mau mencari HP 5G di bawah 3 jutaan yang harganya terjangkau, bisa melirik Poco M3 Pro 5G yang masuk dalam list rekomendasi HP Xiaomi terbaru 2022 ini. Untuk pilihan warnanya sama seperti seri penerusnya yaitu Poco M4 Pro dan seri ini juga punya dua varian yaitu 4/64GB dan 6/128 GB yang mana untuk spesifikasinya memang sama persis. Yang membedakannya cuma dari kapasitas RAM dan penyimpanan internalnya saja.

Berbekal chispet Dimensity 700 (7 nm), Poco M3 Pro 5G ini termasuk awet ditambah lagi baterainya sebesar 5000 mAh dengan pengisian daya cepat support hingga 18W. Seperti yang sudah disebutkan tadi, untuk ada dua varian RAM 4/6GB dan ROM 6/128GB. UI yang digunakan adalah MIUI 12 dengan OS Android 11.

Untuk ketebalan dari smartphone ini adalah 8,92 mm lalu beratnya 190 gram kemudian menggunakan layar Dot Display dengan panel IPS LCD berukuran 6.5 inch FHD+ (1080 x 2400). Tidak perlu khawatir karena layarnya sudah terproteksi Gorilla Glass 3 dan refresh ratenya pun sudah 90Hz. Karena itu untuk bermain game maupun scroll sosmed dijamin lancar dan juga mulus.

Hadir dengan triple camera, Poco M3 Pro 5G ini memiliki kamera utama sebesar 48MP lalu depth sensor 2MP dan kamera makro 2MP. Untuk kamera selifienya berkekuatan 8MP dan ada banyak fitur-fitur di kamera smartphone ini. Untuk urusan fotografi ataupun perekaman video rasanya bisa diandalkan meski harganya hanya dua jutaan saja.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan sensor sidik jari yang ditempatkan bersama tombol power dan tidak ketinggalan ada IR Blaster, jack audio 3,5 mm, Bluetooth 5.1 dan yang tidak kalah penting adalah NFC. Untuk koneksi 5G pada smartphone ini juga sudah dual SIM dan mendukung banyak band termasuk n40. 

Kalau Anda tertarik untuk membeli smartphone ini maka hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 2.599.000 untuk varian 4/64GB. Sementara itu untuk versi 6/128GB, Poco M3 Pro 5G ini dijual dengan harga terbaru saat ini yaitu Rp 2.899.000. Hanya terpaut 300 ribu, disarankan untuk mengambil varian yang tertinggi supaya bisa dipakai untuk pemakaian jangka panjang.


Redmi 10C

Bagi yang budgetnya tipis, ada Redmi 10C yang termasuk seri terbaru Redmi karena dirilis pada Maret 2022 ini. Sebagai smartphone entry-level, spesifikasi yang diusung memang diperuntukkan untuk pemakaian casual. Tetapi mengingat harganya, seri ini sebenarnya bisa jadi pertimbangan juga mengingat beberapa keunggulan yang ditawarkan.

Mari mulai dari dimensi smartphonenya, untuk bobotnya 190 gram lalu ketebalannya 8,3 mm. Ada tiga pilihan warna untuk Redmi 10C ini yaitu Mint Green, Ocean Blue dan Graphite Black. Yang cukup menonjol dari smartphone ini ada pada ukuran layarnya yang sebesar 6.71 inch dan resolusinya HD+ (1650 x 720 piksel). Tentunya panel layar yang digunakan IPS LCD dengan kerapatan piksel ~268 ppi.

Namun layarnya punya perlindungan Corning Gorilla Glass dan ini jadi poin plus tersendiri. Untuk chipset dari Redmi 10C ini menggunakan chipset Snapdragon 680 (6 nm), OS Android 11 dengan MIUI 13. Untuk pasar Indonesia, Redmi 10C yang dijual adalah varian 4/128 GB dan sudah pasti ada slot microSD.

Ada fitur tambahan yaitu ekspansi RAM sampai dengan 2GB dan kapasitas baterainya pun besar yaitu 5000 mAH. Untuk charger bawaannya mendukung fast charging 10W tetapi smartphone ini juga support pengisian daya cepat sampai 18W dan menggunakan USB-C. Untuk keamanan, Redmi 10C mengandalkan sensor sidik jari di bagian belakang dan untuk membuka kunci layar bisa menggunakan face recognition.

Di sektor kamera, terdapat dua buah kamera di sisi belakang yaitu 50MP kamera utamanya lalu satu lagu 2MP kamera depth. Kamera depannya 5MP kemudian untuk konektivitasnya 4G Dual SIM, NFC, Bluetooth versi 5.0, dan audio jack. Xiaomi membanderol smartphone enrty level mereka ini dengan harga Rp 2.099.000, cukup worth it melihat spesifikasi dan kelengkapan fiturnya seperti adanya NFC.



Range Harga 3-6 Jutaan

Berikutnya dari rekomendasi HP Xiaomi terbaru 2022, kita lanjut ke daftar smartphone Xiaomi untuk kelas harga antara 3 sampai dengan 6 jutaan. Di kelas ini juga tidak kalah menarik sebab kelas harga ini ada banyak pilihan smartphone yang tersedia di pasaran dengan spesifikasi yang termasuk mumpuni juga. Karena itu untuk mempermudah Anda dalam memilih smartphone, kami sudah membuat beberapa rekomendasinya.


Redmi Note 11 Pro 

Selain Redmi 11, Xiaomi juga baru-baru ini merilis Redmi Note 11 Pro pada bulan Februari 2022 kemarin dan masuk ke segmen tiga jutaan. Ada beberapa perbedaan dari seri Note 11 yang biasa mulai dari layar sampai kamera. Selain itu dari refresh rate juga berbeda dan cek spesifikasinya di bawah ini.

Dimulai dari sisi bodi, ketebalan dari Redmi Note 11 Pro adalah 8,1 mm dengan berat 202 gram, jadi memang lebih tebal dan juga lebih berat dari seri Note 11 varian reguler. Untuk opsi pilihan warnanya ada tiga, Star Bule, Graphite Gray dan Polar White. Untuk tampilan desainnya sendiri mirip-mirip dengan Redmi Note 11.

Lalu untuk sektor layarnya, Note 11 Pro ini memiliki layar Super AMOLED dengan ukuran 6,67 inch dan resolusinya Full HD+ (1080 x 2400 piksel). Lanjut refresh ratenya sudah 120 Hz, kecerahan maksimalnya hingga 1200 nits, DCI-P3 dan satu lagi pelindung layarnya sudah Gorilla Glass 5. Jadi tidak perlu khawatir takut kalau-kalau layarnya bakal tergores ketika dimasukkan ke dalam saku, tas atau diletakkan di atas meja.

Berikutnya untuk prosesor yang digunakan adalah Helio G96 dengan kalibrasi 6 nm, jadi masih belum support 5G. Yang beredar di pasaran ada dua pilihan opsi yaitu 6/128GB lalu 8/128GB yang masih mendukung penyimpanan eksternal up to 1TB semisal dirasa masih kurang. Selanjutnya beralih ke bagian kamera di mana Redmi Note 11 Pro mengusung Quad Camera.

Untuk main kameranya 108 MP (f/1.9) dan kamera ultra wide beresolusi 8MP lalu dua kamera lainnya sama-sama 2MP untuk kamera makro serta depth. Kamera utamanya sanggup menghasilkan rekaman video dengan resolusi 1080p@30 fps, begitu juga kamera depannya yang resolusinya 16MP. Jadinya untuk urusan pengambilan video maupun gambar, Redmi Note 11 Pro termasuk bagus apalagi banyak fitur-fitur kamera yang disediakan.

Beberapa fitur lainnya seperti Bluetooth 5.1, NFC, fingerprint di samping, IR Blaster, stereo speaker, IP53, jack 3,5 mm dan giroskop. Sistem operasinya menggunakan MIUI 13 (Android 13) dengan dukungan baterai besar 5000 mAH. Salah satu keunggulan dari seri ini adalah pada pengisian dayanya karena mendukung pengisian daya cepat 67W jadi dalam waktu 15 menit sudah terisi 51%.

Lantas bagaimana dengan harganya? Untuk Redmi Note 11 Pro versi 6/128GB dijual dengan harga Rp 3.499.000. Sementara itu untuk versi yang 8/128 GB, harganya saat ini di Rp 3.799.000. Harga tersebut sesuai dengan harga di store resmi Xiaomi dan tidak lupa smartphone ini juga memiliki Teknologi LiquidCool sehingga bisa mengurangi panas berlebih saat HP digunakan untuk bermain game.


Redmi Note 11 Pro 5G

Redmi Note 11 Pro 5G pastinya masuk ke dalam daftar rekomendasi HP Xiaomi terbaru 2022 ini sebab smartphone yang dirilis pada Februari 2022 yang lalu menawarkan beberapa keunggulan dari seri pendahulunya. Smartphone ini memiliki model yang keran serta cukup modis dengan beberapa varian warna seperti Atlantic Blue, Polar White kemudian Graphite Gray.

Bodinya menggunakan material glass dan memiliki IP53 jadi tahan terhadap debu serta percikan air. Ketebalannya hanya 8.1 mm dan beratnya 202 gram jadi masih terhitung standar dan untuk tampilan layarnya tidak perlu diragukan. Kombinasi layar Super AMOLED (FHD+) dan layarnya sendiri sudah 120Hz membuatnya sangat responsif dan kecerahannya mencapai 1200 nits.

Bagian layar sudah dilindungi oleh Gorilla Glass 5 lalu untuk kinerjanya, Redmi Note 11 Pro 5G memiliki performa yang tinggi sebab chipsetnya menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 695 5G yang hemat daya dengan kalibrasi 6 nm. OS yang digunakan Android 11 dan versi MIUI bawaannya adalah MIUI 13. Smartphone terbaru dari Xiaomi ini dibekali baterai besar 5000 mAh dan untuk mengisi dayanya mendukung fast charging 67W. 

Dalam waktu 15 menit daya yang terisi kurang lebih sekitar 50% dan untuk 100% hanya memakan waktu sekitar 42 menit. Jadi tak perlu takut bakal kehabisan baterai karena selain kapasitas baterainya besar, untuk pengisian dayanya juga cepat. HP Xiaomi ini juga dilengkapi Teknologi LiquidCool yang berguna untuk meredam panas baik saat sedang mengisi baterai maupun ketika menggunakan smartphone ini untuk memainkan game-game berat.

Salah satu daya jual dari smartphone ini apalagi kalau bukan dari sektor kameranya. Berbekal main kamera 108 MP, untuk rekaman videonya sampai resolusi 1080p@30fps. Lalu masih ada dua kamera lainnya yaitu 8MP Ultrawide camera dan 2MP macro camera. Kamera selfienya juga tidak kalah gahar dengan 16MP kamera depan.

Tidak lupa smartphone ini juga dilengkapi sederet fitur mulai dari speaker ganda, audio jack 3,5 mm, NFC, Z-Axis linear motor, Bluetooth 5.1, fingerprint di samping, serta IR Blaster. Lalu kapasitas RAM dari Redmi Note 11 Pro 5G ini sebesar 8GB dengan internal memori hingga 128GB (up to 1TB microSD). Dukungan band 5G smartphone ini juga sudah lengkap dari termasuk n40.

Harga yang disematkan pada smartphone ini adalah Rp 4.199.000 dan melihat spesifikasi dan fitur-fiturnya, Redmi Note 11 Pro 5G ini layak untuk Anda pilih.


Poco X3 GT

Masih dari rekomendasi HP Xiaomi terbaru 2022 di kisaran 3 sampai 5 jutaan, ada satu seri yang saat ini sudah turun harga jadi cukup menarik. Adalah Xiaomi Poco X3 GT yang masuk sebagai jajaran smartphone gaming dengan chipset yang powerfull dan yang tidak kalah penting tentu saja smartphone ini sudah 5G.

Spesifikasinya juga salah satu yang terbaik di rentang harganya, mulai dari layar 6,6 inch IPS LCD 120Hz beresolusi FHD+, layarnya sendiri terlindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus. Meski panel layarnya masih IPS tetapi kualitas gambarnya sangat baik sebab sudah HDR10. Untuk beratnya hanya 193 gram jadi tidak terlalu berat dengan ketebalan 8.9 mm.

Dengan desain yang keren, Poco X3 GT ini tersedia dalam pilihan warna Wave Blue, Stargaze Black dan Cloud White. Processor yang digunakan adalah MediaTek Dimensity 1100 (6 nm) dengan UFS 3.1, lalu ada dua varian 8GB RAM + 128GB ROM dan satu lagi dengan ROM 256GB. Smartphone gaming Poco ini juga dibekali baterai dengan kapasitas 5000 mAh dan dilengkapi Turbo Charging 67W. 

Untuk mengisi baterai sampai penuh kurang lebih membutuhkan waktu selama 42 menit dan smartphone ini juga mengusung triple camera. Untuk konfigurasinya adalah kamera utama (64MP), ultrawide (8MP) dan macro (2MP). Kemampuan rekam video di kamera utamanya sampai 4K@30 fps sedangkan pada kamera depannya sebesar 16MP dan untuk kualitas perekamannya maksimal 1080p@30fps.

Poco X3 GT ini juga dibekali speaker ganda, NFC, IR Blaster, side-mounted fingerprint, MIUI 12.5 for POCO berbasis Android 11 dan Bluetooth v5.2. Harganya untuk varian 8/128GB yaitu Rp 4.299.000 sedangkan versi 256GB di kisaran Rp 4.799.000.


Poco F3

Rekomendasi HP Xiaomi terbaru 2022 lainnya di range harga ini tentu ada Poco F3 yang benar-benar menjadi flagship killer. Poco F3 memang dibekali chipset yang powerfull yaitu Snapdragon 870 5G (7 nm) dan dikombinasikan dengan UFS3.1 serta LPDDR5 sehingga membuka banyak aplikasi maupun game menjadi lancar serta cepat. Ditambah lagi smartphone ini menggunakan LiquidCool 1.0 untuk menjaga suhu agar tidak terlalu panas.

Layarnya juga berpanel AMOLED (FHD+) dengan refresh rate 120Hz, sudah HDR10+, kecerahan maksimalnya 1300 nits dan terproteksi Corning Gorilla Glass 5 yang membuatnya aman dari goresan. Untuk ukuran layar dari Poco F3 ini adalah 6.67 inch dan ketebalannya 7.8 mm serta berbobot 196 gram. Jadi selain tipis, beratnya pun di bawah 200 gram belum lagi sisi belakang HP memakai material glass back dan memiliki ketahanan debu dan splash resistant (IP53).

Poco F3 memakai konfigurasi AI Triple Kamera, untuk main cameranya 48MP dan 20MP untuk rear camera. Kamera ultrawidenya 8MP dengan FOV 119˚ dan satu kamera lainnya yaitu kamera makro 5MP. Hasil perekaman video di kamera utamanya support sampai 4K@30fps sementara kamera depannya hanya 1080p@30/60fps.

Kualitas audionya cukup baik karena sudah stereo juga ada Dolby Atmos dan tidak ketinggalan ada fitur NFC lalu Bluetooth (v5.1), fingerprint di sisi samping, IR Blaster, dan baterai 4520 mAh dengan fitur fast charging 33W. Pilihan warna yang tersedia dari Artic White, Night Black dan Deep Ocean Blue.

Untuk harga Poco F3 yang 8/128GB adalah RP 4.999.000 sedangkan versi 8/256GB di rentang Rp 5.499.000. Sebagai catatan, Poco F3 ini tidak memiliki dukungan slot memori eksternal dan sistem operasinya MIUI 12.5 dengan Android 11. Selain itu tidak ada audio jack 3.5 mm tetapi untuk masalah ini bisa memakai konverter audio untuk USB Type-C.


Xiaomi 11T 5G

Xiaomi 11T 5G menjadi rekomendasi HP Xiaomi terbaru 2022 yang terakhir untuk harga 3 sampai dengan 5 jutaan. Smartphone ini juga menggunakan chipset flagship yaitu Dimensity 1200 yang berfabrikasi 6 nm yang membuatnya cukup hemat daya. Apalagi baterai yang digunakan kapasitasnya 5000 mAh ditambah lagi mendukung pengecasan daya cepat hingga 67W (36 menit untuk mengisi 100%).

Untuk dimensi dari smartphone ini memang termasuk bongsor karena tebalnya sampai 8.8 mm ditambah bobotnya 203 gram. Material bodinya memakai aluminium frame dengan sisi belakang menggunakan material glass back yang membuatnya terlihat mewah. Pilihan warnanya ada tiga, Celestial Blue, Moonlight White serta Meteorite Gray.

Ke sektor layar, selain menggunakan layar AMOLED berukuran 6.67 inch (FHD+), layarnya juga mendukung refresh rate AdaptiveSync 120Hz dan sudah HDR10+ sehingga gambar yang dihasilkan sudah sangat bagus. Untuk menonton video dari smartphone ini bakal memberikan pengalaman yang menyenangkan sebab sudah stereo speaker dengan dukungan Dolby Atmos.

Untuk RAM dan penyimpanannya, Xiaomi 11T 5G ini dibekali 8GB RAM kemudian 256GB untuk penyimpanan internalnya sekaligus ada fitur extendable RAM hingga 3GB. RAM yang digunakan LPDDR4X dengan UFS 3.1. Sektor unggulan dari smartphone ini ada pada kameranya dengan triple kamera. Pada main kameranya 108MP, 8MP untuk lensa ultra-wide dan 5MP untuk telephoto macro sementara kamera depannya 16MP.

Perekaman videonya jelas support 4K@30fps dan fitur-fitur lainnya dari Bluetooth 5.2, Dua SIM 5G, WIFI 6, NFC, IR Blaster, dan memakai MIUI 12.05 dengan Android 11. Tidak ketinggalan smartphone ini memiliki IP53 dan lapisan pelindung layarnya sudah Gorilla Glass Victus. Lanjut untuk harganya di Rp 5.999.000 dan jelas sangat direkomendasikan karena memakai chipset flagship dengan kemampuan fotografi yang mumpuni.



Range Harga 6 Juta Ke Atas

Terakhir ada juga rekomendasi daftar HP Xiaomi terbaru 2022 di kelas harga 6 jutaan ke atas jadi kelasnya sudah masuk ke dalam kategori flagship.


Xiaomi 11T Pro 5G

Di rekomendasi pertama HP Xiaomi terbaru 2022 untuk harga 6 jutaan adalah Xiaomi 11T Pro 5G dan perbedaannya dari Xiaomi 11T ada pada chipset dan fast charging. Di seri ini, chipset yang digunakan adalah Snapdragon 888 (5nm) dengan OS Android 11 (MIUI 12.5). Untuk opsi pilihannya ada versi 8GB + 256GB, lalu 12GB + 256GB dan sama-sama memiliki fitur extendable RAM sampai dengan 3GB.

Perbedaan berikutnya, untuk RAM yang digunakan sudah memakai LPDDR5 kemudian untuk fast chargingnya sudah 120W dengan baterai 5000 mAh. Dengan kemampuan fast charging turbo ini, Xiaomi 11T Pro bisa terisi baterainya sampai 100% dalam waktu 17 menit. Untuk sektor lainnya tidak banyak perbedaannya hanya untuk seri ini sedikit lebih berat yaitu 204 gram dan ketebalannya sama-sama 8.8 mm.

Layarnya AMOLED dengan size 6,67 inch lalu resolusinya FHD+ dan mendukung Dolby Vision dengan teknologi AdaptiveSync 120Hz. Tidak ketinggalan fitur HD10+ dan ada proteksi Corning Gorilla Glass Victus.

Sama-sama menggunakan triple kamera, bedanya rekaman video kamera utamanya sampai 8K@30ps. Meski tidak ada jack audio, tetapi speakernya yang stereo ini dituned oleh Harman Kardon. Untuk kebutuhan multimedia jelas Xiaomi 11T Pro ini bisa jadi andalan karena audionya sudah dituning oleh Harman Kardon ditambah layarnya sudah suport Dolby Vision.

Sensor-sensornya juga lengkap dengan adanya IR Blaster, NFC, WIFI 6, Bluetooth 5.2, Dual SIM 5G dan tiga pilihan warna yang disediakan sama seperti Xiaomi 11T. Harganya untuk 8GB+256GB adalah Rp 6.999.000. Untuk varian yang tertinggi 12GB+256GB saat ini untuk pasaran harganya yaitu Rp 7.499.000.


Xiaomi 12

Dalam jajaran rekomendasi HP Xiaomi terbaru 2022 ini kelas flagship ini yang tengah menjadi perhatian publik adalah Xiaomi 12 yang dirilis secara global pada Desember 2021 dan baru masuk resmi ke Indonesia tahun 2022 ini. Inilah smartphone flagship terbaru Xiaomi dan yang menjadi daya tarik utamanya apalagi kalai bukan dari ukurannya yang terbilang compact.

Hadir dengan dimensi 152,7 mm (tinggi), 69, 9 mm (lebar), 8,16 mm (ketebalan), Xiaomi 12 hanya berbobot 179 gram dengan layar AMOLED berukuran 6,28 inch. Cukup compact bukan mengingat untuk kelas flagship kebanyakan smartphone memiliki layar dengan ukuran di atas 6,4 sampai 6,9 inch. Sektor layarnya juga tidak main-main sebab dibekali perlindungan layar Gorilla Glass Victus.

Resolusi layarnya juga Full HD+ dengan refresh rate 120Hz lalu tingkat kecerahannya mencapai 1.000 nits. Mendukung Dolby Vision dan HDR10+ bahkan mendapat peringkat A+ dari DisplayMate. Smartphone ini juga ditenagai dengan chispet flagship Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm) dan menggunakan 8GB RAM LPDR5 kemudian 256GB memori internal yang sudah UFC 3.1

Baterainya berdaya 4500 mAh lalu untuk pengisian dayanya mendukung fast charging 67W dan bisa mengisi 100% baterai selama 39 menit. Xiaomi 12 juga mendukung wireless charging 50W. Untuk kamera utamanya sebesar 50MP dan memakai sensor besutan Sony (IMX766). Kameranya juga sudah OIS dan terdapat kamera telemacro 5MP dan 12MP Ultra-Wide. Adapun untuk kamera depan sebesar 32MP dan pada kamera utamanya bisa membuat video dengan resolusi 8K@24fps.

Beberapa fitur lainnya yang dimiliki Xiaomi 12 ini antara lain IR Blaster, WIFI 6, NFC, Bluetooth 5.2, kemudian jaringan 5G sudah NSA+SA yang mendukung banyak band. Sektor audionya sudah stereo dan dituning oleh Harman Kardon lalu mendukung Dolby Atmos. Haptic feedbacknya juga sangat baik seperti halnya smartphone flagship pada umumnya.

Opsi warna yang bisa dipilih ada Gray, Blue dan Purple lalu harganya sebagai jajaran smartphone flagship juga terbilang masih terjangkau. Karena Xiaomi 12 ini dijual dengan kisaran harga Rp 9.999.000. Dengan harga di bawah 10 juta ini, Anda mendapatkan smartphone flagship dengan bodi compact nan mewah, menggunakan chipset flagship keluaran terbaru lalu sektor kameranya juga mumpuni ditambah layar serta audionya juga bagus sekali.


Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 12 Pro merupakan seri flagship tertinggi dari Xiaomi yang dirilis ke Indonesia pada 2022 ini bersamaan dengan Xiaomi 12. Bedanya dari seri Xiaomi 12 non pro adalah pada ukurannya karena seri ini cukup bongsor dengan layar curve berukuran 673 inch berpanel AMOLED LTPO. Resolusinya sudah 2K (1440 x 3200 piksel), 120Hz AdaptiveSync dengan kerapatan layar ~522 ppi. Layarnya pun mendukung Doby Vision, HDR10+ serta ada proteksi layar dari Gorilla Glass Victus.

Smartphone ini memiliki ketebalan 8,2 mm dan beratnya 205 gram lalu kapasitas baterainya adalah 4600 mAh dengan dukungan fast charging 120W. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai Xiaomi 12 Pro ini sampai penuh adalah 18 menit lalu smartphone ini juga dibekali fast wireless charging sebesar 50W dan reverse wireless charging 10W. 

Untuk dapur pacu yang digunakan mengandalkan processor Snapdragon Gen 1 dengan RAM 12GB/256GB ROM. Terdapat juga sistem pending di Xiaomi 12 Pro untuk mengurangi penyebaran panas yang berlebih mengingat chipset yang digunakan sangat powerfull. Untuk RAM yang digunakan juga sudah LDDR5 kemudian menggunakan UFC 3.1 untuk ROM, sama seperti Xiaomi 12 reguler.

Xiaomi juga menyematkan banyak fitur-fitur untuk sektor kameranya yang menggunakan Sony IMX707 pada main camera (50MP). Untuk lensa ultra-widenya beresolusi 50MP dan kamera satu lagi adalah lensa telefoto 5MP. Ada OIS untuk kamera utamanya dan ada fitur CyberFocus plus kemampuan merekam video hingga 8K@24fps.

Sedangkan kamera selfienya berkekuatan 32MP dan maksimal perekamannya videonya 1080p@30/60fps. Pastinya untuk urusan fotografi tidak menjadi persoalan dan untuk audionya sudah stereo dengan 4 speakers. Audionya pun dituning langsung oleh Harman Kardon untuk menghasilkan kualitas suara yang maksimal. 

Speakernya juga ada Dolby Atmos dan mengingat layarnya selain sudah HDR10+ dan suport Doby Vision maka menonton movie di aplikasi streaming lewat smartphone ini akan memberikan pengalaman yang menyenangkan. Meskipun tidak ada lubang jack 3.5 mm, pengguna bisa menggunakan konverter Type-C atau menggunakan TWS apalagi versi Xiaomi 12 Pro untuk Bluetoothnya sudah versi 5.2.

Xiaomi 12 Pro ini memiliki konektivitas yang lengkap juga dari NFC yang kini sudah menjadi fitur wajib. Lalu WIFI 6 dan seperti biasa ada IR Blaster, under display fingerprint untuk keamanan dan USB Type-C 2.0. Pilihan warnanya ada warna Blue, Purple dan Gray jadi benar-benar sama seperti Xiaomi 12.

Untuk harga terbaru dari Xiaomi 12 Pro ini berada di rentang Rp 12.999.000. Dengan harga tersebut mungkin ada yang merasa bingung mau memilih Xiaomi 12 atau 12 Pro sebab selisih harganya hanya 3 jutaan saja. Selain itu dari sektor dapur pacunya juga sama selain itu hasil jepretan kameranya pun 11-12.

Kalau ada yang bingung mungkin yang perlu ditekankan adalah butuh smartphone compact atau tidak dan Xiaomi 12 Pro juga lebih unggul dari sektor RAM, kecepatan fast charging dan resolusi layarnya yang sudah WQHD+. Untuk kamera juga Xiaomi 12 Pro menawarkan beberapa keunggulan dari resolusi kamera ultra-widenya yang 50MP dan sektor audionya juga atas Xiaomi 12 karena quad speaker.

Demikian beberapa rekomendasi dari HP Xiaomi terbaru 2022 mulai dari kelas harga 3 juta ke bawah kemudian dari 3 sampai 5 jutaan sampai kelas flagship. Untuk informasi harga di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu dan harga tersebut berdasarkan harga dari Official Store Xiaomi. Ingat pilih smartphone sesuai dengan kebutuhan Anda dan tentunya yang paling sesuai budgetnya tetapi untuk pemakaian jangka panjang idealnya memilih HP Xiaomi yang sudah 5G dengan RAM setidaknya 8GB lalu ROM nya 128GB.