Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Refresh Hp Oppo dengan Restart dan Reset

Cara Refresh Hp Oppo - Refresh merupakan sebuah proses untuk menyegarkan kembali handphone atau sistem operasinya setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu. Proses menyegarkan kembali pada handphone adalah dengan menggunakan restart dan reset. Kedua proses tersebut dapat mengembalikan fungsi-fungsi pada handphone kembali optimal.

 

Cara Refresh Hp Oppo
Cara Refresh Hp Oppo


Cara refresh pada HP Oppo tidak memiliki trik khusus yaitu menggunakan restart atau reset. Sebenarnya cara reset dan restart pada hp android memiliki kesamaan, terkadang hanya berbeda kombinasi tombol. Namun pada hp Oppo keluaran baru, terdapat beberapa pilihan kombinasi untuk melakukannya. Agar tidak bingung, simak caranya seperti berikut :


Menggunakan Tombol Power

  1. Tekan tombol power dan tahan beberapa saat.
  2. Setelah muncul pilihan virtual restart dan power off, pilihlah virtual restart.
  3. Handphone Anda akan mati dan kemudian hidup kembali.
  4. Setelah menyala dan kembali ke fitur Lock Screen, proses restart sudah selesai dilakukan.

Metode ini juga dapat dilakukan di handphone android lainnya. Namun, di produk Oppo keluaran baru, terdapat pula cara lain yang bukan menggunakan tombol power. Agar lebih jelas, mari kita bahas bagaimana caranya. 



Menggunakan Kombinasi Tombol

  1. Tekan tombol power dan volume atas bersamaan, kemudian tahan beberapa saat.
  2. Setelah muncul pilihan Emergency, Restart, dan power off, pilihlah restart.
  3. Handphone akan mati dan memulai kembali sistemnya.
  4. Jika sudah menyala kembali, tandanya proses restart sudah selesai
  5. Cek kembali Hp Anda dengan membuka berbagai aplikasi, apakah sudah kembali optimal kinerjanya atau belum. Jika belum, Anda dapat kembalikan setingan hp ke bawaan pabrik.

Metode ini dilakukan apabila ketika cara pertama dengan menekan tombol power tidak berhasil, dapat mencoba menggunakan kombinasi tersebut. Proses restart ini akan menyegarkan kembali kondisi handphone setalah lelah beroperasi. Seperti halnya manusia yang membutuhkan tidur, agar kondisi kembali prima, hp Anda juga membutuhkan cooling down dari banyak aktivitas yang dilakukan. 

 


Jika kondisi handphone Anda bermasalah dengan sistemnya, maka disarankan untuk memulai ulang secara menyeluruh yaitu dengan cara kembali ke pengaturan pabrik atau reset. Metode ini akan mengembalikan handphone seperti pengaturan awal dari pabrik. Biasanya, kia harus melakukan hal ini jika handphone kita mulai lemot dan berat kerjanya.


Berikut ini cara refresh HP Oppo menggunakan cara reset factory :


  1. Buka setting pada handphone Anda.
  2. Pilih Additional setting atau pengaturan tambahan, atau system setting pada Oppo keluaran terbaru.
  3. Pilihlah menu back up dan reset.
  4. Pilih Reset Phone pada Oppo terbaru atau erase data pada Oppo keluaran lama (ColorOS 11 ke bawah)
  5. Jika akan menghapus semua data di internal memory handphone pilih Erase All Data.
  6. Akan muncul pop up , kemudian tekan erase data.
  7. Tunggulah hingga proses selesai.
  8. Handphone Oppo Anda akan kembali optimal.

Metode ini akan menghilangkan semua data yang tersimpan di Handphone Anda. Ketika hp menyala kembali, Anda akan mengikuti langkah seperti saat Anda menggunakan HP yang baru dibeli. Handphone Anda akan kembali segar seperti baru karena beban  di dalamnya sudah hilang.


Demikianlah cara refresh Hp Oppo agar kinerjanya kembali optimal. Baik Restart maupun reset, keduanya dapat kembali mengoptimalkan kinerja hp Anda, hanya saja penggunaan keduanya berbeda. Jika Secara sistem masih berjalan baik, cukup lakukan restart seperti pada petunjuk, namun jika Hp Anda sudah parah secara operasional sistem, maka lakukanlah reset agar kembali ke dalam setingan awal pabrik.