Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 5 Beda Star Seller dan Shopee Mall

Beda Star Seller dan Shopee Mall - Ada beberapa jenis penjual di Shopee, yang paling populer adalah Star Seller dan Shopee Mall karena cukup mendominasi berbagai produk yang ada di Shopee. Namun ternyata banyak yang belum mengetahui perbedaan keduanya padahal beda Star seller dan Shopee Mall itu cukup jelas.


Beda Star Seller dan Shopee Mall
Beda Star Seller dan Shopee Mall


Apa Itu Star Seller Dan Shopee Mall?

Pada dasarnya, Star Seller merupakan bagian program Star Shopee yang memperoleh berbagai keuntungan eksklusif dari penjual. Hal ini dijadikan sebagai bentuk reward dan apresiasi atas layanan terbaik yang selalu diberikan kepada pembeli.


Sementara Shopee Mall adalah level tertinggi bagi beberapa jenis penjual di Shopee. Umumnya, mereka mempunyai toko resmi yang memiliki produk sendiri dan dipromosikan lewat marketplace Shopee.


Perbedaan Antara Shopee Mall Dan Star Seller

Ketika belanja di Shopee dan melihat terdapat logo star di produk tersebut, maka produk itu dijual oleh Star Seller. Sementara untuk barang yang memiliki logo mall artinya dijual dari Shopee Mall.
Adapun perbedaan keduanya antara lain adalah sebagai berikut.

 

Orisinalitas Produk
Shopee Mall menjual produk barang yang 100% original dan mempunyai badge ori. Jadi para pembeli tidak akan meragukan keaslian dari barang tersebut. Orisinalitas produk tersebut menjadi ketentuan dan syarat untuk mendaftar Shopee Mall. Sementara Star seller masih terdapat barang '2nd tier' maupun barang KW. Dalam hal ini, orisinalitas produk yang dijual oleh Star Seller tidak 100%. Hanya saja Star Seller perlu memperhatikan kualitas produk sehingga terhindar dari penalti Shopee.

 

Kualitas Produk
Shopping Mall menjual barang yang mempunyai standar lebih tinggi dibandingkan Star Seller, di mana wajib mempunyai HKI sertifikasi merk dari lembaga pemerintah atau Direktoral Jenderal Kekayaan Intelektual. Perbedaannya dengan Star Seller adalah produknya tidak harus memiliki merek dagang. Namun tidak menutup kemungkinan jika terdapat dua barang yang sama dengan standar dan kualitas yang sama pula pada kedua jenis penjual tersebut.

 

Persyaratan Produk
Semua barang yang dijual di Shopee Mall harus merupakan kategori terstruktur. Mulai dari deskripsi produk, penulisan nama, semua dilakukan dengan baik dan detail sesuai dengan struktur yang ada. Karena jika tidak, maka penjual akan mendapatkan sanksi poin penalti. Star Seller pun juga perlu mengikuti aturan produk yang terstruktur tetapi tidak serumit Shopee Mall. Umumnya Star Seller menawarkan barang digital atau yang bersifat pre-order dan tidak memiliki lisensi merek sesuai ketentuan produk Shopee.

 

Pengiriman Atau Delivery
Adapun beda Star seller dan Shopee Mall terletak pada pengirimannya. Pada Shopee Mall, umumnya menggunakan delivery Shopee Express. Sementara untuk Star Seller menggunakan jasa ekspedisi dari pihak ketiga seperti TIKI, J&T, JNE, dan lain-lain. Namun pengecualian untuk wilayah yang tidak memiliki Shopee Mall perlu bekerja sama dengan jasa ekspedisi pihak ketiga. Shopee Mall memberikan garansi 7 hari pengembalian serta terdapat label pengembalian barang untuk memudahkan prosesnya lebih mudah dan cepat.

 

Layanan Chat
Shopee Mall diwajibkan memberikan layanan chat nonstop selama 24 jam kepada customer. Misalnya jika ada customer yang ingin bertanya seputar barang di Shopee Mall tengah malam, maka customer service harus siap sedia. Sementara Star Seller tidak diwajibkan demikian, karena umumnya Star Seller memiliki saat-saat jam istirahat. Jadi penjual ini hanya akan merespon chat di waktu-waktu tertentu saja saat jam kerja. Demikianlah beda Star seller dan Shopee Mall yang perlu diperhatikan. Keduanya memiliki karakter yang berbeda-beda. Jadi jangan sampai terbalik, apalagi di Shopee ada berbagai jenis penjual lainnya.