Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Layar Realme dengan Mudah

Cara Cek Layar Realme - Realme memiliki spesifikasi dan fitur yang mumpuni yang semakin mendukung aktivitas keseharian penggunanya. Salah satu komponen dari perangkat smartphone yang penting namun seringkali luput dari perhatian yaitu spesifikasi. 

 

Cara Cek Layar Realme
Cara Cek Layar Realme


Layar memiliki fungsi yang paling penting untuk menampilkan perintah dan menampilkan visualisasi. Untuk menjaga agar terus berfungsi dengan baik, penting untuk melakukan pengecekan layar secara berkala. Pada artikel kali ini, akan dibahas cara cek layar Realme untuk menjaga fungsi layar tetap baik.
Secara komponen, layar memiliki dua komponen, yaitu Screen Display dan Touchscreen. Screen display merupakan komponen yang bertugas menampilkan hasil perintah dan visualisasi sedangkan Touchscreen memiliki fungsi untuk menerima respon sentuhan dan menerima perintah dari pengguna yang kemudian ditampilkan di Screen Display. 


Komponen tersebut perlu dilakukan cek secara berkala untuk menjaga fungsinya tetap baik, terutama jika terjadi kesalahan sistem atau error pada layar.



Cara Cek Layar Dengan Mudah

Cara cek layar Realme berikut ini bisa dilakukan oleh siapa saja karena sangat mudah dan praktis. Namun, ketika layar sudah mengalami kesalahan atau error yang lebih parah, sebaiknya diserahkan kepada teknisi yang lebih ahli dan tempat servis resmi.

 

Cek layar Realme menggunakan kode
Cara atau metode pengecekan layar yang pertama yaitu menggunakan kode rahasia yang dimiliki setiap smartphone untuk memeriksa kondisi layar.

  1. Masuk ke menu “Telepon” yang ada di Hp Realme Anda untuk memasukkan kode
  2. Masukkan kode *#*#4636#*#* untuk melakukan pengecekan layar
  3. Lalu tekan OK atau Call
  4. Setelah itu, Anda akan dibawa ke menu Phone Test Management atau Management Test
  5. Pada menu tersebut, pilih opsi menu Hardware Test
  6. Di dalam Hardware Test, terdapat beberapa pilihan. Untuk mengecek layar, pilih menu LCD
  7. Untuk mendapatkan hasil pengecekan, ikuti instruksi yang diberikan secara benar dan lengkap

 

Cek layar Realme menggunakan fitur bawaan
Cara cek layar Realme yang berikutnya yaitu dengan menggunakan fitur menu bawaan yang terdapat di perangkat Realme. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka dan masuk ke aplikasi “Manager Telepon”
  2. Setelah masuk ke aplikasi tersebut, pilih opsi menu “Uji Rutin”
  3. Kemudian langkah selanjutnya pilih opsi menu “Deteksi Sekarang”
  4. Setelah itu Anda akan ditawarkan beberapa pilihan pengujian yang ingin Anda lakukan
  5. Pilih menu pengujian “Layar dan Touchscreen” untuk memulai pengecekan layar Realme Anda
  6. Lalu setelah itu pada tahap pertama Anda akan diminta untuk melakukan pengecekan pada bagian layar sentuh dengan menyentuh layar secara sistem multi touch untuk memastikan semua bagian layar sentuh berfungsi dengan baik
  7. Setelah itu, layar akan memunculkan tiga warna. LCD akan menunjukkan hasil yang baik ketika perpaduan warna -tanpa tambahan warna putih di satu sisi atau titik piksel- maksimal

 

Cek layar Realme menggunakan aplikasi
Cara cek layar untuk Hp Realme yang berikutnya yaitu melalui aplikasi yang dapat diunduh di Play Store. Aplikasi tersebut antara lain Multi Touch Screen, Display Tester, Fix Dead Pixels, dan Touchscreen Test.

  1. Setelah mengunduh aplikasi, masuk ke aplikasi tersebut
  2. Jalankan menu pengecekan layar
  3. Ikuti langkah – langkah yang diinstruksikan
  4. Selesai dan Anda akan diberi notifikasi tentang hasilnya

Itulah beberapa cara cek layar Realme yang sangat mudah dan praktis yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan teknisi ahli.