Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merekam Layar Realme 5 dengan Suara Tanpa Aplikasi

Cara Merekam Layar Realme 5 dengan Suara - Realme 5 menjadi pilihan favorit bagi para pecinta smartphone dengan sistem operasi android karena memiliki spesifikasi yang mumpuni dan dilengkapi berbagai fitur yang semakin mendukung kebutuhan penggunaan perangkat gadget sehari – hari. Salah satu fitur unggulan yang dimiliki Realme 5 ini adalah fitur perekaman layar atau Screen Recording yang memungkinkan Anda untuk merekam layar tanpa aplikasi tambahan. Cara merekam layar Realme 5 dengan suara pun sangat mudah tanpa harus repot dan memakan waktu lama.

 

Cara Merekam Layar Realme 5 dengan Suara
Cara Merekam Layar Realme 5 dengan Suara


Tidak seperti Hp lain yang memerlukan aplikasi tambahan untuk merekam layar, Realme 5 memiliki fitur yang membuat Anda merekam layar tanpa harus mengunduh dan meng-install aplikasi perekaman layar. Namun, sebelum Anda menggunakan fitur perekaman layar, Anda perlu memunculkan pilihan menu perekaman layar di “Quick Menu” agar Anda bisa melakukan perekaman dengan mudah sehingga cara merekam layar Realme 5 dengan suara akan lebih cepat.



Cara Memunculkan Fitur Perekaman Layar Di Quick Menu

Seperti disebutkan sebelumnya, untuk merekam layar lebih mudah, Anda perlu memasukkan pilihan menu perekaman layar ke “Quick Menu”. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka “Quick Menu” yang ada di “Notification Bar” dengan cara men-swipe¬ layar dari atas ke bawah pada Home Screen. Quick Menu ini berisikan ikon –ikon pintasan pengaturan untuk akses cepat.
  2. Pilih menu “Arrange Icon” yang terdapat di pojok kanan atas untuk membuka lebih banyak menu yang belum ditampilkan di Quick Menu karena fitur perekaman layar tidak ada dalam pilihan menu pada setelan default.
  3. Setelah muncul lebih banyak pilihan ikon menu, pilih ikon menu “Start Screen Recording” dan masukkan ke daftar Quick Menu pada halaman utama Notification Bar
  4. Kemudian tap pilihan “Done” dan ikon menu perekaman layar sudah bisa Anda akses melalui Quick Menu

 

Cara Merekam Layar Realme 5

Setelah fitur perekaman layar diaktifkan dan sudah Anda masukkan di Quick Menu, Anda bisa melakukan perekaman layar dengan cepat. Namun sebelumnya, Anda perlu mengatur konfigurasi fitur perekaman layar di menu Settings > Additional Settings > Screen Recording > Record System Sound (untuk merekam suara dari dalam) atau Record Microphone (untuk merekam suara dari luar menggunakan microphone). Berikut ini cara merekam layar Realme 5 dengan suara.

  1. Swipe layar dari atas ke bawah hingga muncul Quick Menu
  2. Tekan ikon “Start Screen Recording” yang sudah Anda masukkan tadi ke dalam Quick Menu untuk memulai perekaman layar
  3. Izinkan akses saat muncul pemberitahuan untuk meminta izin akses
  4. Perekaman layar akan secara otomatis dalam hitungan 3 detik
  5. Saat sedang merekam, akan ada tampilan ikon tombol transparan yang berfungsi untuk menampilkan durasi waktu perekaman dan juga sebagai tombol untuk menghentikan perekaman layar
  6. Setelah Anda merasa cukup untuk merekam layar, klik ikon tombol transparan tersebut untuk menghentikan perekaman
  7. Hasil video dari perekaman layar Anda akan otomatis tersimpan di penyimpanan internal perangkat Hp Anda

 

Resolusi standar dari perekaman layar tersebut adalah 720p. Namun, Anda bisa mengaturnya menjadi 1080 untuk kualitas resolusi yang lebih tinggi atau 480p untuk resolusi yang lebih kecil.


Itulah cara merekam layar Realme 5 dengan suara yang mudah dan cepat. Fitur perekaman layar ini merupakan fitur unggulan yang dari Realme yang bisa Anda lakukan tanpa harus memasang aplikasi tambahan.