Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Root HP Realme 3 Tanpa PC Sangat Mudah

Cara Root HP Realme 3 Tanpa PC - Pengguna ponsel android pastinya mengenal yang disebut proses root hp. Adalah sebuah proses yang dilakukan untuk membuka seluruh akses yang ada di dalam sistem operasi android sehingga memungkinkan untuk pengelolaan secara leluasa. Berikut ulasan tentang cara root hp Realme 3 tanpa pc. 


Cara Root HP Realme 3 Tanpa PC
Cara Root HP Realme 3 Tanpa PC


Bagaimana Cara Melakukan Root pada HP Realme Tanpa PC?

Sistem operasi android diketahui adalah sebuah sistem operasi yang memiliki izin atau lisensi terbuka dari Apache yang memberikan kesempatan pada pengguna untuk mengakses dan mengelola sistem secara penuh. Biasanya root akan dilakukan jika pengguna ingin mengelola atau melakukan modifikasi pada ponsel yang digunakannya tanpa terbatas pada aturan android yang umum. 


Lalu bagaimana cara root hp Realme 3 tanpa pc dengan mudah dan cepat? Berikut Kami ulas informasinya hanya untuk Anda. Sebelumnya Anda harus mempersiapkan beberapa peralatan berikut ini.

  1. Unduh dan install aplikasi root yang paling update di smartphone Anda
  2. Baterai smartphone setidaknya terisi daya sekitar 60 persen. Isi ulang terlebih dahulu jika ternyata baterai berada di bawah kadar daya di atas.

 

Setelah persiapan yang disebutkan di atas sudah tersedia, barulah Anda melakukan tahapan untuk proses root pada hp Realme 3 yang dipakai tanpa menggunakan sarana komputer PC. 

Install aplikasi root
Langkah yang pertama adalah untuk unduh dan menginstal aplikasi root pada smartphone yang digunakan. Pastikan memilih aplikasi root yang terpercaya dan sudah memiliki banyak rating tinggi dari pengguna yang menunjukkan performanya yang memuaskan. 

Lakukan pengaturan aplikasi
Sebelum menggunakan aplikasi, terlebih dahulu aktifkan Opsi Pengembang yang ada di fitur pengaturan hp Realme 3. Caranya adalah dengan membuka Pengaturan, klik menu Tentang Ponsel, lalu ketuk menu tersebut sebanyak 7 kali yang kemudian akan memunculkan menu tersembunyi yaitu untuk Build Number. Berikutnya adalah kembali ke menu pengaturan yang utama yang mana akan muncul menu Pengembang. Ketuk Menu Pengembang kemudian aktifkan USB Debugging.

Buka aplikasi root
Buka aplikasi root yang sudah terinstal di hp Anda, kemudian temukan fitur yang bertuliskan keterangan Root My Device. Segera klik menu tersebut untuk memulai proses root. 

Tunggu proses root dilakukan
Aplikasi akan secara otomatis melakukan cara root hp Realme 3 tanpa pc sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebaiknya jangan lakukan apapun di hp Anda selagi proses root berlangsung. Karena hal itu bisa berdampak buruk pada proses root yang dilakukan. 


Apa Saja Fungsi dari Proses Root HP?

Banyak pengguna hp android yang memilih untuk melakukan root agar supaya bisa mendapatkan pengalaman menggunakan hp yang lebih maksimal dan memuaskan. Beberapa fungsi yang bisa Anda peroleh jika melakukan root adalah sebagai berikut:

  1. Untuk menambah, mengurangi atau melakukan modifikasi pada file dan data yang ada di dalam perangkat hp berbasis android.
  2. Untuk bisa mengakses fitur hp yang sebelumnya terkunci dalam sistem
  3. Agar supaya bisa melakukan install aplikasi yang sebelumnya tak bisa diinstall karena tak disetujui
  4. Agar supaya bisa menghapus beberapa aplikasi bawaan yang tak digunakan
  5. Melakukan penggantian firmware
  6. Untuk melakukan perubahan pada tampilan antarmuka ponsel seperti untuk mengganti font, warna menu, melakukan konfigurasi fisik serta mengubah wallpaper animasi sesuai keinginan
  7. Agar supaya bisa menginstal custom ROM dengan menggunakan cara flashing hp

 

Itulah beberapa cara root hp Realme 3 tanpa pc yang mudah dan berhasil sukses. Pastikan untuk mengetahui apa dampak root jika prosesnya gagal, sehingga setidaknya Anda bisa bersiap untuk mendapati hasil yang tak sesuai harapan.