Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kunci Aplikasi Realme 3 dengan Terbaru

Cara Kunci Aplikasi Realme 3 - Realme menjadi salah satu perusahaan teknologi asal Tiongkok yang berhasil masuk ke pasar android di berbagai negara termasuk Indonesia. Selain harga ponsel yang murah, fitur-fitur yang ditawarkan Realme juga membuat orang tertarik untuk membelinya.
Salah satu fitur yang disediakan adalah App Lock yang dibutuhkan untuk pengunci aplikasi. Cara kunci aplikasi Realme 3 hanya perlu mengaktifkan fitur tersebut sehingga tidak perlu aplikasi tambahan. Bagaimana cara kerjanya? Simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut. 

 

Cara Kunci Aplikasi Realme 3
Cara Kunci Aplikasi Realme 3


Cara Kunci Aplikasi di Perangkat Realme 3 agar Lebih Aman

Di perangkat ponsel yang sering kita gunakan, kita menyimpan banyak data-data termasuk yang bersifat privasi. Oleh sebab itu, perlu kunci aplikasi agar orang lain tidak bisa mengakses data yang sensitif pada aplikasi tertentu. Caranya cukup mudah dengan beberapa langkah berikut.

Buka menu “Pengaturan” atau “Settings” di HP Realme 3
Silahkan buka menu pengaturan yang ada di layar ponsel. Gambarnya biasanya berupa roda gerigi atau bisa gambar lain tergantung tema ponsel yang Anda pasang. 

Pilih menu “Keamanan” atau “Privacy”
Fitur kunci aplikasi ada di menu keamanan atau privacy. Jadi buka dulu menu keamanan yang ada di pengaturan. 

Pilih opsi menu “App Encryption” atau “App Lock” tergantung tipe Realme yang digunakan
Selanjutnya adalah masuk ke fitur kunci aplikasi atau enkripsi aplikasi. Scroll saja terus ke bawah sampai Anda menemukan menu App Encryption atau App Lock

Masukan password HP Realme 3
Sistem akan meminta Anda memasukkan password. Silahkan buat password sesuai dengan kata sandi, pola, atau pengunci lainnya yang diterapkan pada pengaman ponsel.

Pilih aplikasi yang ingin dikunci
Berikutnya tap-tap langsung aplikasi apa saja yang ingin Anda kunci. 

Tekan tombol “Encrypt” atau “Lock”
Setelah aplikasi dipilih, tekan tombol Lock atau Encrypt untuk mengaktifkan fitur kunci aplikasi di Realme 3. 

Selesai
Aplikasi sudah berhasil dikunci dan hanya Anda yang bisa membukanya. 


Setelah Anda menyelesaikan cara kunci aplikasi Realme 3 di atas, maka semua aplikasi yang dikunci hanya bisa diakses atau dibuka menggunakan password yang sudah Anda buat. Orang lain yang tidak mengetahui password tersebut tidak bisa membuka aplikasi yang telah dikunci. 


Jadi, saat ada orang lain yang meminjam HP Anda, mereka tidak bisa sembarangan membuka aplikasi yang terkunci. Kalaupun ingin membukanya, mereka harus meminta izin dulu kepada pemilik HP yaitu Anda. 


Saat membuka aplikasi, sistem akan meminta password atau pattern. Namun untuk Anda yang mengaktifkan pengaman ponsel dengan fitur sensor sidik jari atau fingerprint, maka tidak perlu memasukkan password. Anda bisa langsung menempelkan jari pada sensor pemindai dan aplikasi otomatis akan terbuka. 


Fitur kunci aplikasi atau “App Lock” ini memang sudah cukup lama di dunia smartphone. Pengguna bisa memanfaatkannya agar lebih aman saat HP berada di tangan orang lain. Selain kunci aplikasi, Realme 3 juga memiliki fitur untuk mengunci file-file yang ingin disembunyikan. 


Fitur Private Safe ditawarkan Realme untuk menyembunyikan file video, foto, musik, dokumen, atau lainnya agar tidak bisa dibuka sembarang orang. Jadi data-data yang sensitif akan lebih aman dan Anda tidak perlu khawatir lagi saat meminjamkan hp ke orang lain.


Itulah beberapa cara kunci aplikasi Realme 3 yang dapat membantu menjaga privasi pengguna dari orang lain yang ingin membuka aplikasi tanpa izin. Anda akan merasa lebih aman apabila ada teman atau keluarga yang diam-diam ingin membuka aplikasi di HP Realme 3 Anda.