Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Realme 3 tanpa Ribet

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Realme 3 - Perangkat ponsel atau smartphone saat ini sudah menjadi perangkat yang tidak bisa dilepaskan dari genggaman karena pada dasarnya, perangkat smartphone memiliki banyak fungsi untuk membantu menunjang kegiatan dan pekerjaan sehari – hari. Tidak jarang, pengguna smartphone menyimpan data – data penting yang sifatnya rahasia ke dalam smartphone mereka. 

 

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Realme 3
Cara Menyembunyikan Aplikasi di Realme 3


Oleh karena itu, banyak yang menggunakan cara seperti mengunci hp atau menyembunyikan aplikasi. Pada artikel kali ini, akan dibahas cara menyembunyikan aplikasi di Realme 3 untuk Anda pengguna Realme 3.


Banyak dari pengguna yang mengandalkan smartphone mereka untuk menyimpan data atau informasi penting yang juga tidak ingin dibuka oleh orang lain. Namun, terkadang saat kita tidak memperhatikan dengan baik, hp atau smartphone yang berisi data penting tersebut dipegang orang lain yang memungkinkan terjadinya kebocoran data atau lebih parahnya terjadi cyber crime yang menyebabkan data atau informasi penting bocor dan tersebar ke pihak yang tidak bertanggung jawab. 


Oleh karena itu, Anda sebagai pengguna aktif, perlu untuk menerapkan sistem keamanan pada smartphone Anda, salah satunya dengan cara menyembunyikan aplikasi yang terpasang di dalam smartphone Anda.


Tujuan dari pengguna menyembunyikan aplikasi yang ada di perangkat hp atau smartphone mereka berbeda – beda, ada yang bertujuan untuk menjaga privasi mereka, menjaga kerahasiaan data yang mereka simpan di dalam smartphone mereka, dan ada juga yang bertujuan untuk membatasi penggunaan hp untuk anak-anak mereka di rumah. 


Dengan tujuan – tujuan tersebut, pengguna akan mengamankan perangkat smartphone milik mereka agar data, informasi, atau konten yang bersifat pribadi dan rahasia akan lebih aman dan tidak sembarang orang bisa membukanya.

 


Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi di Hp Realme 3

Pengguna Realme 3 bisa menyembunyikan aplikasi tanpa menggunakan aplikasi lain, namun hanya dengan memanfaatkan fitur bawaan dari Realme yang bisa Anda akses melalui menu “Pengaturan”. Dengan fitur ini, aplikasi yang Anda sembunyikan, hanya akan tersembunyi secara publik dan Anda tetap dapat mengaksesnya. Berikut ini langkah – langkah cara menyembunyikan aplikasi di Realme 3 melalui menu “Pengaturan”.

  1. Langkah pertama yaitu masuk ke menu “Pengaturan” pada Realme 3 Anda
  2. Setelah masuk di menu Pengaturan, akan terdapat banyak opsi menu
  3. Pilih opsi menu “Privasi” atau “Keamanan” untuk mulai menyembunyikan aplikasi
  4. Setelah masuk di halaman menu Privasi atau Keamanan, selanjutnya pilih opsi menu fitur “Kunci Aplikasi”
  5. Lalu Anda akan diminta untuk memasukkan password PIN yang sudah Anda buat sebelumnya.
  6. Setelah memasukkan kata sandi, halaman menu akan menunjukkan daftar berbagai aplikasi yang ada di dalam hp Realme Anda dan terdapat ikon kotak putih atau kotak kosong di bagian kanan dari tiap daftar aplikasi tersebut
  7. Tap pada aplikasi yang ingin Anda sembunyikan hingga kotak putih tercentang
  8. Setelah memilih aplikasi yang ingin disembunyikan, konfirmasi dengan menekan opsi menu “Kunci” yang terletak di bagian bawah
  9. Kemudian, akan muncul jendela pop-up yang menawarkan pilihan untuk membuka aplikasi ini menggunakan sidik jari atau pengenalan Wajah
  10. Setelah itu, pilih opsi “Sembunyikan Ikon Layar Depan” agar aplikasi yang Anda pilih tidak terlihat di halaman utama.
  11. Selesai dan aplikasi yang Anda ingin sembunyikan sudah tidak terlihat di halaman layar utama Realme 3 Anda

 

Itulah pembahasan tentang langkah mudah dalam cara menyembunyikan aplikasi di Realme 3 melalui menu “Pengaturan”.