Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Reset HP Realme yang Terkunci dan Lupa Password

Cara Reset HP Realme yang Terkunci - Pengguna Realme banyak yang menyimpan data-data penting di ponsel. Oleh sebab itu, mereka biasanya menggunakan password, pola kunci layar, atau fingerprint untuk menjaga data privasi tersebut. Namun terkadang pengguna justru lupa dengan kata sandi atau pola kunci yang digunakan pada perangkat ponselnya. 

 

Cara Reset HP Realme yang Terkunci
Cara Reset HP Realme yang Terkunci


Melakukan reset bisa menjadi solusi bagi pengguna yang lupa kata sandi atau pola kunci. Berikut Cara reset HP Realme yang terkunci agar bisa diakses kembali. 



Cara Reset HP Realme Menggunakan Fitur Forgot Password

Jika Anda ingin membuka hp Realme tetapi lupa password-nya, maka bisa melakukan reset ringan dengan mengganti password. Caranya dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Buka layar ponsel dan masukan password
Password hp merupakan hal yang krusial sehingga sebisa mungkin Anda sebaiknya tidak lupa. Jika sudah lupa, silahkan reset dengan cara ini. Anda bisa membuka layar seperti biasa dan masukan password yang Anda ingat atau pilih sembarang saja. Setelah berulang kali mencoba, biasanya akan muncul keterangan “Forgot Password” atau lupa password. Klik teks tersebut untuk melakukan reset hp Realme.

Pastikan hp terkoneksi internet
Cara reset ini membutuhkan koneksi internet sehingga Anda perlu menyambungkannya ke wifi atau mengaktifkan data seluler. Biasanya pengaturan ini ada di menu bar yang bisa di-scroll meski layar hp terkunci. 

Reset melalui Forgot Password
Setelah Anda klik “Forgot Password”, biasanya akan diarahkan ke akun email yang ada pada perangkat Realme tersebut. Masuk pada salah satu akun email jika perangkat Realme Anda memiliki lebih dari satu akun. 

Reset password
Silahkan untuk membuat password baru atau pola layar kunci yang baru. Buat yang mudah untuk Anda ingat tetapi tetap aman untuk menjaga privasi ponsel.

Selesai
Setelah password atau pattern diganti, maka Anda bisa menggunakan pengunci layar yang baru tersebut. Silahkan coba dengan membuka hp Realme menggunakan password atau pattern yang sudah dibuat. 


Cara Reset HP Realme Menggunakan Aplikasi Find My Device

Jika Anda tidak bisa menggunakan fitur “forgot password”, Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk reset hp Realme. Cara reset HP Realme yang terkunci dengan aplikasi Find My Device ini membutuhkan dua perangkat ponsel. Langkah-langkah untuk melakukan reset yaitu:

  1. Silahkan download aplikasi Find My Device jika Anda belum memilikinya.Download aplikasi Find My Device pada perangkat ponsel lain yang tidak terkunci. Aplikasi ini bisa didownload gratis melalui Play Store. Tunggu proses download dan install aplikasi selesai.
  2. Pastikan kedua perangkat terhubung internet. Nyalakan koneksi internet pada kedua hp, baik untuk Realme maupun hp lain.
  3. Buka aplikasi Find My Device. Ikuti semua prosedur untuk menemukan device di aplikasi Find My Device. Pilih device Realme Anda dan klik menu “Hapus Perangkat” atau “Erase Device”. Aplikasi Find My Device memang memiliki fitur untuk menghapus data dari jarak jauh yang tujuannya untuk mengamankan data apabila sewaktu-waktu ponsel hilang.
  4. Tunggu ponsel Realme restart. Setelah menghapus data Realme dari aplikasi Find My Device, Anda tinggal tunggu hingga ponsel Realme restart dan menyala kembali.
  5. Selesai

Hp Realme Anda yang terkunci sudah bisa dibuka kembali. Anda perlu menggunakan password atau pattern baru jika ingin kembali mengunci hp Realme. 


Itulah beberapa cara reset HP Realme yang terkunci, baik menggunakan aplikasi tambahan maupun tanpa aplikasi. Apabila cara-cara di atas tidak berhasil, mungkin Anda perlu melakukan hard reset. Selamat mencoba!