Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merekam Layar Realme 5i dengan Mudah

Cara Merekam Layar Realme 5i dengan Mudah - Smartphone saat ini bukanlah hanya sebuah perangkat telepon genggam yang digunakan untuk komunikasi saja. Dengan teknologi yang semakin berkembang, smartphone kini bisa digunakan untuk berbagai hal seperti meng-edit file, menyimpan file bahkan berbagi file dalam satu waktu dengan cara yang cukup mudah.

 

Cara Merekam Layar Realme 5i dengan Mudah
Cara Merekam Layar Realme 5i dengan Mudah


Akan tetapi tidak semua orang langsung bisa familiar dengan teknologi smartphone yang terbaru. Banyak orang yang membutuhkan waktu lebih untuk mempelajari fitur-fitur baru yang ada di smartphone mereka. Fitur tersebut memang akan lebih mudah jika kita bisa bersebelahan untuk mengajari mereka, tapi akan menjadi hal yang sulit ketika kita sedang tidak di sebelahnya.


Oleh karena itu, produsen memahami hal itu dengan baik dan memberikan cara merekam layar Realme 5i atau fitur perekaman layar pada smartphone Anda sebagai sarana mempermudah berbagai kegiatan. Salah satunya adalah agar kalian bisa membagikan tangkapan layar Anda dalam bentuk video tidak hanya foto. Hal ini tentu akan memudahkan kita untuk mungkin memberikan tutorial cara menggunakan suatu aplikasi pada seseorang.



Fitur Perekaman Layar Pada Smartphone

Fitur ini cukup menarik perhatian para pengguna smartphone, karena dengan fitur ini akan memudahkan mereka untuk merekam aktivitas layar tanpa harus menggunakan Smartphone lain dan ini akan memberikan pengelaman yang berbeda jika kalian adalah seorang Vlogger atau seseorang suka membagikan tangkapan lucu dilayar smartphone kalian.


Hampir seluruh produsen smartphone menyempatkan fitur ini ke dalam produk mereka tanpa terkecuali Realme, salah satu produsen baru di smartphone namun sudah mampu menggebrak pasar per-smartphone-an dunia dan Indonesia dengan meluncurkan produk-produk murah namun berkualitas.
Fitur perekaman layar atau biasa disebut dengan screen recorder merupakan fitur yang sudah diandalkan di smartphone Realme karna ini dibuktikan dengan sudah tertanamnya fitur perekaman layar langsung di seri-seri yang sudah dirilis seperti series Realme 5, Realme Narzo, dan varian entry-level mereka lainnya.



Tutorial Merekam Layar di Smartphone

Cara merekam layar Realme 5i ini cukup mudah, Anda hanya perlu memunculkan dahulu bagian ini di Quick Menu. dengan hal ini, maka Anda akan bisa lebih mudah pada saat ingin menggunakan fitur ini Kembali dan untuk mengaktifkan perekaman layar di smartphone Realme sendiri caranya cukup mudah.

  1. Buka kunci layar smartphone Anda terlebih dahulu.
  2. Pada layar depan atau biasa disebut Home Screen, sentuh layar dari atas ke bawah untuk memunculkan quick menu yang terletak di bagian atas notifikasi.
  3. Lalu akan muncul icon-icon pemintas untuk pengguna dapet meng-akses aplikasi agar lebih cepat. Namun biasanya fitur perekaman layar belum secara otomatis tersedia disini.
  4. Oleh karena itu disini user perlu membuka menu pengaturan ikon terlebih dahulu dengan klik ikon edit sebalah ikon gear untuk masuk pengaturan ikon.
  5. Nanti akan muncul beberapa opsi ikon menu baru di bawah menu yang sudah ada, lalu pilih ikon perekaman layar dan tekan serta tahan lalu pindahkan ikonnya, masukan ke bagian atas atau Quick Menu.
  6. Setelah itu tekan tombol done untuk menyimpan perubahan yang sudah dilakukan

 

Selamat, fitur perekaman layar sudah dapat digunakan, jadi kalian disini tidak perlu lagi meng-install aplikasi pihak ke 3 yang tentunya akan memberatkan memori smartphone kalian. Dengan ini kalian dapat merekam layar smartphone kalian sendiri dengan satu kali klik saja sangat mudah bukan? Dan untuk lebih jelasnya saya berikan juga cara penggunaannya.

  1. Di Home Screen atau layar depan sentuh layar dari atas ke bawah Kembali untuk membuka Quick Menu
  2. Cari ikon perekaman layar dan sentuh pada fitur tersebut yang sebelumnya sudah ditambahkan
  3. Jika ada permintaan izin akses maka berikan saja.
  4. Tunggu beberapa saat terlebih dahulu, akan muncul tombol perekaman layar yang melayang di bagian layar depan lalu akan ada tombol record seperti video pada kamera berwarna merah.
  5. Silahkan sentuh pada tombol merah tersebut dan proses perekaman akan dimulai.
  6. Jika sudah ingin mengakhiri proses perekaman layar Anda cukup sentuh pada tombol stop dengan logo kotak berwarna putih. Dan nantinya video Anda akan disimpan memori internal smartphone Anda.


Selesai sudah mengenai cara merekam layar Realme 5i. Silahkan cek di memori internal smartphone untuk mengecek hasil perekaman layarnya, lalu kalian bisa share videonya untuk berbagi ke orang lain. Fitur ini benar-benar membantu untuk para pemberi tutorial agar mereka bisa langsung melihat bagaimana cara suatu aplikasi bekerja atau ketika kita ingin membagikan hal yang kita lakukan di smartphone kepada seseorang dengan mudah.