Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Cara Cek Touchscreen Realme C2

Tutorial Cara Cek Touchscreen Realme C2 - Selain performa mesin, desain, memori dan baterai, layar menjadi salah satu indikator atau parameter yang dapat menentukan laku atau tidaknya sebuah smartphone atau telepon pintar. Jenis layar, kerapatan pixel dan sensitivitas layar menjadi acuan bagus atau tidaknya sebuah layar telepon pintar. Salah satu brand telepon pintar yang kini ramai di pasaran adalah Realme, dengan tipe Realme C2. 

 

Tutorial Cara Cek Touchscreen Realme C2
Tutorial Cara Cek Touchscreen Realme C2


Tutorial Cek Touchscreen Realme

Dalam artikel kali ini, kita akan secara lebih spesifik membahas cara cek touchscreen Realme c2. Ada beberapa cara untuk mengeceknya, yakni dengan test hardware, dengan kode unik Realme, atau dengan aplikasi yang ada di Playstore. Berikut masing-masing penjelasannya.

 

Test Hardware

Ini adalah cara pertama untuk mengecek touchscreen pada unit telepon pintar Realme c2 dengan aplikasi bawaan dari pabrik.

  1. Pastikan kondisi telepon pintar Realme Anda dalam keadaan menyala
  2. Masuk ke dalam aplikasi telepon manager
  3. Bukalah pilihan uji rutin, lantas dilanjutkan pilih deteksi sekarang
  4. Nantinya akan terlihat opsi pengecekan yang akan dilakukan, Anda dapat memilih pengujian atau pengecekan layar sentuh untuk memulai cek kondisi touchscreen.
  5. Sistem akan meminta Anda untuk menyentuh layar pada bagian tertentu dengan beberapa jari dan gerakan untuk memastikan semua bagian layar yang tersentuh masih berfungsi dengan baik.
  6. Selanjutnya proses pengecekan akan dilanjutkan dengan menguji kondisi layar dan LCD telepon pintar Anda, yang akan memunculkan tiga warna pada layar. Jika perpaduan warna yang muncul sempurna tanpa tambahan titik putih atau hitam, maka LCD bisa dipastikan dalam kondisi baik.

 

Kode Unik Realme

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan dengan cukup mudah dan hasil yang akurat adalah dengan menggunakan dial kode tertentu.

  1. Pilih menu telepon
  2. Tuliskan kode *#808# kemudian pilih OK
  3. Dari berbagai pilihan menu yang muncul, pilihlah menu device debugging.
  4. Untuk melakukan pengujian layar, pilih menu touchscreen
  5. Pada pengujian pertama Anda akan diminta menyentuh layar untuk membuat coretan atau tulisan menggunakan jari Anda.
  6. Apabila seluruh bagian layar yang Anda sentuh responsif, maka dapat dipastikan sensitivitas layar masih bekerja dengan baik.
  7. Di tahap berikutnya, akan dilakukan pengujian secara otomatis oleh sistem untuk mengetahui apakah terdapat kerusakan lainnya.
  8. Pada akhir sesi, akan ditampilkan hasil pengujian apakah passed yang artinya aman dan failed yang berarti ada masalah lainnya pada layar.

 

Aplikasi dari Google Play Store

Secara umum, dari sekian banyak aplikasi pengecekan layar handphone yang tersedia di Google Play Store seperti Multi Touch Screen, Fix Dead Pixels, Touchscreen Test dan Display Tester memiliki cara kerja yang sama. Perbedaannya terletak pada lengkap atau tidaknya proses dan hasil pengujian dari masing-masing aplikasi. Cara cek touchscreen Realme C2 menggunakan aplikasi tersebut secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Unduhlah salah satu dari aplikasi tersebut melalui Google Play Store.
  2. Pastikan aplikasinya sudah terpasang pada unit telepon pintar Realme c2 Anda.
  3. Silahkan buka aplikasi tersebut dan pilih menu pengecekan touchscreen.
  4. Ikutilah langkah pengujian layar sentuh yang diminta oleh sistem pada aplikasi yang berjalan.
  5. Pada akhir sesi pengujian, akan diberi hasil oleh aplikasi tersebut. 

 

Jika yang muncul adalah pemberitahuan “normal”, berarti seluruh bagian layar sentuh telepon pintar Anda dalam keadaan normal tanpa kendala. Namun jika ada kerusakan atau permasalahan teknis dalam telepon pintar Anda, aplikasi ini pun akan memberitahukannya.


Ketiga cara diatas dapat Anda lakukan bahkan secara berurutan atau berkala secara bergonta-ganti, untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada cara cek touchscreen Realme c2. Sehingga Anda dapat mengetahui kondisi layar secara berkala dan akurat, serta lebih cepat mengantisipasi dan mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan jika sampai terjadi kerusakan. Seperti semboyan “Lebih baik mencegah daripada mengobati”.