Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Reboot HP Realme Semua Tipe

Cara Reboot HP Realme Semua Tipe - Sebagai pengguna HP Realme, kamu harus mengetahui cara reboot HP Realme. Untuk cara reboot atau hard reset smartphone Realme ini bisa kamu terapkan di semua tipe HP Realme, dari Realme 2 Pro, Realme 3, Realme 3 Pro, Realme 4, Realme 5, Realme 5 Pro, Realme C1, Realme U1. 

 

Cara Reboot HP Realme Semua Tipe
Cara Reboot HP Realme Semua Tipe


Cara reboot ke setting pabrik ini seperti hard reset atau factory reset yang secara umum dilakukan pada banyak brand HP lain, khususnya vendor HP China seperti Xiaomi, Redmi, Oppo, Vivo, Huawei, Meizu dan lain-lain.


Realme sendiri adalah salah satu vendor HP asal China yang cukup populer di pasar smartphone Indonesia. Realme selalu berupaya menghadirkan produk terbaru dengan kemampuan dan kualitas terbaik, namun tetap dengan harga yang relatif terjangkau.


Awalnya Realme adalah sub-brand Oppo yang akhirnya memisahkan diri di tahun 2018 dengan mengembangkan ekosistem sendiri dengan naungan BBK electronics.


Seberapa penting reboot atau hard reset pada smartphone? Fitur hard reset atau factory reset ini digunakan pada kondisi tertentu. Contohnya untuk mengatasi permasalahan delay touch HP Realme, atau mungkin ingin menghapus semua data aplikasi dan file di HP Realme tanpa ribet.
Untuk kamu yang ingin melakukan reboot baik dengan hard reset ataupun factory reset pada HP Realme maka bisa mengikuti salah satu cara sebagai berikut.


Cara Reboot Realme Semua Tipe Melalui Menu Settings

Untuk melakukan reboot hard reset atau factory reset menggunakan cara pertama ini, berikut langkah-langkahnya.

  1. Aktifkan smartphone Realme kamu
  2. Buka menu Setting / Pengaturan
  3. Kemudian buka Additional Settings / Pengaturan tambahan
  4. Berikutnya buka menu Back Up and Reset
  5. Kemudian pilih Factory data Reset > Erase All App & Data
  6. Tunggu sampai HP Realme restart sendiri, ini berarti proses reboot data telah berjalan
  7. Selesai

Bila cara di atas dianggap masih terlalu mainstream maka kamu bisa menggunakan cara berikutnya yang kedua.


 

Cara Reboot Realme Melalui Recovery Mode

Untuk kamu yang akan melakukan reboot hard reset atau mengembalikan pengaturan ke setelan pabrik HP Realme melalui Recovery Mode, maka pastikan tombol Power dan Volume kamu kondisinya baik-baik saja.


Mengingat untuk masuk ke Recovery Mode kamu memerlukan kombinasi dua tombol tersebut. Untuk melakukannya berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama-tama nonaktifkan HP Realme kamu
  2. Kemudian hidupkan kembali dengan menekan lama tombol Power dan Volume down secara bersamaan
  3. Setelah masuk pada menu Recovery Mode, kamu bisa memilih bahasa Inggris
  4. Tap atau klik pada menu Wipe Data
  5. Kemudian ke Wipe Data (Keep Contacts, SMS and Photos)
  6. Kamu hanya perlu menunggu sampai proses reboot hard reset sudah selesai
  7. Bila sudah, silakan tap atau klik Reboot System
  8. Sesudah HP Realme hidup kembali, kamu perlu melakukan pengaturan seperti pada pengaturan HP baru
  9. Selesai

 

Kesimpulan
Umumnya cara melakukan reboot hard reset / factory reset di banyak perangkat smartphone Android dilakukan dengan dua cara di atas. Tak hanya sebatas produk asal China, namun juga produk smartphone asal negara lain seperti Samsung Galaxy, Asus Zenfone, Sony, Google Pixel, Honor dan lain-lain.


Nah itu tadi pembahasan tentang cara reboot HP Realme dengan benar, untuk semua tipe HP Realme. Semoga apa yang telah disampaikan pada tutorial ini bisa bermanfaat bagi kamu yang mungkin sedang mengalami permasalahan pada smartphone Realme kesayanganmu