Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menonaktifkan Smart Assistant Realme 3 Dengan Mudah

Cara Menonaktifkan Smart Assistant Realme 3 Dengan Mudah - Ponsel masa kini, termasuk Realme 3, dilengkapi dengan fitur Smart Assistant dengan tujuan untuk memudahkan penggunanya. Smart Assistant akan ditampilkan di salah satu halaman beranda yang memuat banyak informasi, seperti cuaca, pengingat acara, aplikasi populer, hingga kontak favorit.

 

Cara Menonaktifkan Smart Assistant Realme 3 Dengan Mudah
Cara Menonaktifkan Smart Assistant Realme 3 Dengan Mudah


Meskipun tujuannya untuk memudahkan pengguna, tidak sedikit pemilik Realme 3 yang merasa bahwa fitur Smart Assistant terkadang mengganggu karena jarang atau tidak pernah menggunakan fitur ini. Namun, Anda tidak perlu khawatir, jika ingin menghilangkan fitur ini dari beranda, ada cara menonaktifkan Smart Assistant Realme 3 yang bisa Anda terapkan.


Mengenal Smart Assistant

Smart Assistant atau Asisten Cerdas merupakan sebuah fitur cepat yang disematkan pada ponsel untuk memudahkan Anda dalam membantu aktivitas penggunaan ponsel dalam satu pintasan. Smart Assistant memuat informasi dari banyak fitur yang ada dalam HP, seperti cuaca, pengingat acara, penghitung langkah, kontak favorit, dan juga aplikasi populer, serta beberapa fitur lainnya yang bisa diakses melalui satu tempat.


Meskipun terbilang sebagai fitur yang canggih, banyak dari pengguna kebingungan mengenai Smart Assistant. Untuk menemukan Smart Assistant sendiri, Anda hanya perlu menggulir beranda ke arah kiri. Dengan demikian, Anda bisa dengan mudah mengakses beberapa fitur yang tersedia dengan cepat tanpa harus terlalu lama mencari letak aplikasinya.


Namun, memang sebagian pengguna HP Realme 3 jarang sekali memanfaatkan fitur Smart Assistant dan ada juga yang tidak pernah menggunakannya, sehingga akan merasa terganggu dengan tampilan fitur cepat ini. Jika Anda salah satunya, Anda bisa menonaktifkan fitur Smart Assistant di HP Realme 3 dengan mudah, serta bisa mengaktifkannya di kemudian hari ketika merasa membutuhkannya.


Cara Menonaktifkan Smart Assistant di HP Realme 3

Cara untuk menonaktifkan atau mematikan fitur smart assistant di HP Realme 3 sangat mudah dilakukan. Anda bisa mengikuti cara-cara berikut, maka fitur smart assistant Anda sudah bisa dinonaktifkan.

Masuk ke menu pengaturan
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke menu pengaturan pada HP Realme 3 untuk menonaktifkan fitur cepat smart assistant.

Pilih menu "Layanan Cerdas"
Di dalam menu Pengaturan HP Realme 3, pilih menu "Layanan Cerdas". Nantinya akan muncul beberapa pilihan menu lagi, termasuk Smart Assistant.

Geser tombol di samping Smart Assistant
Selanjutnya, Anda hanya perlu menggeser tombol di sebelah Smart Assistant agar menjadi nonaktif dengan cara menekannya sekali saja. Setelah berhasil, smart assistant tidak muncul lagi di beranda HP Realme 3 milik Anda.


Sebenarnya, menu yang ada pada tampilan smart assistant sudah aktif secara default di HP Realme 3 milik Anda. Jadi, Anda bisa lakukan cara di atas untuk menghilangkan tampilan smart assistant apabila tidak ingin menggunakannya. Namun, jika Anda ingin mengaktifkannya kembali, Anda tinggal ulangi langkah yang sama dan kembalikan posisi tombol di samping Smart Asisstant dengan menekannya.


Setelah fitur smart assistant di HP Realme 3 sudah nonaktif dengan cara di atas, Anda bisa dengan lebih leluasa memanfaatkan fitur-fitur lain yang ada di HP Realme 3. Anda juga tidak perlu terganggu lagi dengan tampilan dari pintasan cepat smart assistant setiap kali tidak sengaja menggulir layar beranda ke arah kiri.


Demikian informasi mengenai cara menonaktifkan Smart Assistant Realme 3 yang bisa Anda terapkan jika merasa belum menemukan manfaat dari fitur cepat yang satu ini. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda!