Mengapa Play Store Mengalami Error di Hp OPPO? ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya




Playstore telah menjadi toko aplikasi andalan android terkemuka yang dikembangkan oleh google, yang dimana terdapat ribuan aplikasi dan game yang dapat diunduh dan dijalankan di ponsel android anda. Namun, ada yang mengeluhkan permasalahan pada Playstore error saat membuka aplikasinya, di minta untuk mendownload atau mengupdate aplikasinya, dan beragam permasalahan lain yang muncul dan disini pula akan kita bagikan cara bagaimana mengatasi permasalahan tersebut khususnya yang dialami di Hp Oppo.




Jika anda sedang membuka aplikasi Playstore dan mendapatkan pemberitahuan Sayangnya Google Play Store telah Terhenti, ada kemungkinan penyebabnya yaitu dari mulai memori penuh, data aplikasi yang rusak, binary yang rusak atau past installed aplikasi yang juga rusak. Untuk mengatasinya maka anda dapat melakukan hal berikut ini :

1. Hapus aplikasi dan beri space/ruang di memori Hp Oppo Anda. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan, dapat menjadi penyebab playstore dapat terhenti sehingga anda hanya perlu uninstall saja aplikasi yang dirasa kurang penting. Menghapus beberapa aplikasi yang tidak penting dapat memberi ruang pada memori yang terlalu penuh.

2. Segera Nonaktifkan Playstore dan Bersihkan Cache. Cara ini biasa dipakai pada saat Playstore mengalami error. Cara nya dengan cara membuka Menu Settings/Pengaturan, Pilih Menu Aplikasi, App, atau Apl dan kemudian Pilih Google Play Store, lalu hapus Cache dan juga datanya, selanjutnya Restart Hp Oppo anda.

3. Atur Ulang Akun Google. Pemberitahuan yang muncul seperti Sayangnya Google Play Store telah Terhenti bisa saja diakibatkan dari akun google anda, jadi cobalah untuk menghapus akun google lama dan buatlah akun google yang baru. Untuk melihat bagaimana cara menghapus akun google yang lama, silahkan browsing.

4. Instal Ulang Google Play Store. Jika beberapa cara diatas masih belum juga memberikan solusi, maka satu-satunya jalan terakhir yakni dengan instal ulang google play store. Caranya dengan membuka Menu Settings/Pengaturan > Aplikasi > Pilih Google Play Store > Lalu Uninstal aplikasi tersebut. Kemudian jika selesai, silahkan download aplikasi playstore dan instal kembali.


Baca Juga





Dibawah ini ada beberapa contoh permasalahan Error yang di alami Google Playstore terutama di Hp Oppo seperti ;

1. Google Playstore Kesalahan/Error 403. Jika anda menemukan hal seperti ini di Hp Oppo anda segera perbaiki dengan cara hapus akun google anda yang lama, lalu gunakan akun google yang baru atau yang lain. Kemudian proxy atay koneksi internet dan wifi juga dapat mengakibatkan play store mengalami hal yang seperti ini.

2. Google Playstore Kesalahan/Error 491. Jika anda sendiri mengalami hal tersebut di Hp Oppo mu, cobalah hapus akun google yang lama, lalu gunakan akun google yang lain. Lalu cobalah untuk menghapus data yang ada di Menu Setting > Aplikasi > Playstore.

3. Google Playstore Kesalahan/Error 492. Cara mengatasinya hampir sama yakni dengan clear data cache dan Force Stop. Jika masih belum berhasil juga, cobalah untuk menghapus data dalvik cache, untuk menghapusnya anda perlu download aplikasi yang digunakan untuk menghapus data delvik cache.

4.  Google Playstore Kesalahan/Error 495. Mengalami hal yang seperti ini anda diharuskan untuk download aplikasi atau update aplikasi playstore, dengan cara buka Menu Settings>Pilih Menu Aplikasi, kemudian pilih Google Playstore dan hapus data. Jika telah anda lakukan proses diatas, silahkan masukkan kembali akun google anda yang baru.

5. Google Playstore Kesalahan/Error 498. Kode error pada Playstore tersebut memberikan tanda bahwa perangkat Hp Oppo anda terlalu banyak cache sehingga mengakibatkan kegagalan pada saat download aplikasi dan game. Cara mengatasinya dengan menghapus berbagai aplikasi dan game yang kurang penting.

4.  Google Play Store Kesalahan /Error 941. Notifikasi Pesan kode diatas memberikan tanda bahwa apliksi yang anda miliki dari Playstore terdapat kesalahan, sehingga anda harus memperbaikinya dengan cara menghapus cache dan data pada Menu Aplikasi Playstore.

5. Google Play Store Kesalahan/Error 504. Notifikasi yang seperti ini menandakan bahwa aplikasi playstore tidak dapat didownload karena kesalahan. Untuk memperbaikinya anda cukup menghapus data, lalu hapus juga Data Google Service Framework, kemudian setelah itu download aplikasi playstorenya lagi.

6. Google Play Store Kesalahan/Error 921. Kode seperti ini akan anda alami pada saat Google Play Store mengalam kesalahan download, oleh karena itu anda perlu menghapus cache dari Play Store jika masih saja belum berhasil maka anda coba untuk mengembalikan ke pengaturan awal atau juga bisa menghapus akun google anda yang lama.

7. Google Play Store Kesalahan/Error 927. Kemunculan kode error ini biasanya disebabkan oleh Play Store atau Akun Google memperbarui layanan di latar belakang sementara waktu akan menghentikan proses download aplikasi. Tunggu beberapa menit dan perhatikan apakah baik-baik saja.

8. Penyimpanan Tidak Cukup Tersedia/Error. Jika Hp Oppo anda memiliki penyimpanan yang terbatas maka ada baiknya bila anda akan mendownload aplikasi dari Play Store maka akan muncul pesan seperti itu sehingga langkah yang perlu anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut cobalah untuk menguninstal beberapa aplikasi dan game tidak penting atau anda juga bisa menghapus beberapa file yang tidak begitu penting untuk anda. Sehingga dapat memberi ruang pada memori Hp Oppo anda.

Kesalahan/Error yang terjadi pada Google Play Store memang ada banyak sekali jenisnya sehingga memerlukan cara yang berbeda pula untuk mengatasinya. Demikian informasi Cara Mengatasi Google Play Store Error di Hp Oppo. Semoga Bermanfaat!