Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Pengisian Baterai OPPO dengan Cepat, Khusus Bagi Pengguna ColorOS!

Sejak OPPO Find 7 dirilis, teknologi VOOC Rapid Charge semakin dikenal oleh pengguna Oppo di Indonesia. Banyak yang bertanya, bagaimana cara kerja teknologi tsb, yang katanya dapat bekerja 4x lebih cepat dalam hal pengisian baterai. Ternyata jawabannya, ialah Oppo tidak hanya meningkatkan adaptor, namun juga mampu mendesain ulang konsep pengisian daya dan arus listrik sehingga dari level 0 % ke level 90 % hanya butuh waktu sekitar 40 menit.

Baca Juga



Kemudian 10 % sisanya, akan diisi secara perlahan-lahan, memberikan jedah waktu dan pengereman secara bertahap untuk menjamin keamanan. Ini juga merupakan solusi yang lebih terkendali dibandingkan dengan meningkatkan tegangan listrik, selain itu pula Oppo mendesain ulang sirkuitnya seperti kabel data 7 pin, sel baterai 8 port, dan smart adapter. Chip MCU akan menentukan tegangan arus listrik yang disalurkan ke USB apakah sudah aman untuk mengaktifkan pengisian cepat. Selain itu juga ada proteksi tambahan pemutus tegangan untuk menjamin keamanan sepenuhnya. Jika terjadi kondisi abnormal pada tegangan, pengisian daya akan langsung dihentikan.



Ini untuk mengantisipasi agar kasus overload yang menyebabkan port hangus, baterai kembung atau terbakar. Selain itu, chip MCU juga dapat menggantikan pengendali tegangan listrik pada charger konvensional. Pengendali tegangan listrik ini dapat menyebabkan baterai cepat panas saat charging. Namun dengan VOOC Rapid Charge hal ini tidak akan pernah terjadi.Anda juga tidak perlu khawatir baterai cepat habis karena VOOC Rapid Charge menggunakan sel baterai rakitan khusus. Pengisian cepat tidak akan berpengaruh pada pelepasan daya baterai. Siklus umur baterai juga sama dengan umur baterai smartphone biasa.

Baca Juga

Bisa dibilang indeks keamanan VOOC Rapid Charge setara dengan tingkat keamanan charging perangkat ruang angkasa DPM (Defect Per Million). Semuanya ini tidak dihasilkan dengan mudah dan murah. OPPO menghabiskan waktu 3 tahun untuk proses riset dan pengembangan teknologi VOOC Rapid Charge.Biaya investasi untuk mengembangkan teknologi VOOC Rapid Charge cukup besar namun sangat layak dan pantas. OPPO berhasil menghasilkan teknologi charging terbaik dengan 16 hak paten teknikal baru yang akan mengubah gaya hidup Anda dalam menggunakan smartphone.

Tidak perlu khawatir dan bergantung pada power bank saat Anda lupa men-charge OPPO Find 7. Hanya butuh 30 menit, baterai Oppo anda akan terisi hingga 75% dan bisa bertahan menemani aktivitas Anda seharian. Sekarang waktunya beralih ke solusi charging pintar yang cepat dan aman bersama OPPO VOOC Rapid Charge. Nah, Tips dan trik pengisian cepat kali ini sebenarnya tidak hanya bisa dipraktekkan pada Oppo saja, ponsel yang mendukung ColorOS pun dapat menerapkannya. Berikut ini akan kita bagikan cara pengisian cepat, dengan metode ini akan meningkatkan efisiensi pengisian baterai hingga mencapai 30 %.

1. Pertama, di dalam colorOS dilengkapi fitur hemat baterai, untuk efisiensi pengisian baterai yang memungkinkan anda akan hemat hingga 15 %, dengan mengaktifkan modus hemat baterai. Dalam mode ini kita akan menonaktifkan animasi, mengurasi frekuensi CPU serta fitur putar layar, GPS, Wifi, Bluetooth serta jaringan data.
2. Gunakan charger asli bawaan dari pada saat pertama kali membeli ponsel tsb.
3. Gunakan aplikasi perangkat lunak untuk meningkatkan output ampere dari post USB, pastikan perangkat lunak tsb asli.
4. Gunakanlah konektivitas kabel dengan 2 port USB di saat yang sama, dengan demikian tingkat pengisian baterai ponsel anda akan meningkat secara signifikan. Selamat mempraktekkan!