Yang Harus Kamu Ketahui Tentang VOOC Rapid Charge pada HP OPPO, Info Selengkapnya Ada disini!




Banyak pengguna oppo Oppo R9s, Oppo R9s Plus, Oppo F1 Plus, Oppo Find 9, Oppo R7, Oppo R7 Lite, Oppo R7s, Oppo R7 Plus, Oppo N3, Oppo R5, Oppo Find 7, dan Oppo Find 7A yang menggunakan fitur VOOC Rapid Charge mengkhawatirkan charger dan keamanannya? Pengaruh terhadap usia baterainya? Jika tidak menggunakan fitur VOOC Charger, apakah akan mempengaruhi penggunaan baterai?.



Rapid Charge yang artinya meningkatkan arus listrik, secara teknis mungkin diumpamakan seperti ini, pada saat berkendara misalkan total kapasitas baterai yang tersedia ialah 1000 meter, 900 meter pertama dengan kecepatan penuh, dan 100 meter terakhir akan semakin perlahan dan memberikan ruang waktu untuk pengereman sehingga akan menjamin dari segi keamanannya. 100 meter terakhir dalam pengisian daya ini disebut dengan trickle charge, yang didesain untuk menghindari kelebihan pengisian daya dengan cara pengisian tidak akan dapat memberikan solusi lain untuk 100 meter terakhir. Untuk meningkatkan kecepatan 900 meter pertama, diharuskan untuk meningkatkan kemampuan pengisian baterai. Di pelajaran IPA mungkin kita pernah mendengar bahwa daya = tegangan x arus, jikalau kita meningkatkan tegangan listrik maka akan mengakibatkan banyak kerusakan di suhu ponsel, oleh karena itu VOOC mengubah polanya dengan meningkatkan arus listrik.





Charger yang softwarenya dapat diflash, untuk meningkatkan arus listrik di dalam pengisian daya, OPPO banyak menghabiskan waktu lebih kurang 1 tahun untuk mengembangkan konektor 7 pin dan titik sambungan baterai dari 4 dot menjadi 8 dot. Tidak hanya konektor, adapter juga telah dioptimalkan, namun semua ini memerlukan biaya produksi 5 kali lipat dari sistem charging biasa. Adapter ini dapat terintegrasi dalam satu chip MCU, dan chip ini dapat diflash softwarenya. Pada saat produksi berlangsung, softwarenya telah diflash, dengan demikian berarti dapat dilakukan pengontrolan secara otomatis. Tidak hanya pada saat produksi awal saja, namun dapat diupgrade juga softwarenya dari charger ini. Meskipun arus listriknya berbeda, namun cahrger ini dapat digunakan untuk ponsel lain, dan pada saat chip MCU mendeteksi ternyata bukan, maka akan menjadi charger biasa. Di adapter ini terdiri dari dua sistem perlindungan keamanan, dua sistem ini mendeteksi tegangan listrik dan arus listrik, jika ternyata melampaui batas maka akan ditampung secara otomatis dalam hal penyesuaian dan pemutusan arus listrik. Untuk mendukung arus listrik yang tinggi, di baterai hp oppo yang ditanam fitur VOOC Rapid Charge ini terdapat dua sistem perlindungan, di saat tegangan listrik dan arus listrik di luar kendali, maka akan dilakukan pemutusan listrik secara otomatis. VOOC memiliki 5 lapisan keamanan perlindungan profesional selain 4 sistem keamanan yang telah dijelaskan tadi, di body ponsel terdapat 1 lapisan perlindungan yakni sumbu keamanan, jika pada saat muncul kondisi tidak normal selama masa pengecasan, sumbu ini akan menghentikan pengisian daya baterai.

Baca Juga


Apakah fitur VOOC Rapid Charge dapat mempengaruhi usia baterai? Dalam tahap pengembangan, pasti akan ditemukan masalah penuaan baterai, oleh karena itu, kita akan cari vendor bersangkuta untuk dicarikan solusinya, dan pada akhirnya akan ditemukan penggunaan sel baterai yang dirancang secara khusus, sehingga mampu menahan arus listrik yang lebih besar dari Rapid Charge dan usia baterainya tidak berbeda dengan baterai biasa yang tidak menggunakan fitur ini. Teknologi VOOC Rapid Charge ini mirip dengan teknologi inovatif lainnya, setelah terbiasa maka akan susah menunggu waktu charging ponsel biasa, seperti contoh saat di bandara, jika ponsel tidak ada baterai maka akan mencari tempat untuk charging dan duduk di sebelahnya menunggu berjam-jam, namun jika menggunakan fitur VOOC Rapid Charge ini, pengecasan hanya berlangsung selama 15 menit dan dapat digunakan untuk menelpon selama 6 jam, dikarenakan charging 30 menit saja baterai telah terisi sebanyak 80 %. Tidak peduli pada saat meeting, atau dalam rangka dinas, asalkan mau meluangkan waktu sedikit saja, maka pengisian daya baterai dapat digunakan sepanjang hari. Terlebih lagi jika ponsel oppo tersebut baterainya dapat dilepas pasang, sehingga ada backup yang dapat digunakan untuk waktu yang cukup lama.