Deteksi Sedini Mungkin Potensi Kerusakan Pada HP OPPO Kamu dengan Cara Berikut Ini




Mendeteksi sedini mungkin hp oppo yang kamu punya terutama pada saat baru saja beli, hal itu perlu dilakukan karena terkadang penjual hp oppo tsb bisa saja melakukan hal-hal yang berpotensi merugikan konsumen yang awam, seperti mengganti casing hp oppo yang sudah lama dengan casing yang baru, sehingga potensi kerusakan di dalam komponen hp oppo tsb tidak dapat diketahui. Oleh sebab itu kami ingin membagikan cara cek potensi kerusakan hp oppo dengan alat deteksi melalui kode rahasia oppo dan AVOMeter. Kode rahasia oppo kita gunakan untuk cek komponen softwarenya sedangkan AVOMeter digunakan untuk cek komponen hardwarenya.Oke, kita bahas pertama kali dari mulai menggunakan Kode Rahasia Oppo untuk cek kerusakan pada hp oppo anda.

Baca Juga



Cara cek potensi kerusakan hp oppo menggunakan kode rahasia ini bukanlah sesuatu yang baru, banyak pengguna hp oppo menerapkannya untuk memperoleh informasi yang akurat untuk mendeteksi apakah hp opponya rusak atau tidak. Kode rahasia ini disebut dengan Engineer Mode, dengan cara ketik kode *#800# pada dial number hp oppo anda. Setelah kode engineer tadi diketik, maka akan muncul beberapa menu yang dapat anda jadikan indikator untuk cek komponen software yang berada di dalamnya. Seperti contoh audio, camera, driving current camera, cpu stress test, dcm, deep idle, dan dvfs. Silahkan anda pilih semua menu yang tampil sebagaimana yang muncul diatas untuk cek normalitas software yang ada di hp oppo anda. Untuk menguji menu-menu lain silahkan anda geser ke kiri atau ke kanan saja.


Sebagai tambahan wawasan saja bagi anda yang masih awam terhadap istilah istilah yang muncul pada menu diatas dapat membaca pengertiannya dibawah ini ;

Muncul tulisan RECEIVER, nah receiver itu merupakan komponen software yang mengatur bunyi pemberitahuan pada hp oppo anda. Saat pengecekan, dengarkan baik-baik bunyi yang muncul, apakah menurut anda masih enak untuk didengar/dalam artian suaranya berisik, jika masih enak di dengar berarti masih bagus.

Berikutnya ada BLUETOOTH, komponen ini pasti sering anda dengar, komponen software yang ada di dalam hp ini biasa digunakan untuk mengirim file berupa foto, musik, video, dll. Komponen ini dapat kamu cek bisa melalui engineer mode atau melakukan pengetesan dengan sesama pengguna hp yang memiliki bluetoothnya, coba lakukan pengetesan dengan cara saling kirim file. Berikutnya FM, fm merupakan komponen hp yang berfungsi sebagai pemancar gelombang radio dan penangkap gelombang radio, coba kamu cek apakah kamu masih bisa mendengarkan suara musik dan suara penyiar favorit kamu dengan enak saat sedang memutar radio?.

Baca Juga


Selanjutnya ada CAMERA, pada fitur ini yang akan diuji ialah menu yang digunakan untuk mengakses kameranya, lakukan pengecekan ke semua menu kamera yang ada ya. Satu lagi namanya SIM CARD, komponen ini di cek soal apakah masih bisa mendeteksi kartu sim atau tidak dan apakan masih bisa menangkap sinyal/jaringan/koneksi yang berada di area tempat tinggal kamu. VIBRATION, komponen ini perlu dicek untuk melihat seberapa baikkah hp anda saat sedang bergetar, bergetar saat menerima panggilan, sms, atau saat sedang bermain game. Berikutnya SPEAKER, komponen ini dicek melalui seberapa baik suara yang dimunculkan apakah jernih atau tidak, apakah normal atau tidak?.

Ada satu lagi HEADSET, yang diuji ialah suara pada headsetnya, apakah masih bagus atau tidak. Jika masih jernih dan tidak memekakkan telinga, ternyata masih bisa dikatakan layak. BATTERY, menu ini digunakan untuk cek sehat atau tidak baterai hp oppo anda, keakuratannya agak kurang jika anda melihat dari menu ini, coba anda perhatikan juga dari fisik baterainya. WIFI, lakukan pengetesan saat sedang melakukan pencarian sinyal Wifi di sekitar anda. LCD, perhatikan kontras warna dan cahaya pada layar. GPS, cara pengecekannya dengan cara melakukan pengujian terhadap keakuratan posisi anda dan posisi seseorang selain anda saat sedang menelusuri peta gps. Setelah semua komponen software diatas dilakukan pengecekan ternyata hasilnya baik, anda dapat lakukan pengetesan komponen hardwarenya sekarang.



Melakukan pengecekan komponen hardware hp oppo nya kali ini menggunakan alat yang dinamakan AVOMeter/Multitester. AVOMeter/Multitester merupakan alat yang biasa digunakan untuk mengukur tegangan listrik, arus listrik, dan hambatan pada listrik. Kerapkali digunakan untuk pada alat-alat elektronik rumah tangga seperti tv, kulkas, hp, kipas, dll. Dengan menggunakan alat ini, anda dapat terbantu untuk mengetahui potensi kerusakan pada sebuah alat elektronik termasuk hp. Trik untuk cek kerusakan hp oppo ini dapat digunakan pada hp oppo yang rusak gara-gara kemasukan air, mati total karena cas terlalu lama atau baterai habis, mati total gara-gara terjatuh atau terbentur, atau mati total secara tiba-tiba karena komponen software di dalamnya, dll.


Berikut ini cara menggunakan AVOMeter untuk cek kerusakan hp oppo karena mati total, ikuti langkah-langkahnya dengan tertib ; (Pengetesan dilakukan pada baterai)
  1. Pada alat AVOMeter, set ke 10 volt, kemudian hubungkan kutub positif pada avometer dengan kutub positif pada baterai.
  2. Coba perhatikan standar voltage baterai hp oppo anda, voltagenya harus menunjukkan angka 3,7 volt.
  3. Jika ternyata voltagenya kurang dari angka 3,7 volt, anda wajib harus menggunakan power supply untuk memberikan kejutan listrik terhadap komponen baterai tsb. Setelah selesai coba hidupkan kembali hp opponya. 

Selanjutnya cara menggunakan AVOMeter untuk cek kerusakan komponen konektor hp oppo karena mati total, ikuti langkah-langkahnya dengan tertib ; (Pengetesan dilakukan pada baterai)
  1. Lakukan set pada Ohm-Meter X1, kemudian hubungkan kabel warna merah (+) di Avometer ke konektor baterai kutub positif (+) dan hubungkan kabel warna hitam (-) di Avometer ke konektor kutub negatif (-).
  2. Coba perhatikan gerakan pada jarum Avometer, pastikan jarumnya bergerak naik, jika jarumnya diam artinya terdapat kerusakan di jalur Vbatt.
  3. Lakukan pengecekan lagi dengan cara balik, kabel warna merah (+) di Avometer ke konektor baterai negatif (-) dan kabel warna hitam (-) di Avomter ke konektor baterai positif (+).
  4. Sekarang coba perhatikan Avometernya sekali lagi, pastikan jarumnya tidak bergerak/diam. Jika jarumnya bergerak naik tinggi berarti komponen hp oppo anda mengalami korslet, lakukan pengecekan menggunakan power supply lagi.

Baca Juga

Demikian cara cek kerusakan hp oppo secara lengkap. Lakukan pengetesan diatas saat anda membeli hp oppo bekas/second saja. Jadi anda dapat mengetahui potensi kerusakan komponen di dalamnya dan bisa mencegah hal-hal yang akan terjadi sebelum benar-benar mati total. Cara cek kerusakan ini dapat pula dipraktekkan ke semua varian hp oppo lain seperti Oppo F5, Oppo F5 Plus, Oppo F5 Youth, Oppo F3, Oppo F3 Plus, Oppo F3s, OPPO F1s, OPPO F1 Plus FCB Edition, Oppo F1 Plus, Oppo F1, Oppo R7s, Oppo Neo 7, Oppo R7 Lite, Oppo Mirror 5, Oppo Joy 3, Oppo R7 Plus, Oppo R7, Oppo Neo 5, Oppo Joy Plus, Oppo R1x, Oppo U3, OPPO Mirror 3, Oppo N3, Oppo R1S, Oppo R5, Oppo N1 mini, Oppo Find 7, Oppo Find 7a, Oppo Joy R1001, Oppo YoYo R2001, Oppo Neo 3 R831K, Oppo R1 R829T, Oppo N1, Oppo Find Way S, Oppo Find 5 Mini R827, Oppo Find Way U7015, Oppo Find Piano R8113, Oppo Find 5, Oppo Find 5 Midnight, Oppo Find Muse R821, Oppo Find Mirror R819, dan Oppo Find Clover R815. Selamat Mencoba!