Inikah Cara Mudah Memindahkan Aplikasi ke SD Card di HP OPPO Tanpa Root




Setelah akhirnya ekspansi penjualan smartphone besutannya di Indonesia, Oppo semakin memantapkan peringkat penjualannya di Indonesia pada Quartal ke 3 di tahun 2017 ini. Smartphone yang berslogan Selfie Expert tsb merupakan smartphone yang paling diminati oleh masyarakata Indonesia, smartphone ini mampu masuk ke lini kultur budaya dan kebiasaan masyarakat Indonesia, mengingat dikarenakan smartphone ini memiliki resolusi yang besar di kamera depannya yang dapat memanjakan penggunanya dengan hasil foto selfie yang bagus dan menarik.

Baca Juga


Saat ini Oppo telah merilis smartphone terbarunya di Indonesia yang diberi nama Oppo F5, dengan spek layar penuh selebar 6 Inci dan resolusi Full HD 2160x1080 pixel, berteknologi LTPS IPS, serta dilindungi oleh kaca anti gores Cornning Gorila Glass yang beraspek ratio 18:9 yang memenuhi tampilan layar depan smartphone ini. Bagi sebagian penggunanya, ada yang masih saja kebingungan tentang bagaimana cara memindahkan aplikasi dari Internal Storage ke Micro SD meskipun tanpa root. Untuk itu, kita bagikan tutorialnya dibawah ini; Tutorial ini dapat dipraktekkan di semua produk Hp Oppo seperti Oppo F5, Oppo F5 Plus, Oppo F5 Youth, Oppo F3, Oppo F3 Plus, Oppo F3s, OPPO F1s, OPPO F1 Plus FCB Edition, Oppo F1 Plus, Oppo F1, Oppo R7s, Oppo Neo 7, Oppo R7 Lite, Oppo Mirror 5, Oppo Joy 3, Oppo R7 Plus, Oppo R7, Oppo Neo 5, Oppo Joy Plus, Oppo R1x, Oppo U3, OPPO Mirror 3, Oppo N3, Oppo R1S, Oppo R5, Oppo N1 mini, Oppo Find 7, Oppo Find 7a, Oppo Joy R1001, Oppo YoYo R2001, Oppo Neo 3 R831K, Oppo R1 R829T, Oppo N1, Oppo Find Way S, Oppo Find 5 Mini R827, Oppo Find Way U7015, Oppo Find Piano R8113, Oppo Find 5, Oppo Find 5 Midnight, Oppo Find Muse R821, Oppo Find Mirror R819, dan Oppo Find Clover R815





Cara Memindahkan Aplikasi ke MicroSD HP OPPO

Ada dua metode tutorial yang dapat anda lakukan untuk memindahkannya, yakni membuat setiap aplikasi langsung terinstal ke Micro SD secara otomatis serta memindahkan semua aplikasi yang sudah terinstal saat ini secara manual.

Cara Agar Aplikasi Otomatis Terinstal di MicroSD

1. Pertama, masuk ke Menu atau Aplikasi Setting di Smartphone Oppo

2. Pilih Storage/Penyimpanan

3. Di halaman Storage/Penyimpanan, pilih Preferred Install Location/Lokasi Pemasangan yang Disukai

4. Nanti akan muncul kotak dialog yang menampilkan pilihan tempat penyimpanan, nah disini anda pilih SD Card/Kartu SD

5. Jika berhasil terapkan fitur ini, maka aplikasi yang dapat diinstal akan langsung di pindahkan ke penyimpanan eksternal MicroSD


Cara Memindahkan Aplikasi yang sudah Terinstal ke Micro SD

1. Pertama, anda buka Menu atau Aplikasi Settings/Setelan di Smartphone Oppo

2. Pilih Application Manager/Kelola Aplikasi

3. Di halaman Application Manager/Kelola Aplikasi, anda dapat memilih Tab Installed/Diinstal dan langsung dapat mencari aplikasi yang akan dipindahkan, contohnya Facebook.

4. Berikutnya, nanti akan muncul tampilan App Info dan anda dapat pilih tombol Move to SD/Pindah ke SD Card

Baca Juga


Sebagai catatan, anda harus memastikan bahwa Micro SD masih memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang cukup besar agar tidak muncul pesan error/ruang penyimpanan hampir habis. Namun salah satu kelemahan aplikasi pindah ke Micro SD ini merupakan proses yang sedikit agak lambat dibaca oleh sistem dibandingkan dengan aplikasi yang dapat tersimpan di Internal Storage.
Bahkan jika anda melakukan restart pada Smartphone Oppo anda, maka saat dinyalakan kembali dan masuk ke Homescreen maka aplikasi yang dapat dipindahkan ke MicroSD maka akan mengalami loading yang lama karena memang kecepatan MicroSD kalah jauh dibandingkan Internal Storage Oppo. Selamat Mencoba!