Lacak HP OPPO Kamu yang Hilang dengan Cara Ini, 100% Berhasil!




Ternyata tidak hanya iPhone dan Samsung saja yang memiliki fitur pencarian perangkat yang hilang, sebenarnya semua perangkat Hp wajib memiliki fitur ini, dengan Fitur Find My Devices dari Google. Kehilangan barang kerapkali terjadi bagi manusia, karena manusia tempatnya salah dan lupa. Apalagi jika yang hilang, adalah barang-barang berharga yang susah payah kita untuk mendapatkannya, dan dapat menyita banyak waktu untuk melakukan pencarian terutama lagi jika hal tsb terjadi pada Hp kita. Oleh karena itu, jauh-jauh hari sebelum kemalangan menimpa diri kita kita harus persiapan sebuah cara untuk bisa menemukannya atau melacak barang tersebut.

Baca Juga




Perangkat hp/smartphone yang merupakan barang yang memiliki mobilitas tinggi, tidak pernah luput dari kehilangan. Apalagi perangkat smartphone yang memiliki nilai jual tinggi pasti akan ada banyak orang yang berniat jahat untuk mengincarnya. Untuk itu demi mengantisipasi hal tersebut, beberapa developer aplikasi software mulai mengembangkan sebuah layanan atau fitur yang dapat dimanfaatkan untuk melacak dan mencari ponsel yang hilang, fitur ini dapat berfungsi untuk semua produk seluler salah satu diantaranya ialah Oppo. Fitur ini juga secara khusus hadir di semua perangkat seluler Oppo yakni Oppo F5, Oppo F5 Plus, Oppo F5 Youth, Oppo F3, Oppo F3 Plus, Oppo F3s, OPPO F1s, OPPO F1 Plus FCB Edition, Oppo F1 Plus, Oppo F1, Oppo R7s, Oppo Neo 7, Oppo R7 Lite, Oppo Mirror 5, Oppo Joy 3, Oppo R7 Plus, Oppo R7, Oppo Neo 5, Oppo Joy Plus, Oppo R1x, Oppo U3, OPPO Mirror 3, Oppo N3, Oppo R1S, Oppo R5, Oppo N1 mini, Oppo Find 7, Oppo Find 7a, Oppo Joy R1001, Oppo YoYo R2001, Oppo Neo 3 R831K, Oppo R1 R829T, Oppo N1, Oppo Find Way S, Oppo Find 5 Mini R827, Oppo Find Way U7015, Oppo Find Piano R8113, Oppo Find 5, Oppo Find 5 Midnight, Oppo Find Muse R821, Oppo Find Mirror R819, dan Oppo Find Clover R815.


Bagi pengguna Oppo, mereka secara khusus dapat mengaktifkan Fitur Pelacak Ponsel yang disebut dengan NearMe Find Phone yang dapat diakses melalui layanan OCloud. Pengguna perangkat Oppo dapat mengaktifkan Fitur Pelacak Ponsel NearMe Find ini pada saat pengguna ponsel Oppo membuka akun ID OCloud mereka. Namun sangat disayangkan, pada versi ke 2 ColorOS diatasnya, Fitur Pelacak Ponsel NearMe Find sudah tidak dapat ditemukan lagi di aplikasi OCloud. Sebagai alternatifnya, pengguna ponsel Oppo dapat mengaktifkan Fitur Pelacak Ponsel lain yang bernama Find My Device yang dapat anda gunakan di semua perangkat Oppo anda.




Cara Mengaktifkan Fitur Pelacak Ponsel Oppo

Jika anda memiliki Akun Google dan telah menambahkan Akun tsb di ponsel Oppo, maka secara otomatis Fitur Pelacak Ponsel Oppo Find My Device langsung aktif. Namun, ada beberapa pengaturan yang perlu diaktifkan oleh pengguna ponsel Oppo. Berikut ini cara mengaktifkan pengaturan tsb ;
  1. Buka Menu Google Settings, di Android Versi Terbaru pengaturan ini akan masuk ke dalam Menu Setting.
  2. Cari Opsi Security dan pilih opsi tersebut.
  3. Kemudian klik Remote Locate This Device dan Allow Remote Lock and Erase Slider ke ON, atau klik Find My Devices dan tombol slider ke ON pada sistem operasi terbaru. 

Cara Melacak Ponsel Oppo yang Hilang
  1. Jika Fitur Pelacak Ponsel Find My Device telah diaktifkan, sekarang pengguna Oppo dapat melacak lokasi ponselnya melalui Find My Device. Namun, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan sebelum mengaktifkan fitur ini, diantaranya harus terkoneksi internet dan fitur lokasi dalam keadaan hidup.
  2. Buka Find My Device di Browser atau anda dapat instal aplikasinya disini.
  3. Input User ID Akun Google yang anda gunakan di ponsel Oppo anda yang hilang.
  4. Pengguna Oppo dapat melihat peta untuk menemukan titik lokasi dimana ponsel Oppo anda berada.
  5. Pengguna pun dapat memanfaatkan fitur Play Sound untuk memutar suara selama 5 menit, jika Ponsel Oppo sedang berada disekitarnya.
  6. Pengguna dapat pula menggunakan Fitur Lock untuk mengunci perangkat dan menampilkan informasi di layar lockscreen agar menghimbau orang lain yang menemukan ponsel tsb agar mengembalikannya.
  7. Pengguna juga dapat memilih fitur Erase untuk menghapus secara permanen informasi dan data-data di dalam ponsel Oppo agar tidak dapat diakses secara bebas oleh orang lain yang kuat dugaan mencuri ponsel tsb.

Baca Juga

Demikian cara mengaktifkan alat pelacak untuk melacak keberadaan ponsel Oppo yang hilang, oleh karena itu mulai saat ini segera aktifkan Fitur Find My Device sebagai bentuk antisipasi jikalau ponsel Oppo anda dicuri dan tertinggal di suatu tempat.