OPPO F5 Vs Apple iPhone 6, Smartphone Mana yang Lebih Bertenaga?




Ada yang mengatakan, semakin hari produk besutan Oppo semakin hampir menyerupai iPhone, bahkan khusus untuk Oppo F5 memiliki desain yang mirip dengan iPhone. Seperti yang telah kita ketahui bersama, Oppo F5 telah diluncurkan secara resmi di Indonesia dengan membawa spek desain layar penuh di bagian depannya serta kamera selfie 20 MP dengan dioptimalkan kecerdasan buatan atau disebut dengan Artificial Intelligence (AI).


Spek hardware yang ditawarkan oleh Oppo F5 masih cukup bertenaga, namun masih ada yang penasaran dengan perbandingan yang dimiliki antara Oppo F5 dan iPhone 6. Meskipun telah dirilis lebih dulu di tahun 2014 yang lalu, iPhone 6 juga masih memiliki performa yang luar biasa. Hal ini terlihat dari skor yang dimiliki oleh Apple iPhone 6 sendiri yang mampu mencapai 79.100 poin, lebih tinggi dari poin yang telah diraih oleh Oppo F5 dengan skor 78.847. Namun, Oppo F5 tetap membanggakan dengan poin sebesar itu, dapat ia raih meskipun baru saja dirilis beberapa waktu yang lalu.



Ada hal yang cukup menarik, dikarenakan spesifikasi hardware milik Apple iPhone 6 lebih rendah ketimbang Oppo F5, sistem operasi dan aplikasinya merupakan kuncu agar smartphone tetap berjalan dengan optimal. Untuk itu, bagi pengguna kedua smartphone ini yang ingin melihat perbedaan spek diantara Oppo F5 dan Apple iPhone 6 dapat menyimak penjelasa dibawah ini.
Perbedaan antara OPPO F5 dan Apple iPhone 6

Oppo F5 telah disematkan layar berukuran 6 inci beresolusi Full HD+ (2160x1080 pixel), beraspek rasio 18:9 serta berteknologi IPS yang memenuhi bagian depannya. Sedangkan Apple iPhone 6 telah dilengkapi dengan layar 4,7 Inci beresolusi 1334x750 pixel berteknologi IPS dan juga dilindungi dengan kaca oleophobic (Sejenis pelindung kaca yang melindungi dari oil atau minyak sehingga tidak mudah menempel/kotor akibat bekas sidik jari). Dapat dibandingkan bahwa desain layar Oppo F5 lebih baik daripada iPhone 6.

Baca Juga


Dari sisi hardware, Oppo F5 dilengkapi dengan Chipset Mediatek MT6763T Helio P23 Octa Core berkecepatan 2,5 Ghz, RAM 4 GB dan 6 GB, serta Internal Storage sebesar 32 GB atau 64 GB yang dapat ditambahkan dengan MicroSD. Kemudian sementara itu, Apple iPhone 6 dibekali dengan Chipset Apple A8 Dual Core yang memiliki kecepatan 1,4 Ghz, RAM 1 GB, dan Internal Storage 32 GB dan 64 GB, atau 128 GB jika dipasang MicroSD juga. Dapat dilihat bahwa iPhone 6 memiliki spek hardware yang lebih rendah, namun performa iPhone 6 ternyata lebih tinggi daripada Oppo F5.
Dari sisi baterai sekarang, Oppo F5 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3200 mAh dan Apple iPhone 6 yang hanya dibekali baterai berkapasitas 1810 mAh, dapat dilihat dari kapasitas baterainya bahwa Oppo F5 memiliki daya tahan baterai lebih baik daripada iPhone 6.

Kemudian dilihat dari sisi fitur kamera, Oppo F5 memiliki kamera depan beresolusi 20 MP dengan kecerdasan buatan dan kamera belakang yang beresolusi 16 MP. Sementara itu jika dibandingkan dengan Apple iPhone 6 yang memiliki kamera depan beresolusi 1,2 MP sedangkan kamera belakang hanya 8 MP. Dapat dilihat kamera Oppo F5 lebih baik dibandingkan iPhone 6.

Fitur lainnya yang dapat dibeberkan, Oppo F5 telah dibekali Port MicroUSB 2.0, Wifi, Bluetooth, Sensor Fingerprint, dan Facial unlock. Sementara itu Apple iPhone 6 dilengkapi dengan Port Lightning, Wifi, dan Bluetooth, serta NFC (Khusus untuk pembayaran Apple Pay). Keduanya sama-sama didukung dengan jangkauan jaringan 4G LTE.

Kemudian dari segi harga, Oppo F5 saat ini dibanderol dengan harga resmi di Indonesia mencapai Rp 3.999.000 untuk varian RAM 4 GB plus Internal Storage 32 GB sedangkan RAM 6 GB dibanderol dengan harga Rp 5.199.000 plus Internal Storage 64 GB. Sedangkan Apple iPhone 6 dapat dibanderol dengan harga mulai dari Rp 3.150.000.

Kesimpulan akhir, dapat dilihat bahwa dari segi kamera, kamera belakang, dan fitur lain yang dimiliki Oppo F5 telah menjadi juara, namun jika melihat dari performa dan harga lebih murah maka Apple iPhone 6 dapat dijadikan pilihan.

Baca Juga


Demikian, ulasan singkat mengenai perbedaan spesifikasi Oppo F5 dan iPhone 6 dengan harapan agar calon pembeli kedua smartphone tersebut dapat menjatuhkan pilihan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhannya sehari-hari.