OPPO F5 Vs Xiaomi Mi 6, Manakah Smartphone Pemilik RAM 6 GB Terbaik?




Keberhasilan Oppo meraih peringkat kedua dalam hal pemasaran selular di wilayah Indonesia baik secara online maupun offline, baru-baru ini saja Oppo telah meluncurkan senjata terbarunya yang dinamakan Oppo F5. Oppo telah melakukan peningkatan kapasitas fitur kamera selfienya.


Selanjutnya ada banyak pengguna yang selalu menanyakan mengenai perbandingan dan perbedaan antara Oppo F5 dan Xiaomi Mi 6. Seperti yang kita ketahui bahwa Mi 6 merupakan smartphone flagship dari Xiaomi yang memiliki spek hardware dan software serta fitur dual kamera yang mumpuni. Bagi pengguna kedua smartphone yang penasaran mengenai perbandingan dan perbedaan diantara keduanya dapat melihat informasi berikut ini.

Perbedaan antara OPPO F5 dan Xiaomi Mi 6

Oppo F5 dibekali dengan layar selebar 6 Inci beresolusi Full HD+ (2160x1080 pixel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi tampilan depannya. Sementara itu Xiaomi Mi 6 dilengkapi pula bentangan layar selebar 5,15 Inci beresolusi Full HD+ (1920x1080 pixel) berteknologi IPS dan dilindungi kaca anti gores Cornning Gorilla Glass 4.

Baca Juga


Dilihat dari sisi kamera depan, Oppo F5 memiliki kamera depan beresolusi 20 MP dengan kecerdasan buatan dan kamera beresolusi 16 MP, sedangkan Xiaomi memiliki fitur kamera depan beresolusi 8 MP dan dua kamera belakang beresolusi 12 MP, dapat dibilang bahwa kamera depan Oppo F5 jauh lebih unggul dibandingkan dua kamera Mi 6 yang masih belum mumpuni.



Sementara itu dari sisi hardware Oppo F5 telah memiliki Chipset Mediatek MT6763T Hello P23 Octa Core berkecepatan 2,5 Ghz dengan varian 4 GB dan 6 GB serta Internal Storage 32 GB dan 64 GB, lalu jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi 6 memiliki Chipset Qualcomm Snapdragon 835 Octa Core, dan RAM dengan pilihan RAM 4 GB dan 6 GB serta Internal Storage yang dapat mencapai 128 GB.

Dilihat dari sudut baterai, Oppo F5 memiliki baterai berkapasitas 3200 mAh dan Xiaomi Mi 6 yang berkapasitas 3350 mAh, dapat dibandingkan bahwa Xiaomi Mi 6 memiliki kapasitas baterai yang lebih besar daripada Oppo F5.

Untuk fitur lainnya, keduanya sama-sama telah dilengkapi dukungan dual SIM yang sama-sama dapat menjangkau jaringan 4G LTE, Wifi, Bluetooth, Sensor Fingerprint, serta Sistem Operasi Android Nougat. Namun disisi lain, Xiaomi Mi 6 memiliki Port USB Type C, Memiliki Sensor Inframerah dan NFC. Sementara itu, Oppo F5 telah memiliki kemampuan Facial Unlock.

Dari sisi harga jual, Oppo F5 saat ini dijual secara resmi di Indonesia mencapai harga Rp 3.999.000 untuk varian RAM 4 GB dan Rp 5.199.000 untuk varian RAM 6 GB. Sedangkan harga jual Xiaomi Mi 6 saat ini meskipun belum secara resmi masuk ke dalam pasar selular Indonesia, diprediksi berkisar harga Rp 4,720.000 untuk RAM 4 GB dan Rp 5,6 Jutaan untuk varian RAM 6 GB + Internal Storage 64 GB.

Dapat dilihat dari sisi spesifikasi hardware dan performa, kamera utama, serta fitur pada Xiaomi Mi 6 dapat diandalkan, namun dari segi harga jual, fitur kamera depan, serta peredaran resminya di Indonesia Oppo F5 menjadi pilihan utama pengguna di wil Indonesia.

Baca Juga


Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai perbedaan dan perbandingan spek Oppo F5 dan Xiaomi Mi 6 yang ternyata sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan, hal ini hanya sebagai referensi bagi calon pembelinya saja, bukan sebagai pembanding yang saling menjatuhkan. Semoga bermanfaat!