OPPO R1X Vs Vivo V7 : Dari Perbedaan Spesifikasi hingga Harga Terbaru, Mana yang akan Kamu Pilih?




Beberapa waktu yang lalu, Oppo merilis smartphone terbarunya yakni Oppo R1X yang mampu menjadi penerus Oppo R1 dan memiliki balutan casing seperti berlian. Desain berlian ini memiliki teknik dan material khusus. Kehebohan semenjak hadirnya smartphone berbalut berlian ini juga diiringi dengan kemunculan sosok pesaing berat dari Oppo yakni Vivo V7. Setelah iklan dari Vivo V7+ yang gentayangan di 9 televisi swasta kini generasi V7 hadir kembali dengan menawarkan fitur kamera 24 MP yang mampu menghasilkan kualitas foto yang jernih.

Konon kabarnya, bagi anda yang hobi bermain Mobile Legend, Vivo V7 menjual Skin Ekslusif Vivo Selfie Goddess yang bisa digunakan pada karakter Eudora, selain itu pula anda berkesempatan untuk mendapatkan casing pelindung dan lapisan anti gores layar yang terpasang langsung di dalam paket penjualannya. Berkat kelebihan yang ditawarkan keduanya, banyak pengguna yang menjadi bingung mau pilih yang mana sehingga mereka memerlukan informasi lebih akurat lagi dari mulai spesifikasi hingga harga yang ditawarkan oleh Oppo R1X dan Vivo V7. Berikut ini penjelasan mengenai Perbedaan dan Perbandingan antara keduanya!

Baca Juga



Perbedaan antara OPPO R1X dan VIVO V7

Mengenai fitur kamera, Oppo R1X memiliki Kamera Depan beresolusi 5MP dan Kamera Belakang beresolusi 13MP dilengkapi pula dengan Autofocus dan LED Flash serta penambahan kecerdasan buatan berupa Face/Smile Detection mampu menjadikan hasil foto lebih maksimal ketajamannya. Sementara itu Vivo V7 memiliki Kamera depan beresolusi 24 MP dan kamera belakang 16MP, tidak lupa LED Flash dan Phase Detection Autofocus yang akan menjadikan foto selfie semakin sempurna. Dapat dibandingkan dari fitur kamera, bahwa Vivo V7 lebih unggul dari Oppo R1X dari segi resolusi kamera yang ditawarkan sedangkan Oppo R1X memiliki fitur kamera yang dapat dijadikan Video juga selain untuk foto, sedangkan Vivo V7 tidak bisa.

Bila membahas soal Baterai, Oppo R1X memiliki kapasitas baterai sebesar 2420 mAh berjenis Li-Po sementara itu Vivo V7 memiliki kapasitas baterai sebesar 3000 mAh berjenis Li-Ion. Dapat dilihat perbandingan dari besaran kapasitas baterai, ternyata Vivo V7 lagi-lagi unggul.

Soal layar yang diusung oleh keduanya, Oppo R1X memiliki kualitas layar IPS LCD Capacitive Touchscreen sebesar 5,0 Inchi dengan kerapatan pixel 294 ppi namun tidak support fitur Multitouch, sementara itu Vivo V7 memiliki kualitas layar IPS LCD Capacitive Touchscreen sebesar 5,7 Inchi dengan kerapatan pixel 282 ppi dan support multitouch. Dari segi layar yang diusung keduanya sama-sama memiliki kekurangan, Oppo R1x tidak support multitouch sementara itu Vivo V7 memiliki kerapatan pixel yang lebih kecil pada layar.

Dan mengenai Spesifikasi Hardware, Oppo R1X dibekali Processor Quad Core 1,7 Ghz ARM Cortex-A53 dan Chipset GPU Adreno 405 disokong pula dengan RAM 2GB serta tak ketinggalan pula dilengkapi kapasitas memori internal sebesar 16GB dan dapat diperbesar dengan MicroSD hingga 128 GB, sementara itu Vivo V7 dibekali Processor Octa Core 1,8 Ghz ARM Cortex A53, Chipset Qualcomm Snapdragon 450 disokong pula dengan RAM 4GB serta memiliki kapasitas memori internal 32 GB dan dapat diperbesar kembali menggunakan MicroSD hingga 256 GB. Dari perbandingan spesifikasi hardware pada Processor, Kapasitas RAM, serta Memori Internal Vivo V7 dapat menjadi pertimbangan.




Perbandingan antara OPPO R1X Vs VIVO V7


Fitur lain yang ditawarkan oleh kedua smartphone, jika Oppo R1X memiliki OS Android masih di dengan Versi Kitkat, Support Dual SIM Stand By dengan berat 130 Gram, port microUSB, Bluetooth, WiFi, dan FM Radio yang menjadi fitur bawaan dari sebuah smartphone android. Sementara itu Vivo V7 memiliki OS Android yang telah up to date yakni OS Android Nougat, Support Dual SIM Stand By juga dengan berat 139 Gram, port microUSB, Bluetooth, WiFi, dan FM Radio masih tetap ada di dalamnya sama halnya Oppo R1X namun R1X tidak memiliki fitur khusus berupa fingerprint yang hanya ada di Vivo V7.

Berikutnya soal harga, Oppo R1X dengan harga terbarunya saat ini berkisar di angka Rp 2,2 Jutaan dan harga bekas sebesar Rp 1,5 jutaan sedangkan Vivo V7 dengan harga terbarunya saat ini berkisar di angka Rp 3,4 Jutaan dan harga bekas sebesar Rp 2,8 Jutaan.

Dapat disimpulkan diantara keduanya, bahwa jika di lihat dari perbedaan diatas, Oppo R1X memang kalah jauh dari soal spesifikasi hardware, fitur kamera, RAM, Memori Internal, serta OS Androidnya namun hal tersebut memang sepadan dengan harganya yang lebih murah. Berbeda dengan Vivo V7 dengan harga segitu dan spesifikasi yang ditawarkan cukup sepadan.

Baca Juga


Jadi kamu pilih yang mana? Hakikatnya semua Smartphone sama, hanya saja sesuaikan dengan kebutuhanmu dan anggaran yang kamu punya.  Agar pemakaian dapat awet!