Cara Buat Foto Bokeh di Kamera OPPO Ternyata Segampang Ini? Simak Tipsnya di Sini




Perbedaan yang mencolok diantara indera penglihatan mata kita dan lensa kamera ialah bahwa indera penglihatan mata memiliki depth of field (DOF) yang hampir tanpa batas, sementara lensa kamera terbatas.

Baca Juga




Ini menunjukkan bahwa bidang fokus lensa tidaklah seluas mata, dan fotografer kondang terdahulu pun akhirnya memutuskan untuk memanfaatkan kelemahan ini sebagai senjata, sehingga lahirlah istilah yang disebut dengan BOKEH. Bokeh berasal dari bahasa jepang artinya menjadi kabur.


Foto bokeh memiliki karakteristik foto yang menonjolkan sebuah objek utama yang fokusnya menjadi sangat tajam sementara latar belakangnya menjadi sangat kabur, atau kalau di dalam bahasa inggris disebut dengan selective focussing. Nah, latar belakang yang menjadi kabur itulah yang disebut bokeh. Terkadang mata kita sendiri senang melihat foto dengan latar belakang yang kabur secara lembut, creamy, dan cantik.



Kemampuan sebuah lensa untuk menangkap objek foto sehingga menghasilkan foto bokeh akhirnya disematkan pada sebuah salah satu vendor ternama smartphone android, salah satunya Oppo. Oppo menerapkan efek bokeh di kamera depannya, efek bokeh ini tercipta dari teknologi 5x Dual Camera atau 5x Lossless Zoom yang mampu memperbesar objek foto hingga lima kali tanpa pengurangan intensitas cahaya. Jika diterapkan di kamera depan oppo, dengan digabungkan lensa wide angle dan lensa telephoto berstruktur periskop mampu diimplementasikan menjadi efek bokeh pada kamera oppo.


Struktur periskop yang selama ini diterapkan pada kamera professional DSLR pertama kali di godok untuk kamera oppo, dalam hal ini oppo menerapkan struktur mirip kapal teropong kapal selam di lensa telephotonya untuk menangkap ketajaman gambar dan menjadikan blur terhadap latar belakangnya.


Mungkin pertanyaan yang paling sering muncul di benak pengguna ponsel oppo yang awam soal bokeh, ialah gimana sih cara buat foto bokeh? atau foto bokeh saya kok masih kurang bagus? apa yang salah? Sebenarnya ada beberapa faktor penentu yang mempengaruhi kualitas foto bokeh yang kita hasilkan agar dapat kualitas hasil yang jempolan, berikut penjelasannya ;


1. Pergunakan Aperture Maksimal

Yang terpenting untuk menghasilkan foto bokeh dari lensa kamera, lakukan pengaturan setting aperture lensa pada bukaan yang maksimal, anda dapat melakukannya dengan menggunakan mode aperture priority dan mengubah nilai f ke dalam nilai terkecil dengan cara putar ring aperture berlawanan arah jarum jam.

Aperture ialah ukuran seberapa besar lensa terbuka saat sedang mengambil foto, disaat kita menekan tombol shutter, lubang di depan sensor kamera akan membuka dan setting aperture lah yang akan menentukan seberapa besar lubang ini terbuka, semakin besar terbuka, maka akan semakin banyak jumlah cahaya yang akan masuk terbaca oleh sensor.


2. Perpendek Jarak antara Kamera dengan Objek Foto

Saat menggunakan kamera oppo, aturlah jarak ke objek foto. Semakin dekat posisi objek foto dengan lensa kamera oppo maka akan semakin blur latar belakangnya, semakin dekat objek foto tsb akan membuat depth of field (DOPF) menyempit.

Coba saja anda lakukan hal berikut ini ; acungkan saja jari telunjuk anda di dekat gelas yang jauhnya kira-kira 60 cm di depan mata, fokuslah terhadap jari telunjuk, saat digerakkan jari telunjuk tadi akan semakin dekat dengan mata, maka gelas yang jauh dibelakangnya tadi akan semakin kabur bukan?


3. Berikan Jarak antara Objek Foto dengan Backgroundnya

Di saat anda memotret sebuah objek foto dan ingin menghasilkan foto bokeh yang bagus menggunakan kamera oppo, maka semakin jauh objek foto tadi dari backgroundnya, maka akan semakin bagus pula foto bokeh yang akan dihasilkan.


4. Manfaatkan Focal Length Terpanjang

Saat pemakaian lensa zoom, manfaatkan focal length terpanjang untuk memisahkan objek utama dengan backgroundnya, sebagai contoh misalnya saat anda menggunakan lensa 70-200 mm, set focal length di posisi 200 mm untuk menghasilkan foto bokeh yang bagus. Focal length merupakan jarak antara lensa dan bidang focal (sensor kamera digital atau film di kamera lama) dimana hasilan foto yang terbentuk.

Focal length menentukan seberapa lebar sudut pandang lensa. Semakin pendek panjang focal, maka akan semakin lebar sapuan pandangan, semakin panjang focal length maka akan semakin sempit sapuannya. Lesan dengan focal length pendek di dalam dunia fotografi disebut dengan lensa wide angle, fitur itulah yang saat ini dimiliki oleh lensa kamera oppo dan menjadi favorit para penggiat foto selfie.


5. Pilihlah Lensa Kamera Oppo dengan Kualitas Optik Terbaik

Kualitas foto bokeh sangat dipengaruhi oleh kualitas optik lensa yang digunakan, saat anda memiliki dua lensa yang focal length nya maksimal sama, misalkan lensa 18–20mm/f5.6 dan lensa 70–200mm/f2.8, karena kualitas optik lensa 70–200mm (biasanya) jauh lebih superior dibandingkan lensa 18–200mm (sehingga harganya juga berlipat-lipat lebih mahal).

Maka gunakan lensa 70–200mm tadi, dan sebisa mungkin pakailah di aperture f/2.8. Pastikan anda baca review mengenai lensa kamera oppo mana yang akan anda beli.


6. Gunakan Lensa Prime atau Fixed Lens

Semakin besar aperture maka akan semakin bagus pula foto bokehnya, jika anda pergunakan lensa prime atau prime lens atau fixed lens ialah lensa yang memiliki focal length tunggal alias lensa yang tidak dapat di zoom.

Lensa prime atau fixed lens mampu menghasilkan foto bokeh yang sangat bagus karena bukaan aperture yang sangat besar, tipikal lensa prime ialah 50mm f/1.4, 85mm f/1.4 atau varian murahnya 50mm f/1.8 dan 85mm f/1.8.


Nah, demikian cara menghasilkan foto bokeh yang keren dan dahsyat oleh kamera di hp oppo yang saat ini tengah naik daun dengan kemampuannya menghasilkan efek bokeh pada objek fotonya seperti Oppo A57, F1s, F3, F3 Plus dan F5.





Berikut ini pula kita sertakan contoh foto efek bokeh terbaik yang pernah dihasilkan oleh kamera Oppo diatas.

Foto Bokeh Kamera Oppo (1)

Foto Bokeh Kamera Oppo (2)

Foto Bokeh Kamera Oppo (3)

Foto Bokeh Kamera Oppo (4)

Baca Juga


Foto Bokeh Kamera Oppo (5)

Foto Bokeh Kamera Oppo (6)

Foto Bokeh Kamera Oppo (7)

Foto Bokeh Kamera Oppo (8)

Foto Bokeh Kamera Oppo (9)

Foto Bokeh Kamera Oppo (10)