Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Foto Bokeh di Kamera OPPO Ternyata Segampang Ini? Simak Tipsnya di Sini

Perbedaan yang mencolok diantara indera penglihatan mata kita dan lensa kamera ialah bahwa indera penglihatan mata memiliki depth of field (DOF) yang hampir tanpa batas, sementara lensa kamera terbatas.

Baca Juga




Ini menunjukkan bahwa bidang fokus lensa tidaklah seluas mata, dan fotografer kondang terdahulu pun akhirnya memutuskan untuk memanfaatkan kelemahan ini sebagai senjata, sehingga lahirlah istilah yang disebut dengan BOKEH. Bokeh berasal dari bahasa jepang artinya menjadi kabur.


Foto bokeh memiliki karakteristik foto yang menonjolkan sebuah objek utama yang fokusnya menjadi sangat tajam sementara latar belakangnya menjadi sangat kabur, atau kalau di dalam bahasa inggris disebut dengan selective focussing. Nah, latar belakang yang menjadi kabur itulah yang disebut bokeh. Terkadang mata kita sendiri senang melihat foto dengan latar belakang yang kabur secara lembut, creamy, dan cantik.



Kemampuan sebuah lensa untuk menangkap objek foto sehingga menghasilkan foto bokeh akhirnya disematkan pada sebuah salah satu vendor ternama smartphone android, salah satunya Oppo. Oppo menerapkan efek bokeh di kamera depannya, efek bokeh ini tercipta dari teknologi 5x Dual Camera atau 5x Lossless Zoom yang mampu memperbesar objek foto hingga lima kali tanpa pengurangan intensitas cahaya. Jika diterapkan di kamera depan oppo, dengan digabungkan lensa wide angle dan lensa telephoto berstruktur periskop mampu diimplementasikan menjadi efek bokeh pada kamera oppo.


Struktur periskop yang selama ini diterapkan pada kamera professional DSLR pertama kali di godok untuk kamera oppo, dalam hal ini oppo menerapkan struktur mirip kapal teropong kapal selam di lensa telephotonya untuk menangkap ketajaman gambar dan menjadikan blur terhadap latar belakangnya.


Mungkin pertanyaan yang paling sering muncul di benak pengguna ponsel oppo yang awam soal bokeh, ialah gimana sih cara buat foto bokeh? atau foto bokeh saya kok masih kurang bagus? apa yang salah? Sebenarnya ada beberapa faktor penentu yang mempengaruhi kualitas foto bokeh yang kita hasilkan agar dapat kualitas hasil yang jempolan, berikut penjelasannya ;


1. Pergunakan Aperture Maksimal

Yang terpenting untuk menghasilkan foto bokeh dari lensa kamera, lakukan pengaturan setting aperture lensa pada bukaan yang maksimal, anda dapat melakukannya dengan menggunakan mode aperture priority dan mengubah nilai f ke dalam nilai terkecil dengan cara putar ring aperture berlawanan arah jarum jam.

Aperture ialah ukuran seberapa besar lensa terbuka saat sedang mengambil foto, disaat kita menekan tombol shutter, lubang di depan sensor kamera akan membuka dan setting aperture lah yang akan menentukan seberapa besar lubang ini terbuka, semakin besar terbuka, maka akan semakin banyak jumlah cahaya yang akan masuk terbaca oleh sensor.


2. Perpendek Jarak antara Kamera dengan Objek Foto

Saat menggunakan kamera oppo, aturlah jarak ke objek foto. Semakin dekat posisi objek foto dengan lensa kamera oppo maka akan semakin blur latar belakangnya, semakin dekat objek foto tsb akan membuat depth of field (DOPF) menyempit.

Coba saja anda lakukan hal berikut ini ; acungkan saja jari telunjuk anda di dekat gelas yang jauhnya kira-kira 60 cm di depan mata, fokuslah terhadap jari telunjuk, saat digerakkan jari telunjuk tadi akan semakin dekat dengan mata, maka gelas yang jauh dibelakangnya tadi akan semakin kabur bukan?


3. Berikan Jarak antara Objek Foto dengan Backgroundnya

Di saat anda memotret sebuah objek foto dan ingin menghasilkan foto bokeh yang bagus menggunakan kamera oppo, maka semakin jauh objek foto tadi dari backgroundnya, maka akan semakin bagus pula foto bokeh yang akan dihasilkan.


4. Manfaatkan Focal Length Terpanjang

Saat pemakaian lensa zoom, manfaatkan focal length terpanjang untuk memisahkan objek utama dengan backgroundnya, sebagai contoh misalnya saat anda menggunakan lensa 70-200 mm, set focal length di posisi 200 mm untuk menghasilkan foto bokeh yang bagus. Focal length merupakan jarak antara lensa dan bidang focal (sensor kamera digital atau film di kamera lama) dimana hasilan foto yang terbentuk.

Focal length menentukan seberapa lebar sudut pandang lensa. Semakin pendek panjang focal, maka akan semakin lebar sapuan pandangan, semakin panjang focal length maka akan semakin sempit sapuannya. Lesan dengan focal length pendek di dalam dunia fotografi disebut dengan lensa wide angle, fitur itulah yang saat ini dimiliki oleh lensa kamera oppo dan menjadi favorit para penggiat foto selfie.


5. Pilihlah Lensa Kamera Oppo dengan Kualitas Optik Terbaik

Kualitas foto bokeh sangat dipengaruhi oleh kualitas optik lensa yang digunakan, saat anda memiliki dua lensa yang focal length nya maksimal sama, misalkan lensa 18–20mm/f5.6 dan lensa 70–200mm/f2.8, karena kualitas optik lensa 70–200mm (biasanya) jauh lebih superior dibandingkan lensa 18–200mm (sehingga harganya juga berlipat-lipat lebih mahal).

Maka gunakan lensa 70–200mm tadi, dan sebisa mungkin pakailah di aperture f/2.8. Pastikan anda baca review mengenai lensa kamera oppo mana yang akan anda beli.


6. Gunakan Lensa Prime atau Fixed Lens

Semakin besar aperture maka akan semakin bagus pula foto bokehnya, jika anda pergunakan lensa prime atau prime lens atau fixed lens ialah lensa yang memiliki focal length tunggal alias lensa yang tidak dapat di zoom.

Lensa prime atau fixed lens mampu menghasilkan foto bokeh yang sangat bagus karena bukaan aperture yang sangat besar, tipikal lensa prime ialah 50mm f/1.4, 85mm f/1.4 atau varian murahnya 50mm f/1.8 dan 85mm f/1.8.


Nah, demikian cara menghasilkan foto bokeh yang keren dan dahsyat oleh kamera di hp oppo yang saat ini tengah naik daun dengan kemampuannya menghasilkan efek bokeh pada objek fotonya seperti Oppo A37, A71, A3s, A57, F1s, F3, F3 Plus, F5, F7, F9, dan R17.





Berikut ini pula kita sertakan contoh foto efek bokeh terbaik yang pernah dihasilkan oleh kamera Oppo diatas.

Foto Bokeh Kamera Oppo (1)

Foto Bokeh Kamera Oppo (2)

Foto Bokeh Kamera Oppo (3)

Foto Bokeh Kamera Oppo (4)

Baca Juga


Foto Bokeh Kamera Oppo (5)

Foto Bokeh Kamera Oppo (6)

Foto Bokeh Kamera Oppo (7)

Foto Bokeh Kamera Oppo (8)

Foto Bokeh Kamera Oppo (9)

Foto Bokeh Kamera Oppo (10)

Pengaturan Kamera OPPO F9

Terkadang tampilan pada latar belakang foto yang anda hasilkan mengganggu hasil selfie anda yang seharusnya menjadi foto yang bagus. Ada tips ampuh untuk mengatasi hal ini jika kamu menggunakan smartphone Oppo F9. Gunakan saja efek bokeh yang ada sehingga latar belakang yang mengganggu tadi akan terlihat kabur dan membuat hasil foto anda menjadi lebih menarik.

Terkait dengan bagaimana pengaturan kamera Oppo F9 untuk menghasilkan foto bokeh. Oppo F9 memiliki kamera utama beresolusi 16 MP dengan lensa f/1.8 dan kamera belakang 2 MP dengan lensa f/2.4. Kamera belakang ini digunakan untuk mengatur kedalaman untuk memberikan efek bokeh (efek buram pada latar). Sedangkan di depan, OPPO F9 masih mengandalkan kamera 25 MP dengan lensa f/2.0 dan sensor HDR.

Selain menimbulkan efek bokeh, anda pun juga bisa memanfaatkan Fitur Beauty AI pada Oppo F9 yang bisa anda temukan juga pada pengaturan kamera Oppo F9. Fitur ini digunakan untuk memperindah hasil foto anda selain menggunakan bokeh effect Fitur ini juga bisa menghasilkan foto selfie menjadi tampak lebih alami.

Dikarenakan kelebihan yang dimiliki oleh Fitur Beauty AI ini mampu mendeteksi obyek yang dipotret dan memaksimalkan hasilnya secara otomatis. Misalnya, pada saat anda mengambil foto makanan, Fitur Beauty AI pada Kamera OPPO F9 dapat mengenali dan menyesuaikan saturasi warna sehingga hasil foto makanan terlihat lebih menggiurkan dan anda akan menemukan 7 tingkatan yang bisa anda pilih untuk dapat mewujudkan hasil foto menjadi cantik dan natural.

Jadi secara umum performa kameranya memiliki kemiripan dengan Oppo F7. Sederhana dan minimalis. Namun anda akan menemukan kekurangan berupa keterbatasan pengaturan seperti kurang akuratnya pengaturan exposure, tidak ada pilihan untuk besaran foto yang dihasilkan, serta menu kamera tersembunyi di dalam Menu Setting bukan terpisah sendiri di dalam aplikasi kamera.

Namun kekurangan tersebut tidak menjadi masalah, dikarenakan memotret dengan Kamera OPPO F9 akan tampil amat intuitif apalagi semua fitur kamera secara umum dapat ditemukan di layar utama kameranya pada saat diaktifkan. Secara umum, kamera OPPO F9 mampu menghasilkan foto yang baik dan kompetitif dikelasnya.