Cara Format Kartu SD di OPPO A37f Terbaru, Cek Infonya di Sini




Format Kartu SD di OPPO A37f dilakukan dengan cara menggunakan Card Reader atau melalui perangkat Oppo A37f anda secara langsung. Dapat dilakukan melalui Card Reader dan Kabel USB ataupun Melalui Pengaturan yang telah ada di Perangkat Oppo A37f.

Baca Juga





Format Kartu SD dilakukan untuk mengembalikan fungsi dan kapasitas memori seperti sediakala. Terlebih lagi jika kartu memori memori sudah corrupt atau ada file-file tertentu yang tidak bisa dihapus secara manual.

Kerugian jika dilakukan format kartu sd semua file akan terhapus, jadi sebelum diformat back up terlebih dahulu ke media lain atau ke komputer.


Selain itu efek samping jika terlalu sering memformat kartu SD, mesin memori jadi rusak itupun tergantung merek juga. Kartu SD memiliki kapasitas yang berbeda-beda dari mulai 2GB hingga 32GB, tergantung keperluan anda, namun untuk kapasitas 4GB dan 8GB dikira sangat cocok untuk perangkat Oppo A37f anda.

Ada beberapa merk SD Card yang biasa digunakan oleh pengguna Oppo A37f seperti Sandisk, Samsung, Kingstone, dll.


Adapun cara format kartu sd di Oppo A37f dapat dilakukan melalui Menu Pengaturan, lalu pilih Pengaturan Tambahan, Selanjutnya Penyimpanan, berikutnya Kartu SD. Anda pun bisa langsung menghapus data melalui Tab Hapus Penyimpanan USB, dan untuk melakukan fonfirmasi pilih Tab Hapus Penyimpanan USB.



Namun, bagaimana saat sedang memformat muncul pesan error sehingga Kartu SD tidak bisa di format?



Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu selain Kartu SD yang bermasalah tadi, seperti Komputer/Laptop, Aplikasi USB Disk Storage Format Tool yang dapat anda download disini, serta Card Reader.



Setelah anda mempersiapkan semua peralatan diatas, anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini. Masukkan Kartu SD yang error tadi ke Perangkat Oppo A37f anda, setelah itu jalankan aplikasi program USB Disk Storage Format Tool yang telah anda instal sebelumnya.

Lalu cari posisi dimana Kart SD tadi berada dan pilih, lalu kemudian anda hanya perlu klik STAR, dan tunggu hingga selesai.


Atau jika anda melakukannya melalui Komputer, anda masukan Kartu SD yang bermasalah pada Card Reader yang telah Anda sediakan. Setelah itu colokan Card Reader ke komputer. Jika telah muncul di komputer, Anda bisa meng-klik kanan pada mouse dan pilih format.

Langkah selanjutnya, cukup ganti file tersebut dengan FAT dan centang Opsi Quick Format. Tekan tombol start dan tunggu hingga proses format selesai.

Baca Juga


Demikian cara format kartu SD di Oppo A37f dan cara mengatasi kartu sd error saat di format. Semoga dapat membantu!