Tidak Bisa Instal Google Camera di OPPO F5? Ini Solusinya




Google Camera Tidak Bisa di Instal? Ini Cara Mengatasinya. Memang akan ada banyak isu seperti ini yang akan dialami oleh banyak pengguna smartphone, spesifikasi smartphone yang bisa diinstal google camera harus memiliki standar spek yang mumpuni dan berada di kelas high end.

Baca Juga


Tidak salah jika, google memilih Nexus dan Google Pixel sebagai smartphone pilihan yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi google camera.




Selain aplikasi ini tidak sembarang dapat diinstal di semua smartphone android, aplikasi ini mulai langka sehingga tidak dapat ditemukan lagi di play store, bukan berarti aplikasi ini sedang mengalami problem, kerusakan, dll namun lebih tepat dikatakan sedang disembunyikan.


Dengan fitur yang dibawa google camera yang mampu menghasilkan kualitas foto yang mewah dan elegan, sehingga tidak heran kelangkaan ini membuat hanya smartphone android khusus yang dipilih oleh google untuk bisa menjalankan aplikasi ini, seperti Nexus dan Google Pixel yang telah kita sebutkan diatas.


Namun, itu takkan selamanya benar, dengan trik khusus yang akan kita beberkan nantinya aplikasi google camera dapat diinstal di smartphone android anda, selain Nexus dan Google Pixel salah satunya Oppo F5. Namun tetap saja harus memperhatikan beberapa hal berikut agar google camera dapat diinstal, hal-hal yang perlu diperhatikan tersebut ialah Processor.


Smartphone android yang dapat mengoperasikan google camera, ialah smartphone yang memiliki processor snapdragon 820, 821, atau 835 terbaru sebagaimana yang dimiliki oleh Oppo F5. Yang kedua yakni Resolusi Kamera. Paling tidak resolusi kamera yang dimiliki oleh smartphone android tersebut minimal 5MP atau 8MP, baik di kamera utama ataupun di kamera sekundernya. Untuk urusan fitur kamera, Oppo F5 sudah tidak perlu diragukan lagi.


Kendala yang ketiga, yang membuat google camera tidak dapat di instal? yakni dikarenakan anda belum mendapatkan versi terbaru dari google camera tsb.


Saat ini versi terbaru google camera yaitu v4.1, nah untuk lebih jelasnya lagi agar anda dapat melakukan instal google camera di Oppo F5 dan aplikasi dapat dibuka nantinya dan tidak terus menerus menolak untuk di instal dengan melakukan langkah-langkah berikut ini ;



1. Buka Google Chrome di Browser Smartphone Oppo F5 anda, cari dan download sebuah aplikasi yang bernama APTOIDE atau anda dapat langsung kesini.

APTIODE merupakan Salah satu situs penyedia serupa dengan playstore, terdiri dari berbagai aplikasi android yang dapat di download secara gratis.

APTIODE merupakan salah satu black marketnya penyedia aplikasi android, jadi di sarankan untuk selalu melakukan scanning terlebih dahulu terhadap aplikasi apapun yang di dapat dari situs tersebut termasuk Google Camera yang akan kita dapatkan dari sana juga.


2. Setelah dapat, segera klik OK dan DOWNLOAD. Setelah selesai di download dan lakukan instalasi aplikasi. Jika selesai, buka aplikasi dan cari aplikasi Google Camera di dalamnya.

3. Saat anda telah mendapatkan Google Camera, klik tanda bintang berwarna hijau di pojok kanan atas untuk mengambil versi google camera terbaru v4.1. Kemudian lakukan instalasi saja.

4. Tunggu hinga proses instal selesai, dan anda pun dapat menikmati aplikasi Google Camera. Jika saat membuka aplikasi minta notifikasi akses, izinkan saja.

Lalu ada muncul pertanyaan, Mengapa tidak memilih versi v5.1? Versi tsb hanya didukung dengan android oreo, sedangkan Oppo F5 belum support android tersebut.



Inilah Cara Menggunakan Google Camera di Oppo F5. Jika anda ingin menggunakan aplikasi Google Camera, anda tidak perlu lagi tekan tombol ikon Google Camera, dikarenakan apk ini sudah secara otomatis masuk ke dalam fitur kamera bawaan Oppo F5 anda, jadi anda cukup menekan tombol power 2x, dan Google Camera pun bisa anda digunakan.

1. Untuk menggunakan fitur dari Google Camera, silahkan Swipe layar kamera ke kiri, maka akan muncul beberapa opsi google camera yang dapat digunakan, seperti Photo Sphere yang dapat anda gunakan untuk mengambil objek foto 360 derajat, Panorama yang dapat menggerakkan lensa kamera smartphone Oppo F5 anda secara landscape dan tampilan lebar.

2. Kemudian berikutnya, Lens Blur yang memiliki kesamaan dengan efek bokeh yakni dapat digunakan untuk mengambil foto dengan satu fokus objek foto dan membuat objek foto lain di luar fokus menjadi blur/kabur, dan Slow Motion yang dapat digunakan untuk membuat video yang anda rekam bergerak secara perlahan-lahan.

3. Untuk memperbesar foto, anda dapat mencubit layar dengan dua jari sehingga layar dan objek foto akan semakin besar, dan jika anda ingin beralih ke mode rekam video, anda tinggal menggeser ke kanan layar kamera anda.

4. Selain itu pula, anda dapat mengaktifkan Grid In ViewFinder yang dapat anda gunakan agar pengambilan objek foto menjadi tepat dan sesuai dengan tata letak.

5. Anda pun juga bisa mengubah lokasi penyimpanan foto, dan mengatur resolusinya. Namun itu tergantung dari resolusi kamera smartphone yang anda punya, dan tentunya harus memenuhi standar spesifikasi seperti yang telah dijelaskan diatas.

Baca Juga


Selamat, akhirnya Google Camera dapat diinstal di Oppo F5 dan dapat anda gunakan dengan cara yang telah kita jelaskan diatas secara lengkap.