Hamparan Layar Terdeteksi di OPPO F3? Ini Cara Menonaktifkannya




Hamparan layar terdeteksi di Oppo F3 muncul dikarenakan adanya aplikasi yang sedang aktif di perangkat Oppo F3 yang menggunakan tombol melayang seperti misalnya FB Massanger, WhatsApp melayang, CM Locker Security dan UC Browser.



Hamparan layar ini terdeteksi ketika anda akan memberikan izin terhadap aplikasi yang akan mengakses file tertenti di ponsel Oppo F3 anda, permintaan izin terhadap aplikasi ini akan muncul satu persatu jika anda sedang ingin melakukan instal terhadap aplikasi tersebut secara manual.

Baca Juga


Umumnya permintaan untuk instal aplikasi tersebut secara manual satu persatu di saat anda melakukan update OS Android yang ada di Oppo F3 anda, penambahan fitur terbaru dari segi security serta fitur terbaru.


Adapun cara menonaktifkan hamparan layar terdeteksi di Oppo F3 dapat dilakukan dengan beberapa pilihan cara berikut ini. Anda dapat menonaktifkan izin hamparan layar di semua aplikasi yang terinstal di Oppo F3 anda, lakukan Force Stop terhadap aplikasi yang anda curigai sedang menggunakan hamparan layar atau aplikasi yang menggunakan tombol melayang di bagian Home Screen nya. Berikutnya, Masuk ke dalam save mode untuk memberi izin terhadap aplikasi yang akan di instal secara manual satu persatu.


Baiklah, cara untuk menonaktifkan hamparan layar terdeteksi di Oppo F3 yang pertama ialah menonaktifkan izin hamparan layar di semua aplikasi yang terinstal di Oppo F3 anda dengan cara sebagai berikut.


Ketika pesan pop up berupa pemberitahuan Hamparan Layar Terdeteksi muncul di layar Oppo F3 anda, disana nanti akan anda temukan Klik Buka Setelan di bagian kanan bawah pop up tersebut.



Nanti anda akan dibawa ke laman yang terdapat daftar aplikasi yang sedang aktif di Hp Oppo F3 anda. Silahkan hilangkan centang semua aplikasi yang ada. Kemudian tekan tombol Home untuk kembali lagi ke layar depan semula.


Lalu, silahkan coba buka lagi aplikasi yang menurut anda tidak bisa diberikan izin. Mudah-mudahan pemberitahuan berupa Hamparan Layar Terdeteksi tidak akan muncul kembali. Setelah itu, jangan lupa aktifkan kembali izin hamparan layar yang telah anda nonaktifkan. Jika anda tidak tahu dimana posisinya, klik saja recent app.


Cara kedua untuk menonaktifkan hamparan layar terdeteksi di smartphone Oppo F3 anda yakni dengan cara melakukan Force Stop terhadap aplikasi yang anda curigai menggunakan hamparan layar atau tombol melayang.


Cara ini terbilang cukup mudah, anda tinggal masuk ke dalam pengaturan, pilih aplikasi, lalu aplikasi manager, kemudian pilih aplikasi yang anda curigai tersebut, lalu setelah itu klik force stop. Adapun aplikasi yang dapat anda curigai memiliki hamparan layar dapat anda temukan di penjelasan awal tutorial ini.



Setelaah itu, anda buka kembali aplikasi yang membuat munculnya peringatan hamparan layar terdeteksi disaat anda ingin memberikan izin, dan berhasil! Jika aplikasi yang anda buat Force Stop tsb benar, maka aplikasi tersebut dapat dibuka dengan lancar.
 

Cara terakhir untuk menonaktifkan hamparan layar terdeteksi di Oppo F3 yakni dengan masuk ke dalam save mode untuk memberi izin terhadap aplikasi yang ingin anda instal secara manual satu persatu tadi.


Cara untuk masuk ke dalam save moda cukup mudah, anda matikan terlebih dahulu ponsel Oppo F3 anda, jika telah dalam keadaan mati tekan dan tahan tombol power. Setelah muncul logo Oppo, lepas tombol power tekan dan tahan tombol volume bawah hingga ponsel Oppo F3 anda menyala.


Jika ternyata berhasil, akan ada tulisan Save Mode yang muncul di Pojok Kiri Bawah Home Screen.
Setelah anda berada di dalam Save Mode, silahkan buka Menu Pengaturan, Pilih Opsi Aplikasi, Aplikasi Manager, dan Cari aplikasi yang akan anda berikan izin. Setelah itu klik Izin, lalu kemudian tab semua izin yang anda perlukan seperti lokaasi, kamera, kalender, kontak, dan penyimpanan lainnya.

Baca Juga


Jika telah anda lakukan, silahkan lakukan reboot/restart terhadap Hp Oppo F3 anda, dan silahkan coba lagi aplikasi yang anda ingin berikan izin. Sekian beberapa cara menonaktifkan hamparan layar terdeteksi di Oppo F3, semoga dapat membantu!.