Cara Unlock Bootloader OPPO F9 Lengkap Langsung Bisa!




Oppotutorial.com - Kita akan bagikan tentang bagaimana cara unlock bootloader Oppo F9 dengan benar, anda akan dapati panduan ini sangat mudah untuk anda ikuti. Oppo F9 merupakan smartphone yang sempurna dengan harga yang terjangkau. Pada umumnya sangat sulit untuk unlock bootloader smartphone Oppo, dikarenakan pihak Oppo sendiri tidak akan membiarkan penggunanya melakukan hal tersebut.


Bila anda ingin melakukan proses unlock bootloader pada sebuah smartphone Oppo maka hal pertama yang harus anda lakukan ialah dengan unlockable Oppo F9 anda sehingga anda pun bisa unlock bootloadernya. Pertama, akan kami jelaskan terlebih dahulu bagaimana unlockable Oppo F9 anda, dengan begitu anda akan dengan mudah melanjutkan prosesnya ke unlock bootloadernya.


Anda bisa unlock bootloader sebuah perangkat Oppo F9 melalui metode fastboot ketika anda telah melalui proses unlockable. Satu hal yang perlu anda catat bahwa setelah anda melakukan proses unlock bootloader maka garansi anda akan hilang, jadi sebelum anda melakukan hal ini, pastikan bahwa anda telah melewati masa garansi. Namun jika masih belum juga, maka kami tidak menyarankan anda melakukan ini.


Unlock bootloader merupakan sebuah langkah yang harus anda tempuh sebelum instal Custom ROM ataupun Custom Recovery. Begitu juga bila anda ingin root smartphone Oppo F9 anda, anda pun juga harus melakukan ini. Jadi intinya, sebelum anda unlock bootloader maka anda tidak dapat melakukan perubahan apapun pada software smartphone Oppo F9 anda. Melakukan proses unlock bootloader ini tidaklah sulit, anda hanya perlu melakukannya dengan benar.


Lakukan cara yang akan kami jelaskan nantinya dan jangan terlewat satupun. Sebelum anda memulai proses ini, pastikan anda mengerti sedikitnya tentang android, karena hal tersebut bertujuan agar proses unlock bootloader ini dapat berjalan dengan lancar, dan panduan ini sangat cocok untuk anda. Supaya anda bisa melakukan proses unlock bootloader pada Oppo F9, anda harus mengaktifkan USB Debugging dari Opsi Pengembang (Developer Options).


Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara mengaktifkan opsi pengembang, anda bisa mengikuti tahapan-tahapan sebagai berikut diantaranya ; Buka Menu Settings, lalu pilih Tentang Perangkat (About Device), berikutnya anda tekan opsi Built Number sebanyak 6-8 kali hingga anda melihat pesan bahwa anda sekarang merupakan seorang pengembang (You are a developer Now). Lalu, anda bisa kembali lagi ke Menu Settings untuk membuka opsi Developer Options dan pilih USB Debugging. Dengan begini, USB Debugging anda telah aktif di Oppo F9.

Baca Juga :
Cara Unlock Bootloader OPPO F9 Lengkap Langsung Bisa!


Kelebihan Unlock Bootloader pada Oppo F9

  1. Anda bisa root perangkat anda setelah unlocking bootloader.
  2. Anda bisa instal Custom OS setelah unlocking bootloader.
  3. Anda bisa instal Custom Recovery seperti TWRP setelah unlocking bootloader.
  4. Unlocking bootloader akan membantu anda mengkustomisasi perangkat Oppo F9.


Kerugian Unlock Bootloader pada Oppo F9

  1. Setelah melakukan unlock bootloader, maka garansi perangkat Oppo F9 anda akan hilang.
  2. Akan muncul resiko terjadinya mati total pada perangkat anda setelah melakukan proses unlocking.
  3. Dan pastinya, kami tidak akan bertanggungjawab jika terjadi kerusakan lain yang diakibatkan karena anda mengikuti panduan ini.


Persiapan Sebelum Unlock Bootloader pada Oppo F9

  1. Pastikan baterai perangkat Oppo F9 anda diatas 70%
  2. Instal semua file yang diperlukan untuk proses unlocking ini di PC anda, download terlebih dahulu filenya disini Magictricks.zip dan ADB and Fastboot Drivers for Windows.
  3. Tidak melewati atau melompati langkah-langkah yang telah ditentukan.
  4. Unlock bootloader pada Oppo F9 ini akan menghapus semua data yang ada di memori Oppo F9 anda, jadi jangan lupa untuk menyimpan semua data yang anda miliki, karena ponsel anda akan kembali ke pengaturan pabrik setelah unlock bootloader dilakukan.







Bagaimana Cara Unlock Bootloader OPPO F9

  1. Pertama kali silahkan anda membaca kelebihan dan kerugian serta pesan yang perlu anda ketahui sebelum memulai proses unlock bootloader.
  2. Download file Magictricks pada link download yang sudah disediakan, lalu anda simpan ke dalam PC atau Laptop.
  3. Setelah itu anda ekstrak file tersebut, dan hubungkan perangkat Oppo F9 anda ke PC melalui kabel USB.
  4. Kemudian anda salin file yang telah diekstrak tadi ke dalam smartphone Oppo F9 anda dan matikan smartphone anda tersebut.
  5. Selanjutnya anda tinggal masuk ke dalam mode fastboot dengan menekan tombol Volume Up dan Power selama 5 detik dan lepaskan.
  6. Pilih opsi Bahasa Inggris pada Menu Bahasa, atau bisa juga pilih bahasa lain yang anda mengerti.
  7. Setelah proses booting, dan masuk ke dalam Mode Recovery. Lalu pilih Instal From Storage Option menggunakan Tombol Volume.
  8. Berikutnya anda pilih file yang telah anda salin, maka proses unlock bootloader akan berjalan dan mode booting pada Oppo F9 akan dipercepat.
  9. Download dan Instal Adb and Fastboot di PC anda,dan aktifkan USB Debugging dan OEM Unlocking dari Opsi Pengembang smartphone Oppo F9 anda.
  10. Buka Folder ADB di PC dan Tekan tombol shift dan klik kanan lalu pilih Open Command Window here.
  11. Sekarang satu persatu tekan enter terhadap kata-kata berikut ini ; adb reboot bootloader
  12. Setelah anda ponsel Oppo F9 anda masuk ke mode bootloader, jalankan kata-kata berikut ini ; fastboot oem unlock
  13. Jika anda mendapati pesan apapun yang tampil di layar Oppo F9, tekan saja Yes untuk mengkonfirmasi Unlocking.
  14. Setelah prosesnya selesai, jalankan kata-kata berikut ini dengan tekan enter satu persatu ; fastboot reboot
  15. Selesai, dan proses Unlock Bootloader pun telah selesai.
  16. Setelah proses unlock bootloader selesai, maka Ponsel Oppo F9 anda akan direset ke pengaturan pabrik. Jadi anda tidak perlu lagi untuk mematikan smartphone anda. Jika anda matikan secara paksa saat di tengah proses unlock bootloader ini maka hal tersebut akan berdampak negatif pada Ponsel anda. 

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Lengkap Mengenai Cara Unlock Bootloader OPPO F9 Terbaru. Semoga Bermanfaat!