Cara Menghemat Daya Baterai HP OPPO A5s




Oppotutorial.com - Untuk memperpanjang kerja baterai Oppo A5s Anda, Anda juga dapat menggunakan solusi sederhana sebagai berikut di bawah ini.

Baca Juga :
Cara Menghemat Daya Baterai HP OPPO A5s

1. Sesuaikan Kecerahan Layar

Sesuaikan Kecerahan Layar
Sesuaikan Kecerahan Layar

Saat ini perangkat seluler pada umumnya dilengkapi dengan layar yang lebih besar. Namun, ukuran layar sebesar itu menjadi pemakan energi daya baterai terbesar sehingga jika Anda ingin menghemat baterai Oppo A5s anda, Anda harus memulainya dari pengaturan ini terlebih dahulu. Pertama-tama, periksa pengaturan kecerahan, jika diset mendekati maksimum, itu akan menghabiskan daya baterai dengan sangat cepat.

Cara paling efisien ialah dengan tetap menjaganya di tengah-tengah (medium), mungkin sedikit lebih dekat ke minimum (tapi masih cukup terang untuk dibaca). Pada beberapa perangkat, ada kemungkinan untuk secara otomatis menyesuaikan kecerahan, yang berguna di berbagai kondisi cuaca.

Anda dapat menemukan fitur di atas di sini melalui Menu Pengaturan, pilih opsi Tampilan dan Wallpaper (Layar), selanjutnya atur Kecerahan. Selain itu, Anda harus mengatur waktu yang sesuai untuk layar agar bisa mati secara otomatis (30 detik sudah cukup). Untuk mengubah batas waktu layar, bisa anda akses melalui Menu Pengaturan, pilih opsi Layar dan atur Batas waktu layar.

2. Mode Hemat Daya Otomatis

Mode Hemat Daya Otomatis
Mode Hemat Daya Otomatis

Disaat Anda sedang tidak menggunakan perangkat Oppo A5s Anda, maka hal-hal seperti sinkronisasi, pembaruan dll masih berfungsi. Masing-masing hal tersebut bisa menghabiskan baterai Oppo A5s Anda secara perlahan. Untungnya, di dalam Sistem Android biasanya terdapat mode Penghematan Daya yang dapat membuat perangkat Oppo A5s Anda menggunakan lebih sedikit energi daya baterai seperti biasanya.

Hal-hal seperti pengecekan email akan dilakukan lebih jarang, berikut sinkronisasi dll. Anda dapat mengaktifkan Mode Hemat Daya Otomatis ini kapan saja Anda inginkan. Terlebih lagi, Anda juga dapat mengatur mode otomatis pada mode ini saat baterai Oppo A5s mencapai tingkat tertentu (biasanya di bawah 5% atau 15%).Anda harus melalui jalur berikut untuk menggunakan fitur yang disebutkan melalui Menu Pengaturan, pilih opsi Menu Baterai dan ubah Mode hemat daya.






3. Kurangi Level Akurasi Tinggi pada Mode Power Saving

Mode Power Saving
Mode Power Saving


Untuk mengidentifikasi lokasi pasti perangkat Oppo A5s anda akan menggunakan tiga sumber: GPS, WIFI, dan jaringan seluler Anda. Namun, menggunakan mode Akurasi Tinggi (High Accuracy) menghabiskan banyak energi.

Ketika Anda tidak membutuhkan lokasi yang sangat tepat, Anda dapat mematikan sinyal GPS dan hanya menggunakan WIFI atau jaringan seluler dan gunakan mode Power Saving. Maka hal itu pasti akan mengurangi penggunaan baterai Anda. Anda dapat menemukan opsi di atas melalui Menu Pengaturan, pilih opsi Umum, Lokasi dan ubah Mode.

4. Foto Google

Foto Google
Foto Google


Jika Anda menggunakan aplikasi Foto Google (Google Photos) di HP OPPO A5s, Anda pasti akan diminta untuk melakukan backup. Jika Anda setujui, maka aplikasi akan melakukan pencadangan tersebut saat terhubung ke Internet WIFI.

Namun, jika Anda tidak peduli tentang foto-foto Anda yang diunggah ke Internet segera (setelah mendapatkan koneksi WIFI), Anda dapat mengubahnya menjadi While Charge Only yang pasti akan menghidupkan kembali baterai Anda. Untuk mengubah pengaturan ini anda bisa membuka opsi Foto Google, masuk ke dalam Pengaturan dan ubah menjadi Cadangan Otomatis.

5. Wallpaper Statis

Wallpaper Statis
Wallpaper Statis

Jelas, wallpaper hidup atau statis terlihat sangat bagus di layar Oppo A5s Anda. Namun, animasi yang digunakan, cenderung menggunakan lebih banyak daya baterai daripada wallpaper statis yang normal. Anda dapat memilih wallpaper normal dengan masuk ke dalam Menu Pengaturan, lalu pilih opsi Tampilan dan Wallpaper.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Mengenai Cara Menghemat Daya Baterai HP OPPO A5s. Semoga Bermanfaat!