Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunggulan Fitur Kamera Ini hanya dimiliki oleh Oppo F3, Buktikan!

Walaupun smartphone memiliki banyak manfaat, tapi ada satu fitur yang diunggulkan banyak penggunanya yaitu kemampuan fitur kamera. Setelah berkaca pada kesuksesan F1s, Oppo merilis Oppo F3 sebagai produk terbaru menjadi penggantinya.

Ada beberapa peningkatan yang diusung oleh Oppo F3 dari F1s seperti resolusi layar yang kini sudah Full HD, prosesor terbaru, kamera depan ganda, tombol home solid-state, serta kamera utama dengan resolusi 13 megapixel. Kali ini akan kita ulas kemampuan kameranya saja.


Dual-selfie camera seperti pada F3 Plus



Fitur baru yang paling menarik dari Oppo F3 tentunya adalah kamera ganda yang berada di sisi depan. Dual-selfie camera ini sama seperti di smartphone Oppo di kelas lebih tinggi yaitu Oppo F3 Plus.

Dengan dua kamera yang berada di depan, Oppo F3 dapat merekam foto sebesar 16 megapixel dalam sudut standar dan foto 6 megapixel dalam sudut ekstra lebar. Setelah dicoba, ternyata hasil foto dari kamera depan Oppo F3 memang sangat identik dengan Oppo F3 Plus.

Baca Juga



Pada mode Wide-Selfie, kamera depan akan mampu merekam lebih banyak subyek dan obyek dalam satu frame. Sebagai catatan, pada sudut pengambilan gambar perlu diperhatikan agar tidak ada tangan memanjang pada saat mode wide selfie. Perubahan lain juga dapat ditemukan di mode Beauty 4.0 yang kini mendukung efek Blur untuk menonjolkan subyek utama foto yang ditangkap.


Berikut hasil foto kamera depan Oppo F3 di dalam ruangan langsung dari kamera.



Pada Saat diarahkan ke arah wajah, kamera depan Oppo F3 akan otomatis membuat wajah terlihat terang dan jelas. Sayangnya jika cahaya di belakang subyek terlalu kuat, maka hasil foto pada latar akan tampak tidak terlihat jelas. Untuk mengatasi hal ini, gunakan area di latar sehingga cahayanya terlihat seimbang. Jika wajah terlalu gelap, gunakan fitur fill light pada kamera Oppo F3 yang menggunakan layar untuk menerangi subyek saat menjepret.

Secara umum, dua kamera depan Oppo F3 mampu menghasilkan foto selfie yang maksimal di berbagai kondisi cahaya. Sedangkan untuk video, Anda bisa merekam dengan baik dalam mode standar maupun wide selfie. Namun setelah proses perekaman, Anda tidak bisa beralih dari standar ke lebar dan sebaliknya. Kualitas video Full HD dari kamera depan Oppo F3 terbilang amat baik, dengan hasil rekaman yang sangat terang dan warna kulit yang cerah. Sedangkan kualitas suara pada rekaman video tergolong standar dan lebih optimal jika digunakan di dalam ruangan.


Kamera belakang dapat dihandalkan dalam kondisi cahaya terang


Beralih ke fitur kamera belakang Oppo F3 yang menyajikan kamera utama dengan spesifikasi seperti halnya kamera utama F1s. Ini berarti Anda akan mendapatkan kamera dengan sensor 13 megapixel, lensa dengan bukaan f/2.2, PDAF, serta flash LED.

Berbicara soal kinerja, kamera belakang Oppo F3 termasuk cukup responsif saat diajak memotret di berbagai kondisi dengan penentuan fokus yang cepat dan shutter lag yang minim. Responsivitasnya agak melambat saat Anda menggunakan mode HDR, yang membutuhkan waktu sekitar 2-3 detik untuk merekamnya. Selama dalam jeda ini, Anda diminta untuk tidak bergerak untuk hasil foto yang optimal.

Lalu bagaimana dengan hasil fotonya? Dalam kondisi cahaya dengan kadar ideal, hasil foto dari kamera Oppo F3 termasuk baik untuk kelasnya. Ketajaman yang baik, terutama saat foto dari jarak cukup dekat. Reproduksi warna terlihat cukup matang walau tidak berlebihan, namun tetap enak dipandang. Yang perlu diperhatikan, pastikan tangan tetap tidak bergerak setelah menekan tombol shutter untuk hasil foto terbaik.


Berikut contoh hasil foto Oppo F3 langsung dari kamera, tanpa proses editing.





Expert Mode untuk kondisi minim cahaya. Hasil foto di kondisi minim cahaya dalam mode Auto termasuk cukup baik, walaupun warna akan terlihat lebih pudar dan noise akan menurunkan detail gambar. Untungnya, Hp Oppo F3 dapat menentukan fokus dengan cepat dan akurat di dalam kondisi gelap sekalipun.

Untuk hasil foto yang lebih baik, Anda bisa menggunakan Expert Mode. Dengan menyetel setting ISO pada angka 100, maka hasil tangkapan foto akan lebih bersih dari noise dengan detail yang baik. Komparasi hasil foto dari kedua mode ini dapat dilihat pada foto berikut dibawah ini. Sebagai catatan, semua foto ini diambil menggunakan tripod untuk meminimalisir guncangan tangan saat memotret.

Dari pengujian yang telah kami lakukan, Oppo F3 mampu menciptakan foto di kondisi minim cahaya. Apalagi jika penggunanya dapat memanfaatkan Expert Mode. Berikut hasil foto lain dalam kondisi minim cahaya, baik menggunakan Expert Mode maupun Auto Mode.

Dengan Expert Mode, Anda juga bisa mengatur kecepatan rana atau shutter speed. Padukan dengan ISO yang rendah dan tripod yang stabil, Anda dapat berkreasi lebih leluasa lagi dengan kamera Oppo F3 seperti contoh foto berikut ini.






Yang menarik, kamera utama Oppo F3 ini mendukung perekaman foto dalam format RAW yang dihilangkan di Oppo F3 Plus. Menggunakan foto dalam format file RAW, Anda bisa melakukan penyesuaian dengan lebih leluasa di berbagai aplikasi pengolah foto yang tersedia di internet.



Lebih canggih dibandingkan Oppo F1s


Jika kebanyakan produk pengganti hanya menawarkan resolusi atau sensor baru, berbeda halnya dengan Oppo F3. Oppo F3 memberikan sudut pandang baru bagi pecinta selfie. Saat menggunakan kamera depan Oppo F3 dan F3 Plus, Kamu akan merasakan seperti membawa dua kamera dengan dua lensa berbeda untuk selfie. Mengubah sudut pandang yang dapat dilakukan hanya dengan menyentuh satu tombol memberikan kenyamanan saat mengambil foto group selfie beramai-ramai di tempat yang agak sempit. Dengan fitur kamera selfie ganda ini, Anda tidak selalu membutuhkan tongsis saat ingin mengambil foto selfie dengan sudut lebih lebar.

Sedangkan bagi yang ingin belajar fotografi dapat juga memanfaatkan Expert Mode pada kamera utamanya. Seperti terlihat dari foto hasil tangkapan kami, kamera utama Oppo F3 berpotensi tinggi untuk menghasilkan foto keren di tangan mereka yang paham prinsip dasar fotografi. Tidak hanya untuk fotografi, hasil video Oppo F3 juga sudah cukup memadai untuk keperluan vlogging. Adanya dua lensa di ponsel Oppo F3 tersebut membuat penggunanya serasa memiliki dua kamera untuk video.

Dengan hasil foto dan video selfie yang amat baik, serta kamera utama yang handal, kamera Oppo F3 layak diandalkan oleh pengguna yang mementingkan kualitas kamera pada smartphone miliknya. Demikian, ulasan mengenai Keunggulan Fitur Kamera Ini hanya dimiliki oleh Oppo F3, semoga bermanfaat!