Cara Mengatasi Kartu SD Yang Tidak Didukung Di Hp Asus Zenfone




Oppotutorial.com - Umumnya setelah mempunyai HP ingin berfoto ataupun merekam video tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan. Foto-foto dan video tersebut secara otomatis akan disimpan di dalam galeri yang ada di HP. Jika foto dan video tersebut banyak maka penyimpanan internal yang ada di HP sering tidak mencukupi. Oleh karena itu, ditambahkan kartu SD atau Secure Digital.

Baca Juga :








Penambahan kartu SD ini sangat membantu dalam penyimpanan yang tidak tertampung pada penyimpanan internal HP. Umumnya hampir semua smartphone menambahkan kartu SD agar memiliki ruang penyimpanan yang lebih banyak. Namun tidak semua HP dapat mendukung kartu SD yang dimasukkan. Begitu pula jika kartu SD dimasukkan ke Hp Asus ZenFone maka ada kemungkinan tidak didukung.

Biasanya begitu kartu SD dimasukkan ke HP maka langsung dapat digunakan. Namun ada kalanya malah tidak dapat berfungsi sama sekali. Tentu saja kondisi ini akan membuat kebingungan. Tetapi tidak perlu khawatir karena ada cara untuk mengatasi jika kartu SD tidak didukung setelah dimasukkan ke HP.

Mengatasi Kartu SD Di Hp Asus Zenfone

Penambahan kartu SD dapat menambah ruang penyimpanan. Semua smartphone mempunyai ruang penyimpanan tertentu dan terbatas. Tetapi selalu ada keinginan untuk menyimpan foto dan video yang telah diambil. Apalagi ditambah dengan download dokumen atau aplikasi tambahan. Dengan adanya kartu SD maka dapat menyimpan lebih banyak lagi.

Kartu SD adalah jenis memori pada penyimpanan eksternal dengan jenis memori flash. Sistem pengamanan pada kartu SD ini lebih baik daripada kartu penyimpanan lainnya yang sejenis. Untuk memasang kartu SD tidak bisa sembarangan karena terkadang ada beberapa HP yang tidak mendukung.

Pada Hp Asus ZenFone dapat ditambahkan kartu SD namun ukurannya kecil atau yang disebut sebagai Micro SD. Jadi tidak semua kartu SD dapat dipakai untuk Hp Asus ZenFone. Tetapi jika kartu SD yang dimasukkan ternyata tidak didukung maka ada beberapa cara untuk dilakukan. Yang paling penting adalah mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini caranya agar HP dapat ditambahkan kartu SD.

  1. Langkah yang pertama adalah memastikan apakah kartu SD tersebut rusak atau tidak. Caranya dengan mencoba memasukkan kartu SD yang akan dicek ke smartphone lain. Apabila kartu SD tidak juga terbaca maka dapat dipastikan bahwa kartu tersebut rusak. Tetapi jika dapat terbaca berarti soket di Hp Asus yang bermasalah.
  2. Jika dapat terbaca pada HP lain maka dapat dilakukan perbaruan sistem untuk memastikan apakah ada masalah bug pada software. 
  3. Apabila kartu SD juga tidak dapat terbaca setelah dipindah ke smartphone lain maka dapat mencoba menggosok konektor yang berwarna kuning pada kartu SD. Cara menggosoknya harus lembut dan dapat memakai penghapus pensil atau lap kain.
  4. Kartu SD yang sudah dilakukan dengan segala cara tidak berhasil maka dapat membeli kartu SD baru. Tetapi pastikan bahwa kartu SD tersebut tidak rusak. 
  5. Namun apabila segala cara yang dicoba tetap tidak berhasil maka mau tidak mau harus membawanya ke service untuk memperbaiki masalahnya.   

Memasang kartu SD ke HP akan sangat membantu dalam penyimpanan yang lebih banyak. Menyimpan foto, video dan dokumen di penyimpanan internal HP memang menghabiskan ruang dan membutuhkan tambahan penyimpanan. Tetapi seperti Hp Asus ZenFone yang tidak dapat semua kartu SD dapat masuk maka harus diperhatikan. Ada jenis kartu SD tertentu yang dapat didukung oleh Hp Asus ZenFone.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Mengenai Cara Mengatasi Kartu SD Yang Tidak Didukung Di Hp Asus Zenfone. Semoga Bermanfaat!