Begini Cara Atasi Kamera Tidak Dapat Berpindah Di Oppo Reno 2F




Oppotutorial.com - Kamera menjadi fitur yang penting dari sebuah smartphone. Saat ini hampir semua pengguna smartphone memanfaatkan fitur kamera untuk mengabadikan kegiatannya sehari-hari atau kebutuhan lain. Tidak perlu membawa kamera khusus yang pasti berat. Smartphone berukuran ringan dan tipis sehingga mudah dibawa kemana-mana. Biasanya di smartphone terdapat kamera depan dan belakang yang dapat berpindah. Namun jika kamera tidak dapat berpindah maka itu artinya ada masalah.

Baca Juga :

Cara Atasi Kamera Tidak Dapat Berpindah Di Oppo Reno 2F


Umumnya kamera depan dipakai untuk berselfie sedangkan kamera belakang digunakan untuk membidik obyek tertentu. Bolak-balik antara kamera depan dan belakang dilakukan dengan sangat mudah. Hanya dengan memencet tombol bergambar kamera dan tanda panah memutar maka kamera depan akan berpindah menjadi kamera belakang dan sebaliknya.

Sekarang ini semua smartphone telah dilengkapi kamera depan dan kamera belakang. Jika dulu Hp hanya memiliki kamera belakang saja dan saat ini berselfie merasa kesulitan. Semakin tingginya minat pengguna yang berselfie inilah kemudian dikeluarkan smartphone dengan kamera belakang.






Mengatasi Masalah Perpindahan Kamera Oppo Reno 2F

Sebagai salah satu smartphone yang banyak diminati oleh pengguna maka Oppo 2F memberikan fitur-fitur lebih menarik. Apalagi Oppo Reno 2F merupakan keluaran terbaru yang fiturnya semakin lengkap. Banyak pengguna yang memilih Oppo karena fiturnya lengkap dengan harga terjangkau.

Kamera yang ada di Oppo Reno 2F memberikan hasil foto jelas dan detail. Jika ingin memiliki foto dengan hasil seperti fotografer ternama sangat direkomendasikan memakai Oppo. Mungkin bagi beberapa pengguna membutuhkan latihan membidik obyek agar mempunyai hasil yang menawan.

Kamera depan dan kamera belakang yang disediakan Oppo 2F umumnya dapat dipindahkan dengan mudah. Namun apabila perpindahan kamera depan dan kamera belakang tidak dapat dilakukan berarti ada masalah yang harus segera diatasi. Berikut cara mengatasi kamera tidak dapat berpindah dari depan ke belakang atau sebaliknya pada Oppo Reno 2F.


1. Mengosongkan Data Dan Cache Pada Aplikasi Kamera

Data dan cache yang dibiarkan akan menumpuk menjadi sampah sehingga memberikan masalah pada aplikasi. Agar aplikasi dapat berjalan lancar maka sampah tersebut harus dikosongkan. Caranya yaitu membuka menu Pengaturan dilanjutkan memilih Manajemen Aplikasi. Selanjutnya pilih Tampilkan Proses Sistem dan memilih Kamera kemudian klik Penggunaan Memori. Hapus data dan cache dapat dilakukan.


2. Merestart Hp

Cara yang kedua adalah melakukan restart pada Hp. Caranya yaitu matikan Hp dengan menekan tombol off kemudian dinyalakan kembali dengan menekan tombol on. Cek aplikasi kamera apakah sudah dapat berpindah dari kamera belakang ke kamera depan dan sebaliknya.


3. Memperbarui Sistem

Dengan perbaruan sistem maka diharapkan aplikasi dapat bekerja baik kembali. Caranya yaitu masuk ke menu Pengaturan dilanjutkan ke Pembaruan Perangkat Lunak kemudian. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Sebaiknya dilakukan pembaruan sistem secara berkala untuk mencegah kemungkinan masalah pada kinerja ponsel.


4. Mengecek Fungsi Layar Sentuh

Untuk melakukan pengujian apakah layar sentuh berfungsi dengan baik atau tidak dapat mencoba mengunduh SketchBook. SketchBook ini merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melukis. Untuk melukis menggunakan jari yang disentuhkan ke layar. Melalui cara ini maka fungsi layar sentuh dapat dicek apakah masih berfungsi atau tidak.

Kamera tidak dapat berpindah dari kamera depan ke kamera belakang dan sebaliknya pada Oppo Reno 2F dapat diatasi dengan 4 cara di atas. Biasanya fungsi kamera sudah dapat baik kembali. Apabila ada cara lain untuk mengatasi kamera depan yang tidak dapat berpindah ke kamera belakang dan sebaliknya, silakan menuliskan di kolom komentar.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Mengenai Begini Cara Atasi Kamera Tidak Dapat Berpindah Di Oppo Reno 2F. Semoga Bermanfaat!