Cara Memotret Foto Makro di Rumah dengan Kamera Smartphone OPPO




Oppotutorial.com - Ajakan pemerintahan Indonesia untuk #BelajarDariRumah serta #BekerjaDiRumah bisa jadi selaku peristiwa bernilai untuk mempertajam kreasi photografi hp. Diantaranya dengan photografi makro atau photografi jarak dekat. Objek yang umum didokumentasikan dapat bermacam, dimulai dari bunga, makanan, hewan piaraan sampai mainan serta pajangan rumah.

Berikut panduan ringkas memfoto makro secara baik memakai camera handphone OPPO. Selaku catatan, seluruh hasil photo yang berada di artikel ini dibidik dengan camera handphone OPPO (terkecuali photo handphone di atas).

Cara Memotret Foto Makro di Rumah dengan Kamera Smartphone OPPO


Tentukan objek sama ukuran sedang atau besar

Ingat capaian lensa handphone yang relatif lebar serta jarak foksunya yang tidak begitu dekat, kami menyarankan Anda pilih subyek atau objek yang memiliki ukuran sedang sampai besar. Benar ada beberapa handphone OPPO dengan camera ultra lebar yang bisa diprioritaskan dari jarak 4cm. Tetapi bila tidak berhati-hati, hasil photo akan dikuasai bayang-bayang tangan atau handphone yang cukup mengusik.

Tak perlu masukkan semua fisik objek ke dalam frame. Mencari struktur atau sisi yang memikat hingga hasil photo nampak berlainan. Berikut contoh objek memiliki ukuran sedang yang gampang difoto dari dekat.


Yakinkan jarak di antara hp ke objek cocok






Setiap camera handphone mempunyai jarak konsentrasi yang lain. Yakinkan Anda mengenali jarak konsentrasi maksimal handphone yang dipakai. Untuk beberapa handphone OPPO keluaran 2020 seperti A91, Reno3 serta Reno3 Pro, jarak konsentrasi minium pada seting zoom 1x berada di range 10cm. Sedang pada seting ultra-makro, jarak konsentrasi paling dekatnya berada di range 4cm.


Pakai model Portrait untuk mengendalikan dampak bokeh

Meskipun diperuntukkan untuk memfoto manusia, Portrait Model bisa juga dipakai untuk memfoto objek. Bahkan juga bila memfoto mainan berupa manusia, Face Detection akan mengenal muka serta mengimplementasikan seting camera maksimal secara automatis layaknya seperti memfoto manusia.


Lihat sinar serta waktu memfoto

Untuk hasil photo terhebat, lihat arah sinar waktu memfoto. Ingat umumnya pemakai saat ini ada di dalam rumah, Anda dapat manfaatkan sinar dari jendela di sore dan pagi hari untuk penerangan yang halus. Bila memfoto bunga di kebun, Anda dapat melakukan pada pagi hari di antara jam 8 – 11 atau sore hari di antara jam 3 – 5.


Lihat latar waktu memfoto

Bukan hanya objek, Anda pun harus memerhatikan latar ada di belakang objek penting waktu memfoto. Bila benar-benar cukup mengusik, ubahlah latar lainnya. Bila hal tersebut tidak mungkin, pakai Portrait Model atau mendekati objek hingga latar yang mengusik tidak masuk ke frame.

Atau Anda dapat merapat hingga tidak ada latar yang mengusik. Berikut contoh photo dengan pendekatan itu.


Tentukan objek dengan struktur memikat

Bila dipepet, rupanya banyak objek di seputar kita yang mempunyai struktur bagus yang kemungkinan terlewati. Anda dapat membuat narasi photo mengenai benda favorite dengan struktur bagus yang dapat didapati di dalam rumah Anda. Misalnya bakmi kuah ini.


Uji coba dengan sumber sinar

Ingat banyak rutinitas akan dikerjakan di dalam rumah, Anda dapat melakukan eksperimen dengan bermacam sumber sinar seperti lampu baca, senter, lampu meja dan lain-lain. Anda bisa juga menyimpan kertas warna untuk hasilkan dampak bias sinar yang lain.


Pakai zoom bila memungkinkannya

Beberapa handphone OPPO sudah mempunyai camera telephoto. Anda dapat memakainya untuk meminimalkan distorsi serta kurangi bayang-bayang pemotret. Tentu saja tangan harus lebih konstan serta tidak bergetar waktu memfoto dengan zoom supaya hasil photo masih tajam. Berikut contoh photo close-up dengan camera telephoto memakai OPPO Reno2 serta Reno 10x Zoom.


Bukan hanya pada tingkat flagship serta premium, handphone OPPO keluaran terkini telah diperlengkapi camera oke dengan hasil photo serta feature yang bagus untuk memfoto dari dekat. Tinggal Anda yang tetap mempertajam kekuatan supaya masih inovatif, baik di dalam rumah atau dimanapun. Selamat mempraktikkan!!