Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi yang Digunakan Untuk Menghitung Banyak Data Dalam Range Tertentu

    Fungsi yang Digunakan Untuk Menghitung Banyak Data Dalam Range Tertentu - Kesempatan ini kita akan belajar mengenai Fungsi COUNTIF yang merupakan fungsi yang digunakan untuk menghitung banyak data dalam range tertentu.


    Fungsi yang Digunakan Untuk Menghitung Banyak Data Dalam Range Tertentu



    Pemahaman Fungsi COUNTIF Excel

    Fungsi COUNTIF ialah Fungsi Excel yang digunakan untuk mencacah/menghitung jumlah sel berdasar pada persyaratan/persyaratan tunggal. Jadi, Rumus COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel pada suatu range data yang penuhi persyaratan atau persyaratan tunggal yang kita tetapkan.


    Fungsi COUNTIF ini bisa digunakan sebagai rumus excel untuk menghitung jumlah data yang sama, menghitung jumlah cell yang terisi, menghitung sel yang berisi text tertentu, atau menghitung jumlah angka tetapi dengan persyaratan tertentu, dan lain-lain.


    Contoh menghitung sel yang berisi kata "apel", menghitung sel yang berisi angka di atas 50, dan lain-lain. Fungsi atau rumus countif ini pada intinya mempunyai manfaat yang sama dengan fungsi COUNT yakni untuk menghitung jumlahnya data. Tetapi pada fungsi COUNTIF, jumlahnya data ini cuman akan dihitung bila sesuai persyaratan, persyaratan atau keadaan tertentu.


    Yang perlu di tulis, kriteria atau persyaratan yang dapat digunakan pada rumus countif ini cuman satu/tunggal saja. Bila menginginkan menghitung banyak data dengan beberapa kriteria gunakanlah Rumus Countifs.


    Fungsi ini sama dalam barisan atau kelompok fungsi Statistical dalam program Excel. Fungsi yang ada dalam kelompok ini digunakan untuk menghitung atau menganalisis data yang didasari pada perbedaan satu keadaan atau persyaratan tertentu hingga beberapa fungsi yang terhitung dalam kelompok ini wajar disebutkan dengan Conditional Functions.








    Cara Menggunakan Fungsi COUNTIF Excel

    Dalam rumus exel, langkah penulisan atau langkah memakai fungsi excel COUNTIF sebagai berikut ini. Fungsi ini sama dalam barisan atau kelompok fungsi Statistical dalam program Excel. Fungsi yang ada dalam kelompok ini digunakan untuk menghitung atau menganalisis data yang didasari pada perbedaan satu keadaan atau persyaratan tertentu hingga beberapa fungsi yang terhitung dalam kelompok ini wajar disebutkan dengan Conditional Functions.



    Cara Menggunakan Fungsi COUNTIF Excel

    Dalam rumus exel, cara penulisan atau langkah memakai fungsi excel COUNTIF sebagai berikut ini: 

    • Contoh Rumus COUNTIF Excel
    • Contoh pertama pada cell E4 di atas memakai rumus countif:
    • =COUNTIF(C2:C8;80)


    Rumus di atas menghitung jumlah sel (cell) pada range C2:C8 yang didalamnya bernilai 80. Banyaknya ada 2. Pada contoh ke-2 (E7), rumus countif yang digunakan: =COUNTIF(C2:C8;">80 "). Rumus excel countif di atas digunakan untuk menghitung jumlah sel pada range C2:C8 yang didalamnya berharga lebih dari 80. Banyaknya ada 3.


    Waktu memakai rumus Countif Excel, persyaratan teks atau persyaratan apa saja yang meliputi simbol ekpresi nalar atau matematika harus diikutkan dalam sinyal kutip ganda ("..."). Bila persyaratan ialah numerik, tanda kutip ganda tidak dibutuhkan. Keterangan mengenai gestur nalar dapat dibaca pada halaman berikut ini: Operator Penghitungan dalam Rumus Microsoft Excel


    Untuk kombinasi lambang ekpresi nalar perbedaan dan rujukan sel, langkah penulisannya dikombinasi dengan karakter dan mirip contoh berikut ini: 

    • Contoh Fungsi CountIf Excel 2
    • =COUNTIF(C2:C8;">"&E4)
    • Persyaratan pada fungsi Countif tidak sensitif huruf besar kecil ; misalkan, string "APEL" dan string "apel" dianggap sama.
    • Contoh Fungsi CountIf Excel 3
    • Pada rumus di atas text Apel, APEL, aPEL, apel dipandang sama.



    Pada fungsi countif ini kita bisa juga memakai watak sinyal wilcard bertanya (?) dan sinyal bintang (*) selaku argument persyaratan. Tanda pertanyaan (?) sebagai wakil watak tunggal apa pun; sinyal bintang sebagai wakil banyak watak.

    • Contoh Fungsi CountIf Excel 4
    • Pada cell D4, rumus countif menghitung tiap sel yang dengan diawali text "Apel".
    • =COUNTIF(B2:B8;"Apel* ")
    • Sedang pada rumus ke-2 (D5) fungsi countif menghitung banyak sel yang diakhiri dengan teks "Manis".
    • =COUNTIF(B2:B8;"*Manis ")


    Kriteria sel yang dapat diaplikasikan pada fungsi countif ini cuman satu saja, Bila menginginkan mengaplikasikan persyaratan sel yang dihitung jumlahnya lebih satu karena itu pakailah fungsi COUNTIFS. Khusus untuk menghitung cell yang kosong atau mungkin tidak kosong Anda dapat memakai fungsi COUNTA atau COUNTBLANK. Mudah-mudahan berguna penjelasan mengenai Fungsi yang Digunakan Untuk Menghitung Banyak Data Dalam Range Tertentu. Semoga Bermanfaat!