Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memasang Fitur Dark Mode Instagram Pada Smartphone Vivo V17 Pro

Memasang Fitur Dark Mode Instagram Pada Smartphone Vivo V17 Pro - Saat ini, dark mode menjadi fitur yang sedang diperbincangkan dan diminati oleh para pengguna smartphone, baik digunakan sebagai tampilan smartphone itu sendiri maupun sebagai tampilan media sosial. Awalnya, dark mode dipopulerkan pada 2006 oleh Twitter.


Fitur Dark Mode Instagram Pada Smartphone Vivo V17 Pro
Fitur Dark Mode Instagram Pada Smartphone Vivo V17 Pro


Tetapi sayangnya, tidak semua smartphone dapat menggunakan fitur dark mode. Hanya smartphone dengan sistem operasi (OS) Android 9.0: Pie yang dapat menggunakannya, seperti smartphone Vivo V17 Pro. Smartphone pabrikan Cina yang diluncurkan pada September 2019 ini memang dibekali dengan perangkat dan fitur yang canggih, termasuk fitur dark mode.



Manfaat Fitur Dark Mode

Berdasarkan berita yang beredar, fitur dark mode sudah ada pada smartphone dengan sistem operasi (OS) Android 10: Q Beta. Fitur yang tengah ramai diperbincangkan ini ternyata memiliki beberapa manfaat, di antaranya:


Dapat Membuat Cahaya Biru Pada Smartphone Berkurang

Cahaya biru yang dipancarkan dari layar smartphone memiliki risiko yang cukup berbahaya untuk tubuh, seperti risiko kanker. Dengan dark mode, cahaya biru dapat diminimalkan.


Dapat Membuat Penggunanya Tidur Lelap

Dark mode dapat mengurangi cahaya biru sehingga sistem kerja otak menjadi lebih baik. Membaiknya sistem kerja otak akan menghasilkan hormon melatonin yang memberikan perintah untuk tidur.


Dapat Membuat Kontras Cahaya Smartphone Lebih Sempurna






Kontras cahaya smartphone akan lebih sempurna jika menggunakan fitur dark mode. Hal ini terjadi karena cahaya yang dipancarkan akan diminimalkan. Dengan begitu, tampilan smartphone tidak akan terlalu terang saat Anda sedang berada di tempat yang gelap.


Dapat Membuat Mood Pengguna Smartphone Lebih Baik

Berdasarkan Ilmu Psikologi, warna hitam melambangkan wibawa, kekuatan, formalitas, dan elegansi. Dengan dark mode, mood Anda akan terasa lebih baik dan dapat lebih berkonsentrasi.


Dapat Membuat Tampilan Smartphone Lebih Menarik

Dark mode akan membuat tampilan background smartphone Anda lebih menarik dan elegan.


Dapat Membuat Tulisan Terlihat Lebih Jelas

Jika menggunakan dark mode, cahaya yang dipancarkan dari smartphone akan berkurang. Hal ini akan membuat mata Anda lebih fokus pada semua hal yang ada di dalam layar, termasuk tulisan.


Dapat Menghemat Baterai

Kontras yang tinggi dan kerja keras smartphone untuk menyalakan OLED atau LED dapat menghabiskan baterai. Dengan dark mode, kontras dan ukuran piksel pada LED dapat diminimalkan. Bahkan, ukuran piksel pada OLED dapat dimatikan.


Dapat Mengurangi Rasa Lelah Pada Mata

Menatap layar smartphone yang terang akan membuat mata Anda bekerja terlalu keras sehingga akan cepat lelah. Dengan dark mode, kerja mata Anda akan lebih santai.



Cara Memasang Fitur Dark Mode Instagram Pada Smartphone Vivo V17 Pro

Meskipun awalnya hanya dipasangkan pada media sosial Twitter, saat ini fitur dark mode sudah dapat dipasangkan pada media-media sosial lainnya, seperti Instagram. Jika Anda menggunakan smartphone Vivo V17 Pro dan ingin memasang fitur dark mode pada Instagram, silakan ikuti cara berikut ini.


  1. Masuk ke dalam menu Settings.
  2. Pilih Display and Brightness.
  3. Pilih dan aktifkan Dark mode.


Selain itu, Anda juga dapat memasang dark mode dengan Shortcut Center. Adapun caranya adalah sebagai berikut.


  1. Sapukan layar dari bagian bawah ke bagian atas.
  2. Cari dan pilih Dark Mode.
  3. Tampilan smartphone Vivo V17 Pro Anda sudah menjadi gelap.


Sebenarnya, tampilan Instagram yang gelap akan mengikuti tampilan gelap pada sistem. Jika sistem menggunakan dark mode dan gelap, tampilan Instagram juga akan gelap. Tetapi jika sistem tidak menggunakannya atau berwarna putih terang, tampilan Instagram juga akan berwarna putih terang.


Itulah cara memasang fitur dark mode Instagram pada smartphone Vivo V17 Pro kesayangan Anda. Selamat mencoba!