Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk, Pantau Data Usage Smartphone Vivo Anda dengan Cara Berikut!

Pantau Data Usage Smartphone Vivo Anda dengan Cara Berikut - Teknologi yang berkembang dengan pesat membuat umat manusia sangat mudah mengakses apa pun, khususnya internet. Jika dahulu internet hanya dapat diakses dengan menggunakan perangkat komputer, saat ini dapat diakses dengan menggunakan smartphone. Dengan begitu, Anda dapat menjelajahi dunia hanya dalam satu genggaman.


Pantau Data Usage Smartphone Vivo Anda dengan Cara Berikut
Pantau Data Usage Smartphone Vivo Anda dengan Cara Berikut


Tidak dapat dipungkiri bahwa smartphone saat ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Selain dapat digunakan sebagai alat komunikasi, smartphone juga dapat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan, mengirim surat elektronik, mencari berbagai informasi yang dibutuhkan dengan berselancar di dunia maya, dan mencatat segala hal yang penting.


Ternyata, situasi seperti ini memicu perusahaan-perusahaan yang merakit smartphone terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Salah satunya adalah perusahaan yang merakit smartphone Vivo.


Vivo adalah smartphone pabrikan Tiongkok yang didirikan pada 2009. Smartphone ini terus mengalami perkembangan yang dibekali oleh fitur-fitur canggih, beberapa kamera beresolusi tinggi, dan perangkat-perangkat yang mumpuni. Bahkan, sistem operasinya pun turut bekembang mengikuti perkembangan Android yang diproduksi oleh Google.








Jaringan Smartphone Vivo

Seiring dengan kemajuan teknologi, smartphone Vivo, terutama keluaran baru, sudah menggunakan jaringan 4G, bahkan 5G. Jaringan 4G adalah perkembangan dari jaringan 2G dan 3G dengan standar LTE (Long Term Evolution) asal Swedia dan WiMAX asal Korea Selatan. Standar LTE lebih banyak digunakan oleh provider ponsel, sedangkan standar WiMAX digunakan oleh provider modem komputer.


Jika menggunakan smartphone Vivo dengan jaringan 4G, Anda akan mendapatkan beberapa kelebihan, di antaranya:


  1. Adanya fasilitas OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) sehingga proses transmisi data melalui spektrum radio berskala besar lebih cepat.
  2. Memberikan kenyamanan saat bermain game yang berat.
  3. Mendukung mobilitas yang tinggi.
  4. Mendukung sistem kerja ITU-R dan IMT.
  5. Meminimalkan, bahkan menghilangkan, buffering saat streaming.
  6. Proses download dan upload lebih cepat.
  7. Proses pertukaran data dapat dilakukan dengan kecepatan yang tinggi.


Meskipun demikian, jaringan 4G juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah membuat kuota internet dan data usage smartphone Anda cepat habis. Untuk mengetahui penggunaan keduanya, smartphone Vivo memiliki fitur Data usage.


Fitur ini sudah ada sejak smartphone Vivo menggunakan Android 4.0: Ice Cream Sandwich. Fungsinya adalah untuk memperingatkan pengguna smartphone tentang besarnya data usage yang digunakan sehingga pulsa yang ada tidak habis terpakai untuk kuota internet.



Cara Memantau Data usage Smartphone Vivo

Untuk memantau data usage pada smartphone Vivo kesayangan Anda, silakan ikuti cara berikut ini.


  1. Masuk ke dalam menu Setting.
  2. Pilih Mobile Network.
  3. Pilih Data Monitor.
  4. Kemudian, Anda akan melihat hasilnya berupa total penggunaan data hari itu, bulan itu, dan rata-rata harian.

Saat masuk ke dalam menu Data Monitor, Anda juga dapat melihat beberapa menu lainnya, seperti Data-Saving Mode, Data usage Details, Network Management, dan Network Speed Details.


Pada menu Data-Saving Mode, Anda dapat mengatur penggunaan kuota sehingga lebih hemat. Pada menu Data usage Details, Anda akan melihat grafik tentang penggunaan data harian secara lengkap.


Pada menu Network Management, Anda dapat mengatur penggunaan data semua aplikasi yang ada di dalam smartphone Vivo dengan menggunakan Wi-Fi atau jaringan selular. Pada menu Network Speed Details, Anda dapat melihat kecepatan download dan upload secara menyeluruh dari setiap aplikasi.


Itulah cara memantau data usage pada smartphone Vivo kesayangan Anda. Dengan begitu, Anda dapat mencegah terpakainya pulsa untuk kuota internet. Selamat mencoba!