Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengoptimalkan Kamera Hp Samsung Ala DSLR

Mengoptimalkan Kamera Hp Samsung Ala DSLR - Bagi Anda yang hobi berfoto, memiliki ponsel dengan kamera ala DSLR tentunya sangat menggembirakan. Anda bisa memotret segala objek tanpa khawatir hasilnya menjadi tidak memuaskan. Sayangnya, tidak banyak merek Hp dengan kamera yang setara kualitasnya dengan kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR). Kalaupun ada, harganya tidak cukup ramah di kantung. Namun, Anda bisa melirik sejumlah kamera Hp Samsung ala DSLR yang beredar di pasaran. 


Mengoptimalkan Kamera Hp Samsung Ala DSLR
Mengoptimalkan Kamera Hp Samsung Ala DSLR


Tipe Hp Samsung dengan fitur kamera setara DSLR diantaranya Samsung Galaxy Note 5, Samsung Galaxy Note 8, Samsung Galaxy S10 Plus, dan masih banyak lagi. Jika Anda mungkin hendak bepergian ke suatu tempat dan butuh ponsel dengan kamera setara DSLR, mungkin salah satu tipe Hp Samsung tersebut bisa jadi pilihan. 



Efek Kamera Hp Samsung 

Mungkin saat ini Anda sudah memiliki Hp Samsung namun tidak masuk dalam daftar Hp yang memiliki kualitas kamera setara dengan DSLR. Jangan khawatir, Anda masih bisa mengoptimalkan efek-efek kamera ponsel Samsung seperti berikut ini.

  1. Pro Mode. Pengaturan kamera pada efek ini membuat hasil foto Anda tampak seperti dipotret menggunakan kamera DSLR Anda. Setelah masuk ke fitur ini, Anda bisa langsung sesuaikan ISO atau Exposure sesuai kebutuhan foto Anda. 
  2. Filters. Fitur filters pada kamera Hp Samsung ala DSLR sangat bisa Anda andalkan. Ada begitu banyak efek filter pada Hp Samsung. Anda bisa menyesuaikan efek kamera untuk tampilan foto ala kamera DSLR. Untuk efek yang lebih banyak, Anda bisa mengunduhnya di App Store Samsung.
  3. Live Focus. Efek kamera Hp Samsung ala DSLR ini yang paling disukai oleh para pengguna adalah efek Bokehnya. Subjek yang Anda ambil fotonya akan terlihat sangat fokus. Sementara, latar belakangnya akan terlihat blur. 





  4. HDR Mode. High Dynamic Range bisa Anda gunakan untuk mencari kontras gambar yang sesuai. Misalnya, Anda berada di tempat yang minim cahaya. HDR Mode membuat foto Anda menjadi tampak lebih cerah tanpa meninggalkan kesan alami objek tersebut. 
  5. Food Mode. Apakah Anda orang yang gemar memotret makanan sebelum menyantapnya? Efek kamera Hp Samsung ala DSLR ini bisa membantu Anda mendapatkan foto makanan yang bagus sesuai keinginan Anda. 



Menyetel Kamera Hp Samsung Ala DSLR

Seperti yang telah disebutkan di atas, sejumlah Hp Samsung memang diciptakan dengan kamera bawaan yang setara kamera DSLR. Namun, ada sebagian produk Hp Samsung yang tidak memiliki kualitas Hp seperti itu. 

Anda masih bisa mengoptimalkan kamera Hp Samsung ala DSLR dengan langkah-langkah sebagai berikut. 


Memanfaatkan Tracking AF. Pada kamera DSLR, fitur ini sangat berguna saat harus menangkap objek yang bergerak. Fitur ini juga terdapat pada Hp Samsung. Berikut cara mengaktifkan Tracking AF:

  1. Klik ikon Setting.
  2. Pilih Tracking AF, lalu swipe untuk mengaktifkannya. 
  3. Kembali ke Preview. 
  4. Sentuh subjek yang ingin dilacak pada layar. 
  5. Hp Samsung Anda akan bekerja untuk Tracking AF ini. 
  6. Selanjutnya, ambil foto. 


Exposure. Fitur ini berfungsi untuk mengontrol seberapa gelap dan terang foto yang akan Anda ambil. Cara menyetel exposure pada kamera Hp Samsung ala DSLR adalah sebagai berikut:

  1. Matikan HDR Mode. 
  2. Klik Pengaturan Aplikasi Kamera. 
  3. Scroll ke bawah hingga Anda menemukan eksposur yang tepat untuk objek yang akan Anda ambil. 


Matikan Zoom Digital pada Pengaturan Aplikasi Kamera Hp Samsung Anda. Ketika hal ini Anda lakukan, Anda akan bisa memotret objek dengan resolusi penuh ala kamera DSLR. 


Aktifkan HDR Mode. Untuk hasil foto lebih nyata daripada aslinya, Anda bisa memanfaatkan fitur HDR Mode dalam kamera Hp Samsung Anda. Ketika suasana di sekitar mulai gelap atau minim cahaya, Anda bisa aktifkan fitur ini dengan cara klik ikon yang terihat seperti gambar matahari dan bulan yang saling menempel pada sebelah kiri atas. 


Gunakan Mode Metering. Fitur ini mengoptimalkan cahaya di sekitar objek yang Anda bidik. Ketuk ikon yang tampak seperti roda gigi. Dari sini Anda bisa mulai menggunakan mode pengukuran. Pada kamera Hp Samsung ala DSLR, pengukuran sering terjadi balance tengah. Anda bisa mengaturnya sesuai kebutuhan. 


Pengambilan gambar untuk hasil foto ala kamera DSLR kini sangat mudah dilakukan. Anda bisa mengandalkan fitur-fitur yang ada pada kamera Hp Samsung ala DSLR seperti yang telah disebutkan di atas. Jika Anda mengetahui trik lainnya, Anda bisa menulis di kolom komentar.