Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kartu Smartfren Tidak Ada Sinyal

    Kartu Smartfren Tidak Ada Sinyal - Pernahkah smartphone ada mengalami hilang sinyal? Pasti pernah. Hal ini sering terjadi oleh setiap pengguna smartphone dari berbagai provider berbeda. Ada banyak macam hal yang menyebabkan smartphone tidak bisa membaca sinyal. Bisa jadi ada gangguan, seperti daerah Anda tidak memiliki sinyal tersebut atau mungkin SIM Card Anda sudah dalam keadaan masa tenggang. Karena tidak ada layanan, maka anda tidak bisa telepon, kirim SMS, internetan, main game online atau aktivitas lain yang membutuhkan sinyal.


    Kartu Smartfren Tidak Ada Sinyal
    Kartu Smartfren Tidak Ada Sinyal


    Tidak adanya jaringan pada smartphone tentu akan sangat mengganggu aktivitas Anda ketika menggunakan smartphone. Aktivitas anda pun menjadi tidak optimal. Beberapa pekerjaan mungkin akan tertunda. Oleh karena itu, alangkah baiknya agar anda segera mengatasi hilangnya sinyal. 


    Kasus seperti ini pun bisa terjadi ketika anda menggunakan Sim card dari Smartfren. Beberapa pelanggan bahkan sering mengalami hal ini. Ketika Smartfren tidak ada sinyal, akibatnya anda menjadi gusar dan bingung. Terkadang ada beberapa orang yang marah karena hal ini. Jadi, bersabarlah.



    Penyebab Smartfren Tidak Ada Sinyal

    Sebenarnya apa sih yang menyebabkan kartu Smartfren tidak ada sinyal? Sebagai pengguna, tentu anda tidak mau terus-menerus mengalami masalah hilangnya sinyal pada kartu Smartfren yang digunakan. 

    Untuk menghindari hal demikian ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa penyebab hilangnya jaringan pada kartu Smartfren. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi risiko hilangnya kenyamanan ketika menggunakan kartu Smartfren untuk berbagai aktivitas.

    Berikut ini adalah beberapa faktor umum yang dialami oleh pengguna kartu Smartfren sehingga terjadinya gangguan jaringan yang sering hilang.


    Jaringan Tidak Stabil

    Meskipun jaringannya luas, tidak sedikit pengguna Sim card ini memiliki pengalaman jaringan yang tidak stabil. Nah, hal inilah yang bisa membuat anda kehilangan signal. Oleh karena itu, carilah tempat di mana jaringan kuat tersedia dan tidak patah-patah. Meskipun menyebalkan, temukan posisi yang pas di rumah anda untuk mendapatkan sinyal yang lebih stabil dan kuat.


    Tidak Support Jaringan VoLTE

    Alasan lain kartu tersebut tidak ada sinyal adalah karena smartphone anda tidak mendukung jaringan VoLTE. Oleh karena itu pastikan terlebih dahulu apakah smartphone anda sudah mendukung VoLTE atau belum.


    Smartphone Tidak Mendukung Jaringan 4G

    Sama halnya dengan tidak mendukung jaringan VoLTE, tidak adanya dukungan jaringan 4G juga dapat menjadi penyebab mengapa kartu Smartfren anda tidak ada sinyal. Perlu diketahui bahwa Smartfren ini menggunakan jaringan 4G, sehingga smartphone yang tidak atau belum mendukung jaringan 4G tidak bisa menemukan sinyal kartu Smartfren.


    Wilayah Tempat Tinggal Tidak Terjangkau Jaringan 4G

    Jaringan kartu Smartfren Anda patah-patah, tidak stabil atau tidak ada sama sekali? Bisa jadi wilayah di mana anda tinggal tidak meng-cover jaringan 4G. Jaringan 4G tidak menjangkau tempat tinggal Anda. Oleh karena itu, anda tidak bisa menemukan sinyal kartu Smartfren.








    Cara Mengatasi Kartu Smartfren tidak Ada Sinyal

    Ketika anda sedang asyik internetan kemudian sinyal hilang tiba-tiba, sungguh ini adalah kejadian yang sangat mengesalkan. Apalagi dengan jumlah pengguna kartu Smartfren yang banyak, hal ini bisa menyebabkan pihak Smartfren terkesan lalai dan abai terhadap pelanggan. 

    Namun tentu saja, Smartfren memiliki solusi untuk mengatasi kartu Smartfren yang tidak ada sinyal. Jika anda menemukan kartu Smartfren pada smartphone tidak ada sinyal, maka cobalah untuk melakukan beberapa trik berikut ini.


    Diagnosa Masalah

    Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi masalah hilang atau tidak adanya sinyal pada kartu Smartfren adalah diagnosa terlebih dahulu. Cari masalah sedetail mungkin mengapa sinyal Smartfren tidak ada. Melalui diagnosa, anda akan tahu apa penyebab yang menjadikan kartu Smartfren anda tidak memiliki sinyal. Jika anda sudah mengetahui sebabnya maka terapkan solusi. Untuk menemukan masalah yang ada, anda perlu menghubungi call center Smartfren.

    Beberapa data pengguna memiliki respon yang kurang memuaskan terhadap pelayanan call center Smartfren. Selain karena respons call center Smartfren yang lambat, masalah hilangnya sinyal pun tidak langsung selesai. Maka tidak jarang banyak pengguna kartu Smartfren yang mencari solusi secara mandiri untuk mengatasi kartu Smartfren yang tidak ada sinyal.


    Setting Smartfren 4G Only

    Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kartu Smartfren yang tidak ada sinyal adalah dengan mengatur jaringan. Masuklah ke menu setting perangkat, lalu atur jaringan Smartfren ke 4G Only. Dengan melakukan ini, smartphone anda hanya akan menangkap jaringan 4G saja. Selain jaringan 4G maka akan diabaikan.

    Selain masuk ke menu setting, anda bisa mengatur jaringan 4G Only dengan dial up. Ketik *#*#4636633#*#*. Setelah berhasil, centanglah opsi band 40 dan pilih set. Setelah itu, pilih select network dan lanjutkan. Pilih LTE Only, lalu pilih OK. Jika cara ini tidak bekerja pada ponsel anda, maka lakukan setting dengan cara sebelumnya.


    Instal Signal Booster

    Ada banyak aplikasi untuk meningkatkan sinyal. Salah satu aplikasi rekomendasi untuk pengguna Smartfren adalah Smart Toolkit. Instal aplikasi ini secara gratis di smartphone. Cara ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah sinyal yang tidak ada atau tidak stabil. Dengan ini, anda bisa menemukan sinyal yang lebih baik dengan metode jaringan hybrid. Adapun cara menggunakannya adalah cari aplikasi Smartfren Toolkit terlebih dahulu.

    Setelah anda menginstal aplikasinya, buka dan pilih ON. Setelah itu, lalukan restart smartphone. Kemudian masuk ke menu setting dan pilih 4G Only. Restart ponsel anda kembali. Lalu masuk ke menu setting kembali dan pilih CDMA. Lanjutkan kembali ke menu setting, lalu swap jaringan dari evdo ke evdo hybrid. Lakukan restart, lalu pilih 4G LTE Hybrid saat ponsel kembali menyala.


    Mengubah APN

    Satu lagi cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi kartu Smartfren yang tidak ada sinyal adalah dengan mengubah APN jaringan Smartfren. Metode ini sebenarnya seperti belah pisau bermata dua. Terkadang, cara ini membuat jaringan atau sinyal sangat kuat. Dan kadang kala mengubah APN justru membuat sinyal tidak ada atau hilang. Oleh karena itu, anda harus teliti ketika ingin mengubah alamat APN Smartfren.

    Meskipun berisiko, anda tetap bisa tenang. Pasalnya ada banyak APN Smartfren kustom yang aman dan dijamin bekerja untuk menjaga kestabilan sinyal Smartfren. Anda bisa mencari APN Smartfren kustom di berbagai artikel internet. Mengubah APN secara sembarangan bisa menjadi penyebab sinyal Smartfren hilang. Tetapi anda bisa mengatasinya dengan me-reset APN ke bentuk pabrikan. Jika tidak, temukan Smartfren APN kustom yang terpercaya.

    Itulah beberapa hal yang membuat kartu Smartfren anda tidak ada sinyal. Jika anda mengalaminya, tidak perlu khawatir. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk memunculkan kembali sinyal Smartfren yang hilang. Selain menghubungi call center, anda juga bisa mengatasinya secara mandiri. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk anda.


    tags : kartu sim tidak ada layanan, kartu smartfren tidak bisa digunakan, kartu smartfren hilang, smartfren no service, smartfren gangguan hari ini 2021, smartfren no service di iphone, smartfren tidak bisa telepon, sinyal smartfren tidak stabil