Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Akun Telegram yang Terhapus Permanen

    Cara Mengembalikan Akun Telegram yang Terhapus Permanen - Akun pada media pesan, bisa dihapus kapan saja oleh pemilik. Sering terdengar, jika telah terhapus tidak bisa dipulihkan lagi. Tapi ini tidak berlaku bagi Telegram. Cara mengembalikan akun Telegram yang terhapus permanen bisa dijalankan. Tentu saja, perlu syarat khusus untuk memprosesnya.


    Cara Mengembalikan Akun Telegram yang Terhapus Permanen
    Cara Mengembalikan Akun Telegram yang Terhapus Permanen


    6 Cara Mengembalikan Akun Telegram yang Terhapus Permanen

    Dengan berbagai alasan, orang menghapus akun Telegramnya. Ini bisa terjadi atas kesengajaan maupun tidak. Pada kasus tertentu ada yang harus kehilangan akun karena smartphone rusak sehingga seluruh data terhapus. Jadinya memerlukan tindakan pemulihan agar akun kembali. 


    Pengembalian akun jauh lebih mudah jika nomor HP masih aktif. Tindakan pemulihan dapat diproses lebih cepat. Akun yang telah dihapus bisa dikembalikan dengan cara berikut ini.


    Mendowload dan Install Kembali Aplikasi Telegram

    Pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan aplikasi chatting Telegram sudah ada pada smartphone anda. Jika aplikasi tidak ada, maka perlu mendownload dan menginstal ulang. Untuk android klik temukan aplikasi di Google Play Store. Sedangkan untuk iOS bisa mendapatkan aplikasinya dari Apps Store.

    Klik “install” pada penyedia aplikasi. Tunggu hingga proses download selesai. Secara otomatis, smartphone anda akan melakukan pemasangan. Jika sudah, maka akan muncul simbol aplikasi pada layar smartphone anda.


    Membuka Aplikasi

    Setelah sukses terinstal, maka bukalah aplikasi. Jalankan dengan cara mengetuk simbol aplikasi Telegram yang muncul pada layar smartphone.


    Memulai Perpesanan

    Pada halaman utama akan muncul perintah langkah selanjutnya. Pada jendela ini, anda diminta untuk memulai membuka perpesanan. Klik “Start Messaging” atau “Mulai”. Lalu Telegram akan menampilkan halaman selanjutnya.


    Login Menggunakan Nomor HP

    Di halaman ini, anda diminta untuk memasukkan negara asal dan nomor HP. Oleh karena itu, pastikan nomor Telegram yang ingin dipulihkan masih aktif. Pilih negara asal anda dengan klik “Indonesia”. Secara otomatis akan muncul kode negara di bawahnya.

    Kemudian masukkan nomor HP aktif yang didaftarkan sebelumnya untuk membuat akun Telegram. Lalu tekan tanda panah dengan background lingkaran berwarna biru. Simbol ini berada di pojok kanan bawah. Cara ini dinamakan dengan login ulang.


    Verifikasi Akun

    Lalu muncul halaman verifikasi. Pada halaman ini anda diminta untuk memasukkan kode yang telah dikirim oleh Telegram. Kode ini akan dikirim ke nomor HP terdaftar. Sehingga penting memasang SIM Card pada smartphone yang sama dengan penginstalan aplikasi.

    Kode tersebut merupakan kode unik yang bersifat rahasia. Biasa disebut dengan nama kode OTP. Jika terdapat kesalahan atau tidak kunjung mendapatkan kode unik, maka klik “kirim kode via SMS”. Lakukan penyalinan kode pada kolom Telegram yang tersedia.


    Akun Kembali

    Jika kode yang dimasukkan benar, maka anda akan dibawa menuju halaman selanjutnya. Anda akan bertemu kembali dengan halaman yang berisi profile dan pengaturan akun. Ini terjadi secara otomatis setelah berhasil melakukan verifikasi.

    Dengan begitu, akun Telegram yang terhapus permanen bisa kembali lagi. Anda bisa mulai berselancar memanfaatkan fitur-fitur media perpesanan ini lagi. Syaratnya, nomor yang didaftarkan masih aktif.



    Cara Mendapatkan Akun Terhapus dengan Menghubungi Telegram

    Kegagalan mengembalikan akun Telegram bisa saja terjadi. Bahkan masalah ini sering muncul meskipun nomor HP masih aktif. Sehingga menimbulkan kepanikan bagi pengguna. Sebenarnya hal ini bisa teratasi dengan beberapa langkah berikut:


    Mengirim Email pada Pihak Telegram

    Buatlah email pengajuan pemulihan akun untuk menghubungi pihak Telegram. Email dibuat berdasarkan format laporan.


    Menjelaskan Secara Detail Keinginan Mengembalikan Akun

    Laporan yang dikirimkan tidak boleh ditulis asal. Anda perlu menjelaskan secara rinci alasan mengaktifkan kembali akun yang telah terhapus permanen. Jelaskan secara runtut awal mula menghapus hingga mencoba memulihkan akun yang telah dinonaktifkan oleh Telegram.







    Pihak Telegram Melakukan Analisis

    Email yang terkirim akan ditindaklanjuti oleh pihak Telegram. Petugas yang berkaitan akan melakukan analisis terhadap laporan anda. Sangat penting mengirim email yang singkat, jelas, tapi detail.


    Menunggu Konfirmasi

    Anda tidak bisa langsung memperoleh balasan dari pihak Telegram. Karena proses pengembalian akun ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga anda harus sabar menunggu. Telegram akan mengirimkan email kembali jika telah selesai melakukan proses analisis dan memulihkan data anda.


    Mengakses Kembali Aplikasi Telegram

    Jika pemulihan selesai, maka petugas aplikasi perpesanan akan mengirim email. Email tersebut juga berisi password khusus. Password ini perlu disematkan saat anda mencoba mengembalikan akun. Sehingga anda bisa kembali mengakses aplikasi pesan ini.



    Cara Memulihkan Akun Telegram yang Sudah Tidak Aktif Nomornya

    Langkah memulihkan kepemilikan akun Telegram cukup sulit tanpa nomor HP yang aktif. Hal yang sama juga berlaku jika kehilangan nomor HP. Karena anda membutuhkan kode verifikasi yang dikirim oleh melalui nomor tersebut.


    Tapi ini bisa diatasi dengan melakukan langkah ekstra. Anda perlu mendapatkan kembali nomor yang hilang atau tidak aktif. Cara mengembalikan akun Telegram yang terhapus permanen tanpa nomor HP, antara lain:


    Mengaktifkan Kembali Nomor HP

    Saat ini, sudah banyak provider yang melayani pengaktifan kembali nomor HP. Juga memberikan layanan SIM Card baru bagi pelanggan yang kehilangan atau rusak. Ini bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan akun Telegram yang telah dihapus. Untuk mendapatkan kembali nomor HP, lakukan cara berikut ini.


    1. Hubungi Call Center Provider. Anda perlu menghubungi call center terlebih dahulu untuk menanyakan proses aktivasi. Tanyakan syarat apa saja yang perlu dilengkapi.
    2. Mengunjungi Kantor Provider. Setelah persyaratan siap, bawalah ke kantor provider tersebut. Sebaiknya datang ke provider terdekat dengan rumah. Karena tidak perlu mengantri lama dan buang waktu diperjalanan.
    3. Melakukan Proses Aktivasi Ulang. Biasanya, anda akan diarahkan pada bagian customer service setelah sampai di tempat provider. Kemudian jelaskan maksud dan tujuan pada petugas. Berikan persyaratan yang perlu anda lengkapi.
    4. Nomor HP Anda Dapatkan. Segera nomor yang sama bisa anda dapatkan kembali. Anda akan mendapatkan SIM Card baru. Tapi, ada kondisi dimana SIM Card kosong. Sehingga perlu menunggu beberapa waktu. Pihak provider akan menghubungi kembali jika stok tersedia.


    Di era digital ini, banyak provider yang melayani secara online. Sehingga proses pengaktifan nomor HP yang telah mati dilakukan secara online. Ini lebih menghemat waktu dan biaya karena bisa diproses dimana saja. 


    Melakukan Login Ulang

    Langkah berikutnya, anda tinggal melakukan login ulang pada aplikasi Telegram. Cara ini sama dengan bab sebelumnya.


    Mengirimkan Laporan Pengaduan

    Jika tidak terburu-buru maka ajukan laporan pengaduan pada Telegram. Anda bisa mengirim pengaduan ke bagian Support Telegram. Isi sesuai dengan kolom yang disediakan. Jelaskan secara detail mengenai permohonan bantuan untuk mengembalikan akun.


    Nah, itulah beberapa cara mengembalikan akun Telegram yang terhapus permanen. Sebelum menghapus akun, sebaiknya anda memikirkan secara matang. Agar repot saat ingin mencari informasi. Karena proses ini membutuhkan cara yang cukup rumit.


    tags : cara mengembalikan akun telegram yang di hack, cara mengembalikan akun telegram yang logout, cara mengembalikan chat telegram yang terhapus di iphone, cara mengembalikan akun telegram yang di banned, cara mengembalikan akun twitter yang terhapus permanen, cara login telegram dengan nomor yang tidak aktif, cara melihat grup telegram yang sudah dihapus, recover deleted telegram account link