Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Telegram Tidak Bisa Mendownload Video?

    Kenapa Telegram Tidak Bisa Mendownload Video - Keberadaan Telegram semakin dipercaya oleh masyarakat. Ini terbukti dengan semakin bertambahnya pengguna tiap hari. Performanya terus mengalami perbaikan. Sehingga semakin diminati oleh penggunanya. Terlebih lagi, aplikasi ini menawarkan fitur beragam. Bahkan bisa mendownload video atau film.


    Kenapa Telegram Tidak Bisa Mendownload Video
    Kenapa Telegram Tidak Bisa Mendownload Video


    Masalahnya, terkadang pengguna dihadapkan pada kesulitan mengunduh video. Pengguna yang tidak tahu, selalu bertanya kenapa saya tidak bisa mendownload video di Telegram. Sehingga merasa semakin kebingungan bagi yang belum familiar dengan aplikasi ini. Padahal ada faktor kenapa Telegram tidak bisa mendownload video.



    Jaringan Internet yang Buruk

    Faktor penting agar dapat mengunduh file apapun adalah koneksi internet. Ini merupakan komponen penting dalam dunia chatting online. Tak hanya yang menggunakan website, tapi juga berlaku saat menggunakan aplikasi.


    Jika mendapati kesulitan download video, maka cek dahulu jaringan internet pada smartphone. Bisa jadi, sinyal terputus atau lemah. Ini mengakibatkan proses download tidak bisa dikerjakan. Sedangkan sinyal yang lemah menyebabkan waktu mengunduh cukup lama. Kemungkinan buruknya, video gagal terunduh.


    Maka dari itu, sebaiknya pastikan jaringan internet saat download macet. Jangan keburu marah atau kesal. Tentunya setiap video yang diambil juga memiliki ukuran file berbeda-beda. Sehingga sangat bergantung pada kecepatan internet. Ini juga berlaku saat menggunakan WiFi.



    Aplikasi Belum Diperbarui

    Ada alasan aplikasi Telegram harus terus diperbarui. Saat muncul notifikasi update, berarti versi sebelumnya memiliki kekurangan. Inilah yang menjadi awal mula munculnya pembaruan aplikasi pada Play Store. 


    Perbaikan tersebut dikerjakan oleh vendor karena mendapati laporan kerusakan dari pengguna. Sehingga Telegram perlu memperbaiki sistem yang dikeluhkan. Jika sebelumnya terdapat kondisi error saat download video, bisa juga karena kerusakan sistem. Update versi baru bisa menjadi solusi mendownload dengan lancar.



    Menggunakan Aplikasi yang Tidak Resmi

    Berkembangnya aplikasi smartphone, diiringi juga dengan kemunculan aplikasi illegal. Aplikasi tidak resmi ini menawarkan penggunaan tanpa biaya. Iming-iming ini terbukti memikat banyak orang. Biasanya, media ini ditemukan pada luar wilayah Play Store.

    Selain menyalahi hukum, tindakan ini jelas merugikan pengguna. Aplikasi illegal lebih rentan terhadap serangan virus Malware. Parahnya, sistem smartphone juga ikut diserang. Akibatnya, pengoperasian tidak berjalan optimal. Ini berpengaruh saat mengunduh video.



    Tidak Support Format Video

    Telegram adalah aplikasi pesan online yang resmi. Sehingga memiliki peraturan yang harus ditaati oleh pengguna. Aktivitas menjalankan aplikasi meninggalkan rekam jejak. Demikian pula saat mengunduh video. Media chatting ini menetapkan kebijakan bagi pengguna yang ingin mengambil video.


    Telegram menetapkan format tertentu. Oleh karena itu, pengguna bisa menemui kendala saat download video. Fokus hanya pada format video yang diperbolehkan. Maka, jangan heran jika ada video yang tidak bisa diunduh.


    Apabila pengguna tetap meneruskan download, selalu ada resikonya. Setelah unduhan selesai, video tidak dibaca video oleh Telegram. Sehingga berubah menjadi file lain. Saat dibuka, video akan mengalami kerusakan.



    Memori Internal Sudah Penuh

    Pertanyaan kenapa telegram tidak bisa mendownload video biasanya terjadi karena panik. Sehingga bingung untuk mengatasi masalah tersebut. Padahal penyebabnya berasal dari smartphone itu sendiri, dengan masalah yang cukup ringan.


    Kondisi memori internal yang penuh, membuat download gagal. Sebab, memori sudah tidak muat dimasuki file lagi. Sehingga permintaan menyimpan file akan ditolak. Terlebih lagi jika ukuran file besar. Meskipun ada sedikit ruang, tapi tidak cukup untuk ditempati file tersebut.


    Meski dengan cara apapun, video tidak bisa didownload. Tidak bisa mengakali memori internal yang penuh. Jika terus dipaksa, maka akan terjadi dampak yang buruk. Smartphone kesayangan kemungkinan mengalami freeze. Bahkan menjalankan program reboot secara otomatis. 


    Saat muncul notifikasi memori penuh, jangan mengiyakan perintah. Hapus dulu file yang tidak terpakai dalam memori internal. Agar memori internal tetap memiliki ruang, bisa mengubah metode penyimpanan. Video yang didownload dialihkan pada penyimpanan memori eksternal. Ini berlaku pada smartphone yang memiliki slot micro SD.



    Cache Aplikasi Telegram Penuh

    Cache merupakan file yang tersimpan sementara pada smartphone. Ini muncul saat menjalankan aplikasi. Karena pada setiap aplikasi pasti memiliki cache tersendiri. Sehingga aka berbeda jenis file-nya. Tentunya memerlukan ruang yang cukup untuk penyimpanannya.







    Keberadaan cache ini bisa menjadi boomerang. Karena bisa memicu aplikasi error saat dioperasikan. Sama seperti yang lain, Telegram juga memiliki bawaan cache. Kenapa saya tidak bisa mendownload video di Telegram mungkin disebabkan hal ini. Cache Telegram sudah penuh. Sehingga tidak bisa berjalan mulus.


    Sehingga perlu melakukan pengecekan berkala. Jika ditemui cahce hingga dengan jumlah tinggi hingga ratusan MB, sebaiknya segera dihapus. Dengan begitu, Telegram dapat berjalan optimal sehingga download video tetap lancar.



    Smartphone yang Bermasalah

    Sering kali orang mempertanyakan kenapa saya tidak bisa mendownload video di Telegram. Itu terjadi seketika terjadi error atau gagal mengunduh. Padahal penyebabnya sangat dekat, yaitu terjadi kerusakan pada smartphone.


    Masalah yang menyerang smartphone sama seperti pada perangkat digital lainnya. Ada kemungkinan terjadi kerusakan hardware maupun software. Sehingga harus peka terhadap barang yang dimiliki. Kerusakan yang parah, sebaiknya ditangani oleh tenaga ahli.



    Terlalu Banyak Mengikuti Grup atau Channel

    Media chatting Telegram memiliki keunggulan tersendiri. Hal itu terlihat dari fitur yang ditawarkan. Salah satu fitur yang menarik adalah grup dan channel. Ini membuat pengguna bisa membuat grup tertentu dengan jumlah yang cukup besar. Sedangkan channel memberi kesempatan kepada influencer atau pebisnis memiliki pengikut lebih banyak.


    Mengikuti berbagai grup dan channel memang baik. Apalagi jika channel tersebut bersifat positif. Tapi, hal ini juga menjadi pemicu kenapa telegram tidak bisa mendownload video. Karena dalam kolom pesan grup pasti banyak yang mengirim file tertentu. Sehingga Telegram menjadi lemot.



    Mengalami Server Down

    Telegram memiliki server untuk menampung dan mengontrol kerja pengguna. Seluruh aktivitas akan terekam di dalam pusat data tersebut. Server ini dapat menyimpan informasi dan dokumen secara kompleks. Perannya sangat penting dalam proses mengirim dan menerima data.


    Kapasitas server yang dimiliki Telegram sangat besar. Karena pengguna media pesan ini berasal dari seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu, perlu performa yang selalu prima. Hanya saja, ada saat server mengalami kegagalan. Sehingga tidak bisa mengakses informasi. Orang mengenal dengan istilah server down.


    Jika terjadi server down, maka download video menjadi terganggu. Akses pada server sedng terganggu. Sehingga memerlukan perbaikan oleh tenaga ahli. Ini juga menyebabkan tidak bisa memutar video pada kondisi online.



    Kehabisan Kuota Internet

    Sebenarnya kuota habis menjadi akar kenapa saya tidak bisa mendownload video di Telegram. Sebenarnya ini merupakan masalah klasik. Sudah biasa dihadapi oleh pengguna. Saking asyiknya berlayar di dunia maya, lupa mengecek sisa kuota. Solusinya tentu sangat mudah. Datanglah ke konter untuk membeli kuota!


    Dalam mengoperasikan aplikasi, pasti akan mendapati masalah tertentu. Gagal melakukan unduh video menjadi salah satunya. Lebih baik kenali dulu pemicu kenapa Telegram tidak bisa mendownload video sehingga dapat mengatasi masalah dengan lebih kalem.


    tags : kenapa telegram tidak bisa download video dengan wifi, kenapa video telegram tidak bisa di download dengan wifi, kenapa wifi tidak bisa download video di telegram, telegram tidak bisa download video pake wifi, kenapa telegram tidak bisa di download di playstore, kenapa telegram tidak bisa download video pakai wifi, cara mempercepat download di telegram, kenapa telegram tidak bisa download video menggunakan wifi