Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Membersihkan Memori Internal HP Realme Dengan Mudah

Cara Membersihkan Memori Internal HP Realme - Jika anda termasuk seseorang yang sering mengalami kendala memori penuh pada HP realme, mungkin anda sedang mencari bagaimana cara membersihkan memori internal HP realme agar HP menjadi lancar dan tidak lemot. Untuk membersihkan memori HP realme sendiri ada beberapa cara yang bisa anda lakukan seperti menginstal aplikasi pembersih atau membersihkan HP melalui pengaturan.


Cara Membersihkan Memori Internal HP Realme
Cara Membersihkan Memori Internal HP Realme


Pada artikel kali ini akan dibahas lengkap cara membersihkan HP realme yang mengalami kendala memori penuh menggunakan pembersihan pada menu setting. Jadi anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi tambahan yang mungkin akan sulit karena HP anda mengalami kondisi memori yang penuh sehingga tidak bisa menginstal aplikasi baru. Berikut ini cara membersihkan HP Realme dari sampah-sampah yang membuat HP menjadi lemot.


Masuk Ke Menu Setting

Pastinya anda sudah tahu di mana letak menu setting yang sebenarnya menu setting ini mempunyai banyak sekali manfaat, salah satunya untuk membersihkan memori ponsel yang penuh karena terlalu banyak menyimpan file-file sampah. Terkadang menghapus file gambar atau video yang ada pada galeri tidak akan menghapus atau membersihkan secara sempurna memori internal HP realme anda.


Maka dari itu anda harus membersihkan memori internal secara manual melalui setting dengan menghapus satu persatu file cache yang ada di aplikasi-aplikasi yang sering anda gunakan. Untuk mengetahui bagaimana cara menghapus cache menggunakan menu setting ini kita lanjut ke langkah yang berikutnya.


Cari Menu Aplikasi

Untuk langkah yang kedua coba carilah menu aplikasi dimana terdapat banyak daftar aplikasi yang diinstal pada HP realme milik anda. Setelah itu perhatikan aplikasi mana yang mengkonsumsi penyimpanan paling banyak biasanya akan ada jumlah penggunaan ruang yang dipakai oleh aplikasi-aplikasi di dalam daftar tersebut. Carilah aplikasi yang memang mengkonsumsi penyimpanan memori internal paling banyak. anda boleh saja untuk menghapus aplikasi tersebut namun jika aplikasi memang penting anda tidak perlu khawatir cobalah untuk melanjutkan langkah yang ketiga berikut ini.







Hapus Cache Aplikasi

Cara membersihkan memori internal HP realme yang ketiga yaitu setelah anda memilih aplikasi mana yang mempunyai penyimpanan besar pilih pada aplikasi tersebut kemudian akan ada menu hapus cache dan hapus data, jika anda memilih hapus cache saja maka file sampahnya saja yang akan terhapus namun jika anda pilih hapus data maka semua data pada aplikasi tersebut akan terhapus namun aplikasinya akan tetap ada.


Pilihan lainnya adalah uninstal aplikasi, jika menurut anda ada beberapa aplikasi yang tidak digunakan sebaiknya anda hapus saja aplikasi tersebut uninstal dari HP anda karena aplikasi tersebut hanya akan memperberat HP padahal sama sekali tidak digunakan. Cobalah untuk memilih dan memilah aplikasi mana yang perlu dihapus dan aplikasi mana yang hanya perlu dihapus cachenya saja jika perlu anda juga bisa menghapus data aplikasi.


Sedikit tips aplikasi yang aman dihapus data biasanya aplikasi youtube yang memang mengkonsumsi penyimpanan paling banyak namun nantinya history dan video youtube yang sudah didownload akan terhapus namun pastinya akan memperbesar penyimpanan memori internal HP anda. Selain itu anda juga bisa menghapus data chrome atau browser penelusuran karena biasanya browser menyimpan banyak history pencarian yang telah anda lakukan sebelumnya.


Dengan mengetahui cara membersihkan memori internal HP realme di atas maka kemungkinan HP realme anda saat ini sudah tidak terlalu berat dan tidak terlalu lemot lagi. Jika ingin mendapatkan hasil terbaik setelah melakukan penghapusan pada cache dan data atau meng-uninstall aplikasi disarankan untuk melakukan restart HP agar HP bisa berjalan dengan segar kembali. 


tags : cara membersihkan memori hp, cara membersihkan ram hp oppo a5s, cara memindahkan app ke sd card realme, cara membersihkan storage samsung, aplikasi untuk bersihkan ram android, cara meringankan ram android, cara menghapus aplikasi bawaan realme, cara buang file sampah di android