Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak Cara Cek Layar HP Realme C2 dengan Mudah

Cara Cek Layar HP Realme C2 - Berikut langkah-langkah cara cek layar HP Realme C2 yang bisa Anda lakukan dimana saja dan kapan saja. Meski HP Realme C2 dikenal memiliki kualitas touchscreen yang tinggi, namun setiap pengguna pasti harus selalu mengecek secara berkala untuk menghindari resiko kerusakan yang terjadi.


Cara Cek Layar HP Realme C2
Cara Cek Layar HP Realme C2


Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kondisi dari layar HP Realme C2 secara mudah. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu jenis yang dimiliki dari layar HP Realme ini.


Diketahui, layar Realme terdapat dua perbedaan yakni layar sentuh atau biasa disebut touchscreen dan screen display. Keduanya merupakan 2 komponen berbeda yang mana touchscreen merupakan layar sentuh yang dapat merespon dengan cepat terhadap sentuhan pengguna. Layar ini memiliki karakteristik yang transparan dan mampu menerima respon dari jari atau sentuhan.


Berbeda dengan screen display, layar smartphone ini berfungsi menampilkan visual atau grafis yang dapat terlihat oleh pengguna dengan komponennya satuan lebar “inci”. fungsi utama dari keduanya berguna untuk menampilkan visualisasi dari aktivitas pengguna yang telah didukung dengan grafis.








Cara Cek Layar HP Realme C2

Melihat Secara Visual

Sebenarnya, dengan hanya menggunakan mata telanjang saja kita dapat melihat dengan jelas apakah layar HP masih dalam kondisi baik atau tidak. Jika terdapat garis-garis, titik hitam atau spot putih pada layar, maka bisa dipastikan LCD sedang dalam kondisi tidak baik. 

Karena hal ini sering terjadi meski layar sentuh pada HP masih berfungsi dengan normal. Maka, mengecek secara visual adalah cara yang paling mudah apabila terdapat sedikit keretakan. Ciri-ciri layar HP yang retak salah satunya terdapat garis hitam memotong gambar layar, atau terdapat garis membentuk seperti tarikan benang.


Memakai Kode Rahasia

Cara kedua untuk cek layar HP Realme C2 adalah dengan menggunakan kode rahasia yang dimiliki oleh HP itu tersendiri. Kode rahasia ini memiliki banyak manfaat untuk smartphone termasuk mengetahui kondisi layar HP. Berikut cara mengecek layar HP Realme dengan kode rahasia.

  1. Buka menu Panggilan/Telepon, ketik kode *#808#.
  2. Secara otomatis HP akan muncul beberapa menu pilihan.
  3. Selanjutnya, cek kualitas layar pada tahapan ini dengan menguji tingkat sensitif layar sentuh pada HP Realme.
  4. Geser ke kanan, kemudian pilih Device Debugging.
  5. Gulir menu ke bawah lalu pilih Touchscreen.
  6. Kemudian terdapat beberapa menu pengujian layar sentuh seperti :

Handwriting, pengujian dengan cara mencoret semua bagian layar ponsel Realme. Jika terdapat bagian yang sulit tercoret, maka hal itu bisa menjadi indikasi bahwa touchscreen bagian tersebut sudah tidak sensitif.

Touchscreen Auto Test, dimana sistem secara otomatis akan menguji kerusakan pada layar HP. Tunggu hingga selesai untuk mendapatkan laporan hasilnya. Jika hasilnya Pass, maka layar sentuh masih normal. Namun jika hasilnya failed berarti mengalami error atau kerusakan.

Verification, yakni menguji kerusakan layar secara manual.


  1. Geser ke kanan, kemudian pilih Media debugging.
  2. Gulir menu ke bawah lalu pilih LCD Test.
  3. Kemudian langkah-langkah selanjutnya adalah melakukan:

Test kepekatan warna dengan beragam warna yang pekat mulai dari merah ,biru hitam dan lain-lain. 

Warna akan ditampilkan secara penuh pada layar HP Realme. 

Jika terdapat spot hitam atau bercak putih, bisa dipastikan layar sedang dalam kondisi baik.


Itulah langkah-langkah cara cek layar HP Realme C2 yang bisa dilakukan secara mudah di mana saja dan kapan saja. Cara ini bisa dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan layar yang lebih parah nantinya.

tags : *#*#4636#*#* realme tidak bisa, cara cek hp realme c2, kode cek realme c2, cara cek hp realme c2 ram 2, kode cek hp realme, cara cek touch screen realme, kode cek touchscreen realme c3, cara mengecek sensitivitas layar realme