Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata, Begini Cara Penggunaan Google Meet di Laptop yang Sangat Mudah!

Cara Penggunaan Google Meet di Laptop - Sekarang ini, siapa yang tidak memerlukan aplikasi telekonferensi untuk menunjang aktivitas sehari-hari? Mulai dari siswa sampai dengan karyawan, pasti semua memerlukan aplikasi telekonferensi, seperti misalnya Google Meet. Aplikasi telekonferensi yang satu ini dapat dioperasikan melalui ponsel ataupun Laptop. Bagi yang belum mengerti, berikut akan dijelaskan cara penggunaan Google Meet di laptop yang ternyata sangatlah mudah!


Cara Penggunaan Google Meet di Laptop
Cara Penggunaan Google Meet di Laptop


Telusuri Layanan Google 

Sebelum dapat bergabung dengan anggota pertemuan lain melalui aplikasi Google Meet, tentunya Anda harus terlebih dahulu mendapati aplikasi ini. Untuk bisa mendapatkannya sangatlah mudah. Anda hanya perlu membuka browser yang terdapat di dalam laptop dan mengetikkan “keyword” Google Meet di kolom pencarian.

Lakukan penelusuran, tak lama Google akan mengantarkan Anda pada alamat situs yang dimaksud. Di dalam situs tersebut akan ada beberapa menu yang bisa digunakan untuk bergabung dengan rekan yang lain melalui aplikasi Google Meet. 


Buat atau Masuk Menggunakan Akun yang Sudah Terdaftar

Tata cara penggunaan google meet berikutnya, buatlah akun atau masuklah menggunakan akun yang sudah terdaftar untuk bisa bergabung dengan meeting yang telah dijadwalkan sebelumnya. Di beranda akan tersedia pilihan untuk masuk menggunakan akun atau mendaftarkan akun. Pilihlah salah satunya. Biasanya pengguna google meet akan masuk menggunakan akun google yang dimilikinya.







Mulailah untuk Bergabung

Adapun cara penggunaan Google Meet di laptop yang berikutnya adalah mulai buat pertemuan atau bergabung dengan pertemuan yang telah dijadwalkan. Jika ingin membuat pertemuan baru, klik opsi “start” yang terdapat di laman Google Meet. Dapatkan Meeting ID untuk mulai melakukan pertemuan.

Namun, apabila pertemuan telah dijadwalkan sebelumnya dan meeting ID serta password sudah Anda dapatkan, maka klik saja opsi “join meeting”. Masukkan Meeting ID dan sandi, kemudian bergabunglah dengan pertemuan tersebut. Tunggu sampai host mengizinkan Anda untuk bisa bergabung.


Beri Judul Pertemuan

Jika Anda pembuat pertemuan atau meeting, tulislah Judul pertemuan yang akan atau sedang dilakukan. Kenapa? dengan memberikan judul pertemuan pada acara yang sedang atau akan dilakukan, maka Anggota yang lain akan paham dengan acara yang sedang diikutinya. 

Pun juga, cara ini dilakukan agar peserta pertemuan tahu siapa yang telah mengundangnya dalam meeting tersebut. Dengan begitu, peserta tidak akan salah room  dan pertemuan akan berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang telah direncanakan. 


Berikan akses Mikrofon dan Kamera

Sama dengan cara penggunaan google meet di hp, agar meeting yang diadakan dapat berjalan dengan lancar, maka jangan lupa untuk memberikan izin akses pada mikrofon dan kameranya. Aktifkan kamera dan mikrofon melalui simbol mic dan simbol perekam video. Jika kedua simol tersebut masih dalam keadaan dicoret, maka hilangkan tanda tersebut dengan cara meng-klik-nya.

Lakukan pengecekan suara pada bagian mikrofon. Coba tanyakan kepada peserta apakah suara Anda sudah terdengar atau belum. Pun juga dengan fitur kameranya, coba cek dengan cara menanyakan pada peserta lain. Tanpa memberikan izin akses pada kedua bagian tersebut, pertemuan melalui Google Meet tidak akan bisa berlangsung dengan optimal. 

Bagaimana, bukankah cara penggunaan Google Meet di Laptop sangatlah mudah? Itulah informasi yang dapat disampaikan terkait penggunaan Google Meet melalui Laptop. Sekadar informasi tambahan, agar prtemuan menggunakan Google Meet dapat berjalan dengan lancar, pastikan bahwa koneksi internet yang Anda gunakan sedang dalam keadaan stabil. Apabila koneksi yang digunakan tidak dalam keadaan baik, pertemuaan akan tersendat-sendat.


tags : cara install google meet di laptop, cara google meet di laptop tanpa aplikasi, cara update google meet di laptop, cara menggunakan google meet di hp, cara download google meet di laptop windows 7, cara membuat google meet, cara download google meet di laptop windows 10, tampilan google meet di laptop