Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri Secara Sederhana

Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri - Bagi Anda yang tertarik untuk belajar cara membuat aplikasi android, maka ini akan jadi ulasan yang pas. Karena dalam ulasan kali ini, akan dibahas tentang cara membuat aplikasi Android sendiri. Dalam tutorial kali ini, Anda akan menggunakan Android Studio.  


Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri
Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri


Yang perlu Anda persiapkan

Sebelum membahas tentang cara membuat aplikasi android di aplikasi Android Studio, ada baiknya jika Anda mempersiapkan beberapa hal berikut ini, antara lain :

  1. Unduh JDK atau singkatan dari Java development Kit. Ini adalah salah satu software development environment yang sangat berguna dalam mengembangan aplikasi dengan basis Java. Setelah selesai diunduh, kemudian instal sesuai petunjuk yang ada.
  2. Unduh juga aplikasi Android Studio, kemudian instal sesuai petunjuk yang ada
  3. Instal juga android SDK atau Software Development Kit.
  4. Cek spesifikasi PC atau laptop yang akan digunakan, dimana spesifikasi minimal yang dibutuhkan adalah RAM 3 GB. Sedangkan yang direkomendasikan adalah RAM 8 GB, sediakan juga tambahan 1 GB untuk menjalankan Emulator Android.  


Cara membuat aplikasi android menggunakan Android Studio

Sedangkan cara membuat aplikasi android dengan android studio ini, dapat Anda lakukan dengan beberapa langkah sederhana, Anda yang pemula pun dapat mencoba melakukannya.   


Buat Projek di Android Studio

Adapun cara membuat aplikasi android untuk pemula yang pertama dilakukan adalah membuka aplikasi Android Studio.

  1. Kik Start a new Android Studio Project, untuk membuat project yang baru.
  2. Berikutnya Anda akan diarahkan ke halaman Activity, kemudian pilih Empty Activity, ata membuat aplikasi dari awal. Berikutnya klik next.
  3. Langkah berikutnya Anda perlu mengkonfirmasi project aplikasi android yang akan dibuat. Dalam hal ini Anda perlu mengisi Nama Activity dan Project, Package Name, Save Location, language dan Minimum API Level. Jika semua informasi tersebut sudah selesai, maka klik finish.  


Bangun Interface

Adapun cara membuat aplikasi android tanpa coding berikutnya adalah membuat User Interface. Dimana User Interface sendiri adalah tampilan visual dari android yang akan dibuat. Kali ini, Anda akan menggabungkan konsep desain visual, infrastruktur informasi dan juga desain interaksi.  

Dalam prosesnya akan dibagi jadi 2 jenis interface, yaitu View dan View Group, yaitu


View

Tidak lain komponen yang ada di layar, yang dpat dilihat langsung oleh pihak penguna. Dalam hal ini Anda perlu mengisi Textview, Image View, ListView, dan juga Grid View


View Group

Sedangkan untuk View group ini adalah tempat yang akan memberi tempat pada aneka objek view dan juga ViewGroup, guna membentuk satu kesatuan tampilan aplikasi secara keseluruhan. Dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan Linear group, Framelayout, Relative layout, Table layout


Request data adapter

Dalam cara membuat aplikasi android dengan mudah, Anda juga perlu memperhatikan tentang Adapter, yang akan mengatur bagaimana proses menampilkan data dalam ListView.


Menampilkan data, dengan menggunakan Recyclerview

Dimana di dalamnya, akan ditampilkan komponen tampilan atau juga widget.


Tampilkan kumpulan database menggunakan dataset  

Di dalamnya berisi kumpulan data, yang ada di dalam aplikasi dan yang ingin ditampilkan pada aplikasi android tersebut.

Mungkin pada awalnya, cara membuat aplikasi android ini terlihat sulit. Namun jika Anda terus belajar, maka bukan tidak mungkin, Anda akan mulai lebih paham, atau bahkan mulai dapat mengolah berbagai macam data, serta membuat aplikasi yang sedikit rumit, dan bahkan membutuhkan sistem penyimpanan yang lebih besar.  

tags : cara membuat aplikasi android sederhana, cara membuat aplikasi android online, cara membuat aplikasi android tanpa coding, cara membuat aplikasi di playstore gratis, cara membuat aplikasi android gratis, cara membuat aplikasi sendiri, cara membuat aplikasi di play store, cara membuat aplikasi sendiri gratis