Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mematikan HP Realme 3 Pro dengan Mudah dan Praktis

Cara Mematikan HP Realme 3 Pro - Realme 3 Pro memiliki peminat yang cukup banyak di Indonesia. Selain harganya murah, teknis penggunaannya pun bisa dikatakan muda termasuk untuk pengguna yang baru menggunakan Realme 3 Pro. Namun pada awal-awal menggunakannya, ada kalanya pengguna tidak tahu bagaimana cara mematikan HP Realme 3 Pro.

 

Cara Mematikan HP Realme 3 Pro
Cara Mematikan HP Realme 3 Pro


Pada kondisi lain seperti tombol power yang tidak berfungsi atau rusak, pengguna seringkali dibuat bingung bagaimana cara mematikan ponselnya. Nah, berikut ini beberapa cara mudah untuk mematikan perangkat Realme 3 Pro yang bisa Anda coba.



Cara Mematikan HP Realme 3 Pro dengan Tombol Power

Cara manual untuk mematikan perangkat Realme 3 Pro yaitu menggunakan tombol power. Letak tombol ini berada di sisi samping yang berfungsi untuk mematikan dan menyalakan ponsel. Jika Anda ingin mematikan ponsel, caranya sebagai berikut.

  1. Silahkan tekan dan tahan tombol power 3-5 detik.
  2. Muncul gambar bola berawan putih dengan opsi matikan hp dan restart.
  3. Pilih opsi matikan dan hp Realme 3 Pro akan mati sepenuhnya.

Cara ini juga bisa dilakukan ketika ingin mematikan perangkat secara paksa. Pada kondisi darurat seperti aplikasi yang hang, sinyal internet sering hilang, atau Anda ingin lebih fokus tanpa gangguan dari notifikasi hp. Cukup tekan dan tahan tombol power lebih lama, maka ponsel akan mati secara penuh. 


Cara Mematikan Layar HP Realme 3 Pro Secara Otomatis

Ada cara lain yang bisa Anda coba untuk mematikan HP Realme 3 Pro secara otomatis. Anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan karena Realme sudah menyediakan fitur untuk mematikan hp secara otomatis. 


Anda bisa masuk ke menu pengaturan, pilih pengaturan tambahan, dan masuk ke opsi menu “Hidup atau Mati Otomatis”. Pada menu ini Anda bisa mengaktifkan fitur untuk mematikan hp secara otomatis sesuai waktu yang Anda inginkan. 

 


Cara Mematikan HP Realme 3 Pro tanpa Google Assistant

Pada umumnya tombol power dapat digunakan untuk mematikan perangkat ponsel. Tombol power ditekan dan ditahan beberapa detik hingga muncul pilihan slider berupa matikan daya atau restart.
Namun sedikit berbeda dengan hp Realme 3 atau Realme 3 Pro. Beberapa pengguna mungkin kebingungan ketika akan mencoba shut down hp atau mematikan hp karena saat menahan tombol power justru yang muncul di layar justru pop up Google Assistant.


Meski sudah dicoba berkali-kali menekan dan menahan tombol power, tetap saja yang muncul adalah Google Assistant bukan pilihan slider untuk mematikan daya. Beberapa pengguna mungkin akan menunggu baterai hp benar-benar habis dan mengisi daya kembali untuk mengatasinya. Namun cara ini tentu membutuhkan waktu yang cukup lama. 


Sebaiknya Anda menggunakan cara mematikan HP Realme 3 Pro dengan pengaturan tombol power menjadi single function. Caranya? Anda bisa ikuti langkah-langkahnya seperti berikut.

Buka menu pengaturan
Silahkan masuk ke menu pengaturan atau settings pada perangkat Realme 3 Pro.

Masuk ke menu alat serbaguna
Scroll ke bawah hingga Anda menjumpai menu “Alat Serbaguna”.

Nonaktifkan fitur Google Assistant
Selanjutnya Anda perlu mematikan atau menonaktifkan fitur Google Assistant dengan cara geser slide ke posisi Off. 

Coba matikan daya
Setelah menonaktifkan Google Assistant, silahkan kembali ke layar utama. Coba tekan dan tahan tombol power. Fitur Google Assistant tidak lagi muncul tetapi opsi slide untuk mematikan daya.
Itulah beberapa cara mematikan HP Realme 3 Pro yang bisa menjadi tambahan pengetahuan Anda untuk menggunakan perangkat dari Realme ini. Anda bisa menggunakan tombol power untuk mematikan layar ponsel dan mematikan perangkat sepenuhnya.