Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Flash Realme 5 Melalui Berbagai Metode

Cara Flash Realme 5 Melalui Berbagai Metode - Ada beberapa permasalahan pada smartphone yang memang membutuhkan kalian tahu cara flash Realme 5 untuk bisa mengatasi masalah tersebut. Mulai dari permasalahan lupa password, virus yang masuk pada smartphone, atau juga eror pada sistem di smartphone. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan flash Realme, jadi semua masalah akan teratasi. 

 

Cara Flash Realme 5 Melalui Berbagai Metode
Cara Flash Realme 5 Melalui Berbagai Metode


Flash pada smartphone itu seperti istilahnya adalah menginstal ulang OS yang ada pada smartphone tersebut, jadi smartphone akan seperti baru. Jadi flash hp itu memang sering dijadikan solusi ketika terjadi masalah yang cukup penting pada berbagai smartphone termasuk Realme ini. Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana sih cara untuk melakukan flash pada smartphone Realme yang tidak banyak orang ketahui. 


Cara Flash Melalui PC

Pilihan cara yang pertama itu adalah dengan melakukan flash melalui PC yang memang sudah banyak digunakan di konter atau di mana pun. Memang cara yang paling aman untuk flash smartphone itu adalah dengan menggunakan media PC untuk flash. Berikut ini langkah untuk bisa melakukan flash smartphone dengan mempergunakan PC yang menjadi cara yang paling aman.

  1. Langkah pertama adalah kalian harus cari Firmware dari smartphone Realme yang akan kalian flash terlebih dahulu. Kalian bisa download dulu Firmware nya dan kemudian kalian simpan di PC.
  2. Langkah kedua siapkan aplikasi yang akan digunakan untuk install Firmware pada smartphone Realme kalian.
  3. Langkah ketiga sambungkan smartphone Realme ke PC dengan menggunakan kabel data yang biasa dipakai untuk charge smartphone.
  4. Langkah keempat adalah kalian mulai jalankan aplikasi untuk install Firmware ke smartphone. Pastikan dulu di aplikasi tersebut sudah ada keterangan bahwa smartphone sudah terhubung dengan aplikasi tersebut.
  5. Langkah kelima adalah kalian mulai lakukan install Firmware, nanti smartphone akan mati sementara dan akan ada keterangan proses install.

 

Cara Flash Tanpa Menggunakan PC

Pilihan cara kedua adalah melakukan flash tanpa menggunakan PC, ini adalah pilihan cara yang mungkin sedikit beresiko ya. Kalian harus lakukan setiap langkahnya dengan benar agar supaya tidak terjadi eror pada saat kalian flash smartphone di dalam smartphone tersebut. Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana langkah untuk flash tanpa harus menggunakan PC untuk smartphone Realme.

  1. Langkah pertama sama yakni cari Firmware Realme kalian dan simpan di smartphone.
  2. Setelah sudah download Firmware, kalian simpan Firmware tersebut ke dalam kartu SD.
  3. Jangan ekstrak file Firmware tersebut dan biarkan dalam format ZIP saja.
  4. Setelah itu kalian mulai proses install Firmware tersebut, tapi pastikan dulu kalau baterai itu penuh atau paling tidak lebih dari 50%.
  5. Langkah berikutnya adalah kalian matikan smartphone dan kemudian masuk ke Recovery mode. Cara masuk ke Recovery mode adalah dengan tekan power dan volume bawah bersamaan saat smartphone mati.
  6. Navigasi pada menu Recovery itu adalah volume atas bawah untuk bergeser dan tombol power untuk ok.
  7. Kalian pilih update from storage device saat di menu Recovery ini, dan cari Firmware yang sudah disiapkan di kartu SD.
  8. Proses flash akan berjalan, dan kalian hanya tinggal tunggu saja sampai selesai dan muncul notifikasi sukses. Setelah itu kalian pilih menu reboot untuk mengaplikasikan flash pada smartphone.
  9. Setelah itu proses flash sudah selesai.

Demikianlah cara flash Realme 5. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.