Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merekam Layar Realme 5 dengan Mudah

Cara Merekam Layar Realme 5 dengan Mudah - Kita banyak menemui di sebagian besar smartphone yang muncul belakangan ini akan membutuhkan bantuan aplikasi eksternal untuk bisa melakukan perekaman layar dengan hasil format video. Namun, pada cara merekam layar Realme 5, hal tersebut tidak lagi memerlukan aplikasi tambahan karena Anda bisa memanfaatkan aplikasi bawaan yang sudah ada di dalam ponsel Realme 5 untuk melakukan perekaman layar format video, dan ini tentu sangat luar biasa.

 

Cara Merekam Layar Realme 5 dengan Mudah
Cara Merekam Layar Realme 5 dengan Mudah


Kita tahu bahwa merekam layar ini juga biasa digunakan sebagai pembuatan catatan secara visual, karena kita bisa membuat tutorial mengenai banyak hal, terutama tutorial yang berhubungan dengan bidang elektronik atau penggunaan software dalam sebuah perangkat yang akan lebih mudah dipahami dengan metode penjelasan dengan contoh secara visual.


Langkah Merekam Layar di Realme 5

Bagaimanakah tata cara penggunaan aplikasi perekam layar bawaan yang tersedia di dalam Realme 5ini? Sebelum Anda mulai untuk merekam, Anda perlu untuk melakukan beberapa penyesuaian supaya Anda bisa mendapatkan hasil rekaman dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan keinginan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke menu pengaturan, kemudian masuk ke Aplikasi Sistem.
  2. Setelah itu, Anda pilih menu Perekaman Layar.
  3. Setelah Anda masuk ke aplikasi, di sana Anda akan bisa melakukan beberapa pengaturan, seperti mengaktifkan fitur perekam suara, menentukan kualitas video yang akan Anda rekam, lalu mengaktifkan kamera depan supaya selain untuk merekam layar, smartphone ini juga bisa berfungsi untuk merekam bagian wajah Anda.

 

Cara Menampilkan Shortcut

Secara pengaturan default, dari Realme tidak memperlihatkan pintasan untuk masuk ke aplikasi perekaman layar, ini juga hal yang tidak bisa dipahami sebabnya. Supaya Anda bisa menemukannya, Anda bisa coba memasuki bilah notifikasi yang bisa dengan mudah Anda temukan. Kemudian Anda geser dari atas sampai ke bawah, kemudian Anda pilih tombol bilah untuk pengaturan yang berada di sebelah sebuah ikon pengaturan.


Setelah itu, bilah yang baru akan ditampilkan, di mana Anda bisa menemukan tombol perekaman layar untuk Anda pilih. Tekan dan tahan setelah itu Anda seret tombol itu ke bagian bilah atas sampai secara default bisa dimunculkan pada saat bilah ini sedang ditampilkan. Setelah itu, Anda sudah bisa menemukan tombol perekaman layar dengan lebih mudah, dan berikut ini adalah cara untuk menggunakannya:

  1. Untuk mulai merekam, Anda geser bilah notifikasi kemudian klik tombol menu Perekaman Layar.
  2. Pilih Izinkan jika Anda melihat ada sebuah peringatan.
  3. Setelah itu layar akan muncul hitungan mundur mulai dari 3 dan seterusnya, sampai perekam layar bisa dioperasikan.
  4. Saat proses perekaman, sistem yang ada akan menampilkan sebuah tombol berukuran kecil yang melayang pada bagian atas layar. Jika Anda ingin menghentikan proses rekaman, Anda tinggal klik tombol. Lalu, video yang Anda rekam itu akan tersimpan secara otomatis ke dalam galeri atau penyimpanan internal Anda.
  5. Dengan begitu video yang Anda rekam itu bisa Anda edit sesuka hati, kemudian dibagikan, atau Anda gunakan sesuai dengan tujuan pembuatannya.
  6. Anda perlu memperhatikan kapasitas memori jika Anda ingin mencoba melakukan perekaman dengan durasi yang lebih panjang.

 

Semua langkah yang diperlukan sudah selesai, dan itulah tata cara merekam layar Realme 5 yang bisa Anda lakukan tanpa menggunakan sebuah aplikasi tambahan dari PlayStore atau mana pun, Anda cukup menggunakan aplikasi atau alat bawaan yang tersedia di Realme. Tips yang diberikan tersebut juga bisa Anda terapkan pada smartphone Realme tipe lainnya. Semoga ulasan ini bermanfaat