Bagaimana Cara Daftar dan BackUp Data melalui O-Cloud di OPPO F3? Simak Tutorial Lengkapnya Disini




Oppo F3 yang saat ini muncul dengan user interface ColorOS banyak menyimpan fitur-fitur menarik, diantaranya fitur backup dan restore data built-in di dalamnya yang bermanfaat untuk mengamankan data-data saat akan mengganti perangkat ke Hp Oppo tipe lainnya, atau jika kamu hendak melakukan Flashing ROM, yang beresiko dapat menghilangkan data-data penting seperti kontak, pesan, aplikasi pihak ketiga, atau pengaturan lain. Untuk itu proses backup data ini sangat diperlukan agar nanti kamu dapat melakukan restore kembali.


Proses backup dan restore data di ColorOS Oppo F3 sendiri dapat dilakukan dengan dua cara yakni secara offline dan online, back up data secara offline dapat kamu lakukan dengan membuka aplikasi Cadangan dan Pulihan/Backup and Restore yang secara Defult sudah ada di ponsel Oppo F3. Sedangkan untuk cara online, kamu perlu menggunakan aplikasi O-Cloud yang secara default juga sudah ada di ponsel Oppo F3 kamu. Adapun cara settingnya,

1. Buka aplikasi tersebut dan Masuk/Login menggunakan akun OPPO/O-Cloud kamu (Jika belum punya akun silahkan mendaftar terlebih dahulu).

2. Setelah itu tentukan data apa saja yang ingin kamu backup, contoh Cadangkan Kontak lalu pilih Cadangkan ke Cloud untuk melakukan Backup.

3. Apabila ingin Restore, cukup buka kembali aplikasi O-Cloud lalu Masuk/Login menggunakan akun OPPO/O-Cloud yang sama seperti waktu kamu melakukan backup.

4. Setelah itu tentukan data yang mana, yang ingin kamu Restore, misalnya Cadangkan Kontak lalu pilih Pulihkan ke ponsel.

5. Hal yang patut kamu catat saat melakukan backup secara online melalui O-Cloud ini ialah, pastikan kamu ingat baik-baik informasi email dan password akun OPPO/O-Cloud kamu, dikarenakan akun yang sama itulah yang diperlukan apabila kamu ingin melakukan Restore Data.


Baca Juga




Oh, ya admin juga ingin berbagi tutorial cara daftar O-Cloud di Oppo F3 bagi yang belum ada akun O-Cloud. Berikut tutorialnya ;

1. Masuk ke Pengaturan > Pilih O-Cloud

2. Klik ikon Gear di Pojok Kanan Atas > Pilih Sign Up/Daftar

3. Lalu masukkan username dan email aktif yang sering kamu pakai beserta Password > Klik Daftar.



4. Tunggu hingga muncul pemberitahuan sebagai berikut > Klik OK



5. Sekarang buka akun email yang tadi kamu gunakan untuk mendaftar O-Cloud > Klik Link Verifikasi sampai muncul seperti gambar dibawah ini!


6. Buka kembali akun O-Cloud melalui ponsel Oppo F3 kamu > Klik Log In (Gunakan Email dan Password pada saat mendaftar tadi)

7. Setelah berhasil log in, ditandai dengan adanya username kamu yang berada di pojok kiri atas (Perhatikan Gambar di Bawah Ini), Selamat! Akhirnya kamu sudah punya akun O-Cloud. Sangat perlu diperhatikan agar kamu mencatat username dan password O-Cloud kamu!


8. Lakukan Pencadangan Data ke O-Cloud.

Demikian, ulasan singkat mengenai cara daftar dan back up data melalui O-Cloud, dengan harapan dapat bermanfaat nantinya! Sekian.