Ini Dia Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Berfungsi di Smartphone OPPO F1




Bagaimana cara memperbaiki bluetooth yang tidak dapat diaktifkan atau berfungsi di smartphone android oppo? Hal ini terjadi dimana bluetooth dan wifi tidak dapat diaktifkan pada smartphone android oppo anda. Bluetooth merupakan salah satu fitur yang berfungsi untuk memudahkan kita disaat transfer data atau file dalam waktu singkat dan tanpa kabel di ponsel maupun smartphone android. Mengingat akan pentingnya fungsi bluetooth tsb, kita memang harus tanggap dan secepat mungkin memperbaikinya jika bluetooth di smartphone android telah mengalami kerusakan.
kerusakan yang terjadi pada perangkat fitur bluetooth android oppo sangat beragam, misalnya seperti bluetooth tidak dapat dinyalakan atau tidak aktif, bleutooth tidak dapat mengirim atau gagal menerima file, bluetooth tidak dapat menemukan perangkat lain dan juga bluetooth tidak dapat terhubung di smartphone android lainnya. Selama smartphone android anda tidak pernah mengalami benturan atau terjatuh sehingga menyebabkan kerusakan pada perangkat bluetooth, kita dapat mengatasi bluetooth smartphone android yang error tersebut jika sistemnya sudah kembali normal. Lalu bagaimana cara memperbaiki bluetooth yang tidak dapat dioperasikan pada smartphone android oppo tsb? oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mencari tahu terlebih dahulu, penyebab bluetooth yang tidak berfungsi di smartphone android agar kita tidak perlu memperbaiki komponen lain yang tidak rusak.




Oleh karena itu di kesempatan kali ini, kita akan berbagi tips tentang bagaimana cara mengatasi masalah ketika bluetooth tsb tidak mau menyala dan aktif. Langkah-langkah dibawah ini terdapat beberapa penanganan bluetooth pada smartphone android yang tidak dapat hidup atau menyala di bagian software. Jadi selama perangkat android oppo anda belum pernah mengalami benturan benda keras atau pernah terjatuh dari ketinggian sehingga membuat hardwarenya rusak. Terdapat kemungkinan bahwa bluetooth yang tidak dapat dinyalakan kembali atau dihidupkan kembali masih bisa kita atasi sendiri. Tanpa perlu panjang lebar mari kita ulas bagaimana cara mengatasi bluetooth smartphone android yang tidak bisa nyala secara lengkap dibawah ini :

Baca Juga


1. Bersihkan Cache/Clear Cache. Cache pada smartphone android memiliki fungsi agar sistem dapat lebih mudah atau dapat mempercepatsuatu aplikasi terbuka. Namun tidak menutup kemungkinan juga jika bluetooth yang tidak dapat aktif atau on tsb berasal dari cache yang belum dibersihkan. Oleh karena itu kita harus membersihkan cache yang tersimpan tsb secara berkala dan secara otomatis di dalam bluetooth bawaan dari pabrikan agar dapat membantu mengatasi kendala bluetooth tidak berfungsi. Untuk membersihkan cache aplikasi tersebut dapat kita lakukan dengan cara masuk ke dalam Menu Settings, Apps, All, lalu kemudian buka dan cari menu aplikasi Bluetooth dan terakhir Tab Clear Cache.

2. Cara yang kedua hampir sama dengan cara diatas, namun dengan menggunakan fitur ini akan membersihkan data yang tersimpan seperti daftar nama bluetooth di smartphone atau tablet yang sebelumnya pernah terbaca. Untuk membersihkan data aplikasi tsb dapat kita lakukan dengan cara masuk ke dalam Menu Setting, Apps, All, lalu kemudian buka dan cari aplikasi Bluetooth dan terakhir Tab Clear Data.

3. Selanjutnya dapat diakali dengan penggunaan aplikasi Bluetooth Fix Repair yang biasanya terdapat di Playstore smartphone androi yang memiliki fungsi memperbaiki sistem bluetooth yang sedang error. Jika smartphone android anda di root, malah justru akan membuat bluetooth anda tidak bisa aktif, dengan menggunakan Bluetooth Fix Repair ini dapat anda jadikan solusi.

4. Berikutnya dengan cara ini yakni Melakukan Reboot terhadap smartphone anda, dengan cara matikan cabut baterai, sim card, dan memory external (Micro SD) lalu biarkan selama beberapa menit, setelah itu pasangkan dan hidupkan kembali.

5. Langkah terakhir, dapat melakukan Factory Reset. Salah satu cara ampuh untuk memperbaiki bluetooth smartphone androi yang sedang error, meskipun cara ini memiliki kelebihan untuk mengembalikan dan memperbaiki sistem android oppo anda yang telah rusak secara otomatis, namun ada hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan reset pengaturan awal pabrik ini, anda harus membackup file atau data-data anda di dalam memori internal anda, agar tercegah dari penghapusan disaat setelah melakukan factory reset tsb.

Baca Juga

Demikian artikel yang baru saja kita bahas mengenai cara mengatasi masalah bluetooth smartphone android yang error atau tidak dapat dihidupkan. Semoga dapat bermanfaat untuk kebermanfaatan fitur bluetooth di smartphone android oppo anda. Selamat Mencoba!