OPPO F1 Vs OPPO F1s, Manakah Smartphone dengan Spesifikasi Hardware Terbaik?




Oppo F1 dan Oppo F1s telah menjadi smartphone besutan oppo generasi series F yang disasarkan untuk kalangan atas. Kedua smartphone ini memiliki banyak pengguna karena fitur kameranya. Dan keduanya patut dipertimbangkan untuk dibeli sesuai dengan kebutuhan. Banyak yang mengatakan Oppo F1 dan Oppo F1s perbedaannya tidak terlalu jauh, ada beberapa orang berpendapat bahwa ukuran layar antara F1 dan F1s yang berbeda, Namun sebagai konsumen, kita dituntut untuk cermat dalam menilai, agar tidak salah beli dan menyesal nantinya. Pertama-tama kita harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara Oppo F1 dan Oppo F1s untuk mempermudah anda di dalam menentukan pilihan diantara kedua smartphone tsb.

Baca Juga


Oppo F1 memiliki bentangan layar 5,0 Inchi dengan resolusi 720x1280 pixel, sedangkan Oppo F1s memiliki layar selebar 5,5 Inchi dengan resolusi sama seperti Oppo F1. Kedua smartphone ini sama-sama menggunakan kamera utama beresolusi 13 MP, perbedaannya hanya terletak pada lensa saja. Oppo F1 berlensa 8 MP dengan dukungan f/2.0, 1/4 Inchi sensor size, 1080p, dan sementara itu bedanya dengan Oppo F1s mengalami peningkatan lensa sebesar 16 MP dengan dukungan aperture f/2.0, 1/4 Inchi sensor size, dan 1080p.

Oppo F1 ini disokong RAM 3GB sehingga cukup mampu melakukan aktivitas multitasking dan mengakses aplikasi berat lainnya. Sementara itu Oppo F1s menggunakan RAM yang lebih besar yakni 4GB, kapasitas RAM yang lebih besar membuat smartphone ini lebih leluasa menjalankan berbagai aplikasi. Jika smartphone Oppo F1 dan Oppo F1s yang anda miliki ternyata kapasitas RAMnya tidak disebutkan demikian, anda patut curiga jika ternyata produk oppo tersebut palsu, dan biasanya menggunakan RAM kecil yakni 1 GB atau paling tinggi 2 GB.

Oppo F1 menggunakan Internal Storage sebesar 16 GB dan Oppo F1s sendiri dengan kapasitas yang lebih besar yakni 64GB. Jika smartphone Oppo F1 dan Oppo F1s ini ternyata tidak memiliki kapasitas Internal Storage seperti ini, maka anda sepatutnya hati-hati. Biasanya smartphone yang anda beli tsb tiruan/supercopy dan hanya menggunakan memori internal 8 GB.

Mengenai Perbedaan pada Custom ROM, keduanya sama-sama menggunakan versi Android v5.1 Lollipop dengan Custom ROM yang berbeda-beda. Oppo F1 menggunakan Color OS v2.1, sementara itu Oppo F1s menggunakan versi terbaru yakni Color OS v3.0, anda pastinya sudah tahu mana versi yang lebih baik? Anda patut berhati-hati terhadap produk Oppo yang palsu. Biasanya produk Oppo F1 dan F1s versi supercopy menggunakan OS Jelly Bean atau Honeycom.

Berikutnya soal perbedaan bentangan layar dan kerapatan pixel keduanya. Oppo F1 menggunakan layar 5.0 Inchi dengan kerapatan pixel hingga mencapai 294 pixel. Sedangkan Oppo F1s menggunakan ukuran layar yang lebih besar yakni 5,5 Inchi yang justru malah mengalami penurunan kerapatan pixel menjadi 267 pixel. Dapat diartikan ternyata, tingkat kejernihan layar Oppo F1 jauh lebih baik dari Oppo F1s.



Nah, untuk spesifikasi hardware kedua smartphone ini, terdapat fungsi chipset yang digunakan untuk mengatur kecepatan akses data dan fungsi CPU yang digunakan untuk pengaturan kecepatan memproses data, sedangkan GPU digunakan untuk menjalankan grafis dan aplikasi yang berat. Secara rinci perbedaan spek hardware Oppo F1 dan Oppo F1s dapat dlihat, Oppo F1 memiliki Chipset Qualcomm CPU Octa Core sedangkan Oppo F1s memiliki Chipset MediaTek MT6755 Helio P10 CPU Octa Core 2.0. Dapat disimpulkan perbedaannya bahwa spek hardware Oppo F1s ternyata lebih unggul daripada Oppo F1, hal ini dianggap wajar dikarenakan Oppo F1s merupakan generasi penerus Oppo F1.

Baca Juga


Oppo F1 memiliki fitur unik seperti Accelerometer, Proximity, dan Compass. Sedangkan Oppo F1s terdapat fitur unik yang lebih banyak seperti fingerprint, accelerometer, proximity, dan compass. Kemudian, jika dilihat dari kapasitas baterai yang dimiliki, Oppo F1 memiliki baterai berkapasitas 2500 mAh Li-Po yang tidak dapat dilepas (Non Removable) sedangkan kapasitas baterai yang dimiliki oleh Oppo F1s sebesar 3075 mAh yang juga tidak dapat dilepas.

Kemudian pada Oppo F1 tidak terdapat fitur Fast Charging yang mana harus membutuhkan waktu yang lama untuk dilakukan pengecasan. Sementara itu, Oppo F1s menggunakan Fast Battery Charging atau disebut dengan VOOC Flash Charge, jadi hanya butuh waktu 30 menit saja untuk mencapai level baterai 75 %. Yang membuat baterai menjadi cepat terisi. Soal berat, Oppo F1 memiliki berat sebesar 134 gram saja, bedanya dengan Oppo F1s dikarenakan memiliki layar dan baterai lebih besar secara fisik, sehingga memiliki bobot yang lebih berat yakni 140 gram. Mengenai pilihan warna yang tersedia, Oppo F1 hanya memiliki warna casing seperti White atau Gold saja, sedangkan Oppo F1s memiliki paduan warna keduanya yakni Gold dan Rose Gold.

Baca Juga


Berdasarkan fitur-fitur ponsel Oppo F1 dan Oppo F1s diatas, dapat disimpulkan mengenai perbedaan antara Oppo F1 dan Oppo F1s bahwa Oppo F1s lebih unggul dari spesifikasi hardware, performa dapur pacunya, fitur VOOC Fast Chargingnya, Kapasitas daya baterainya, Kerapatan pixel, Kapasitas RAM, Memori Internal, Kamera Utama serta Ukuran Layar. Namun terlepas dari itu semua, pilihan ada di tangan anda dan sifatnya subjektifitas. Jadi, pilihlah sesuai kebutuhan anda.