OS Android Nougat Vs OS Android Oreo, OS Android Mana yang akan Merajalela di Pasar Smartphone Tahun 2018 Nanti?




Seperti yang telah diketahui bahwa akhirnya OS Android versi 8.0 telah resmi dirilis pada tanggal 21 Agustus 2017 yang lalu di New York, Amerika. OS Android versi 8.0 tsb dinamakan OREO itu pada akhirnya terpilih juga menjadi sistem operasi penerus OS Android Nougat. Berdasarkan kabar yang beredar, OS Android Oreo ini bakalan banyak membawa perubahan besar terhadap generasi OS sebelumnya. Dari mulai fitur yang belum pernah ada sebelumnya hingga perubahan tampilan interfacenya. Berikut ini kita tampilkan perbedaan antarmuka antara Android Nougat dan Android Oreo secara lengkap.


1. Tampilan Homescreen memang tidak ada perubahan secara signifikan antara Homescreen yang support Nougat dengan Homescreen yang support Oreo, namun dapat diperhatikan dibagian ikon-ikon layar Homescreen yang menggunakan Android Oreo diklaim lebih sederhana dan efisien tapi tetap tebal berkat adanya Adaptive Icon yang telah dihadirkan oleh Android Oreo versi 8.0 tersebut.

Baca Juga


2. Tampilan Pop Up Notifikasi sepertinya terdapat perubahan, jika di Android Nougat latar belakang Pop Up Notifikasinya berwarna hitam dengan warna huruf putih, maka di Android Oreo latar belakang Pop Up Notifikasnya berwarna hitam sementara itu warna hurufnya berwarna putih. Posisi Menu Settings dan tanggal yang biasa ada di bagian atas Pop Up Notifikasi kini berubah ke bagian bawah sehingga membuat perubahan tampilan ini lebih keren dari sebelumnya.




3. Tampilan App Drawer atau tampilan semua aplikasi yang terinstal akan mengalami perubahan juga. Di Android Oreo, diklaim tampilan App Drawernya akan jauh lebih ramai, soalnya akan ada beberapa aplikasi baru dari Google yang dihadirkan bersamaan dengan Android Oreo.


4. Tampilan Menu Settings. Dapat dikatakan bahwa tampilan pada Menu Settings mendapatkan perubahan paling banyak di Android Oreo. Jika dibandingkan dengan Android Nougat, tampilan Menu Settings di Android Oreo tampil lebih spesifik, tampilan menu pilihan digolongkan berdasarkan Topik.


5. Untuk tampilan Menu Storagenya akan mengalami perubahan besar, di Android Oreo tampilan menu storage ini bisa dikatakan lebih informatif dan modern. Soalnya akan ada semakin banyak tools yang ditampilkan dan tentunya bermanfaat bagi pengguna Android Oreo nantinya.


6. Tampilan Menu Baterainya juga diklaim akan mengalami Perubahan, akan ada banyak tools yang akan memudahkanmu memanage kinerja baterai smartphone. Demikian, perbedaan antara Android Nougat dan Android Oreo berdasarkan Tampilan Home Screen, Pop Up Notifikasi, App Drawer, Menu Settings, Menu Storage, dan Menu Battery secara lengkap.


Baca Juga